Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 dibuka selama periode 14-28 Februari 2024.
Pada proses pendaftaran SNBP, calon mahasiswa nantinya harus mengisi kolom mengenai jumlah tanggungan orang tua. Berikut cara isi jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024.

Kolom mengenai jumlah tanggungan orang tua ini berada di halaman “Profil” dan setiap pendaftar wajib mengisinya dengan detail dan benar.

Apa itu jumlah tanggungan orang tua SNBP?
Jumlah tanggungan orang tua adalah jumlah anggota keluarga yang statusnya masih belum bekerja, sehingga masih menjadi tanggungan dari rumah tangga tersebut atau masih dibiayai orang tua.

Jumlah tanggungan keluarga yang diisi oleh pendaftar SNBP 2024 harus sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK). Contoh yang dimaksud tanggungan keluarga yaitu sebegai berikut:

Sebuah keluarga dari pendaftar SNBP 2024 terdiri atas lima orang, meliputi ayah, ibu, dua kakak laki-laki, dan satu anak peserta SNBP 2024.

Ayah, ibu, dan satu kakak laki-laki dalam keluarga tersebut telah bekerja. Sementara itu, ada dua yang belum bekerja, yakni satu kakak laki-laki dan satu anak peserta SNBP 2024.

Dalam ilustrasi di atas, jumlah tanggungan keluarga adalah dua orang, mencakup satu kakak laki-laki dan satu anak peserta SNBP 2024.

Dengan mengetahui jumlah tanggungan, kita juga tahu seberapa besar konsumsi yang harus dikeluarkan oleh rumah tangga tersebut. Apakah kebutuhan keluarga banyak ataupun sedikit.

Cara isi jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024
Kolom mengenai jumlah tanggungan orang tua ini tersedia di halaman “Profil” pada laman https://snbp snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Berikut cara isi jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024 yang bisa dijadikan panduan calon mahasiswa saat mendaftar.

Masuk ke laman resmi SNBP 2024 dan bisa mengaksesnya melalui link berikut, https://snbp snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.
Kolom “Jumlah Tanggungan Orang Tua” berada di bagian bawah kolom “Penghasilan Ayah Per Bulan”.
Calon pendaftar dapat mengisi jumlah tanggungan orang tua SNBP sesuai data di KK.
Setelah selesai mengisi jumlah tanggungan orang tua SNBP, tekan tombol “Simpan”.
Apabila pengisian berhasil, pendaftar akan melihat notifikasi yang menyatakan, “Berhasil menyimpan kelengkapan data.”
Pendaftar tidak perlu melengkapi kolom lain, termasuk penghasilan orang tua SNBP, sebab sudah otomatis terisi.
Selesai mengisi jumlah tanggungan orang tua, silakan melanjutkan ke tahapan berikutnya: memilih prodi.
Bagi para pendaftar SNBP 2024, pastikan mengisi seluruh kolom termasuk jumlah tanggungan orang ini dengan benar dan sesuai dengan data di Kartu Keluarga.

Apabila pendaftar mengisi data penghasilan orang tua dan/atau jumlah tanggungan keluarga SNBP secara tidak benar, maka hal ini berisiko terkena diskualifikasi ketika pengecekan akhir oleh panitia penyelenggara.

Itulah cara isi jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024 dengan benar, sebelum periode pendaftarannya ditutup pada akhir Februari 2024. Selamat mencoba!

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com