Musim hujan kerap menghambat kegiatan di luar ruangan, salah satunya adalah menjemur pakaian. Pakaian basah lebih cepat kering kalau dijemur di luar ruangan yang terpapar sinar matahari.

Namun tanpa panas matah5ari, pakaian tetap bisa kering jika terkena angin. Dengan cara ini, pakaian tidak perlu diletakkan di halaman untuk dijemur karena angin dapat membantu penguapan air. Angin juga bisa diciptakan di dalam rumah seperti menggunakan kipas angin sehingga praktis.

Ketika mengeringkan pakaian, diperlukan ruangan untuk meletakkan pakaian tersebut. Namun, tidak semua rumah memiliki ruang menjemur pakaian di dalam rumah atau halaman berkanopi. Contohnya rumah yang sempit dan penuh dengan barang. Meletakkan banyak pakaian di dalam rumah beserta gantungannya bisa membuat ruang gerak terbatas dan suhu ruangan menjadi lebih lembap.

Mengutip dari Ideal Home pada Kamis (6/3/2024), ada beberapa cara menjemur pakaian di dalam ruangan agar cepat kering di musim hujan.

Letakkan di Ruangan yang Memiliki Ventilasi
Diperlukan ruangan yang memiliki jendela atau ventilasi yang menjadi jalan pembuangan penguapan air. Dengan begitu kamu tidak perlu takut pakaian berjamur yang biasanya disebabkan suhu yang lembap.

Menggantungnya di Kamar Mandi
Cara ini bisa kamu terapkan di rumah atau kamar hotel yang memiliki penyangga tirai untuk bathtub atau shower. Baju-baju yang basah bisa dijemur di penyangga tersebut. Namun sebelum melakukannya, pertimbangkan berat pakaian. Penyangga tirai bathtub belum tentu kuat untuk menahan beban belasan pakaian basah.

Menggunakan Dehumidifier
Dehumidifier bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian karena dapat menyerap udara lembap di sekitarnya dan mengeluarkan kembali udara kering dan hangat.

Gunakan Aluminium Foil
Jika kamu memiliki mesin pengering, coba tambahkan ke dalamnya aluminium yang sudah dibentuk menjadi bola kertas. Aluminium foil ini dapat mempercepat dan mengurangi listrik statis yang melekat pada pakaian sehingga pakaian dapat lebih cepat kering.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com