Tips menata ruang tamu/Foto: (iStock)

Ternyata cara menata ruangan bisa mempengaruhi perasaan kita, lho! Kamu pasti selalu ingin memberikan sentuhan yang terbaik buat rumahmu, kan. Tak dapat dipungkiri, semua orang menginginkan agar rumahnya tidak hanya kelihatan bagus tapi juga terasa nyaman.

Salah satu tempat yang selalu dipakai untuk berkumpul bersama keluarga dan kolega adalah ruang tamu. Maka dari itu, sebaiknya kamu merancang area ini agar fungsional sekaligus menjadi tempat yang aman dan nyaman.

Dilansir dari Bed Threads, Senin (11/3/2024) seni Tiongkok kuno atau yang dikenal dengan Feng Shui, adalah menskemakan ruang dengan aliran energi yang tepat dan membenahi rumahmu agar selaras antara individu dengan alam sekitarnya.

1. Identifikasi titik fokus
Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu titik fokus utama ruang tamu mu, misalkan apa visi gaya hidupmu. Kalau kamu adalah orang yang suka berkumpul bersama keluarga, kamu bisa meletakkan karya seni yang cantik menjadi barang pertama yang kamu lihat saat kamu masuk ke ruang tamu. Lalu, kamu bisa posisikan TV ke area yang tidak terlalu terlihat.

2. Posisi sofa
Kalau ruang tamu mu luas, kamu bisa posisikan sofa membentuk huruf L. Hal ini membuat suasana menjadi kondusif saat sedang diskusi, memberikan kesan yang ramah dan terbuka. Sofa yang diletakkan berhadapan langsung satu sama lain, dapat menyebabkan konflik.

Letakkan sofa yang paling sering dipakai pada dinding yang kokoh, hal ini dapat memberi perlindungan dan dukungan bagi orang yang duduk di sofa tersebut. Kalau tidak memungkinkan, posisikan meja konsol di belakang sofa dan susun aksesori di atasnya yang melebihi tinggi kepala.

3. Penuhi ruang dengan barang-barang favorit
Kamu bisa dekor ruang tamu dengan benda-benda favoritmu, hindari apa pun yang memberi kesan negatif, seperti hadiah yang tidak kamu suka. Perlu diingat untuk selalu melekatkan perasaan positif dengan semua benda di rumahmu, hal ini meningkatkan suasana hati tiap kamu masuk ke ruang tamu.

4. Letakkan karpet
Pakai karpet yang menghubungkan furnitur ruang tamu secara visual. Pilih karpet berukuran besar agar ruang tamu mu terasa luas.

5. Yin dan Yang adalah kunci
Keseimbangan pencahayaan adalah salah satu bentuk dari yin dan yang, hal ini penting untuk melahirkan suasana yang menyenangkan di ruang tamu. Pencahayaan dapat menjadi dekoratif dan fungsional, lampu juga membuat suasana menjadi nyaman.

6. Energi segar
Kamu bisa menghadirkan energi segar ke ruang tamu dengan pencahayaan dan ventilasi alami dengan membuka tirai dan jendela.

7. Warna palet
Ada lima elemen di dalam Feng Shui yaitu api, air, kayu, logam, dan tanah. Kamu bisa menggunakan warna yang cocok tergantung elemen mana yang dibutuhkan menurut energi Feng Shui di rumahmu. Hal ini mirip horoskop yang memperlihatkan dimana energi negatif dan positif. Hal ini juga dapat diterapkan untuk setiap properti dan tergantung pada orientasi dan tanggal rumah kamu dibangun.

Secara umum, hindari warna merah di bidang yang luas seperti dinding, karpet, dan sofa. Karena elemen api diwakili oleh warna merah yang memperkuat energi negatif, dan berganti dari waktu ke waktu sesuai dengan siklus bulan. Pilihan yang aman adalah warna-warna netral.

8. Terhubung dengan alam
Penempatan tanaman dapat melahirkan hubungan dengan alam. Pilih tanaman yang dapat menyaring udara dan kokoh seperti bunga lili perdamaian dan zanzibar, kamu juga bisa memilih anggrek phalaenopsis dan pakis maidenhair.

9. Tambahkan cermin
Cermin dapat menambahkan cahaya, gerakan, dan energi Yang ke ruang tamu mu. Idealnya, cermin memantulkan sesuatu yang menarik seperti karya seni yang cantik atau pemandangan yang indah.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com