Banyak masyarakat yang mulai sadar akan kesehatan, salah satunya dengan menjaga berat badan tetap ideal. Nah, ada sejumlah jus buah dan sayuran yang disebut dapat membakar lemak tubuh, sehingga cocok untuk yang sedang diet.

Menurunkan berat badan mungkin terasa sulit bagi sebagian orang. Setelah rutin berolahraga, ternyata berat badan tak kunjung menurun dan masih di angka yang sama.

Agar berat badan turun, cobalah mengkonsumsi jus buah dan sayur yang dapat menghancurkan lemak. Apa saja buah dan sayuran tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Jus Buah dan Sayur yang Dapat Membakar Lemak

Tentu, menurunkan berat badan tak hanya sekadar mengkonsumsi buah dan sayur, tapi juga diimbangi dengan menjaga pola makan serta rutin berolahraga. Perpaduan tersebut dapat menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh.

Mengutip NDTV Food, berikut daftar jus buah dan sayuran yang dapat membakar lemak tubuh.

1. Jus Wortel

Daftar yang pertama adalah jus wortel. Soalnya, wortel memiliki jumlah kalori yang rendah namun mengandung banyak serat. Bahkan, segelas jus wortel dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, wortel mengandung retinol, beta-karoten, likopen, dan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme. Wortel juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Untuk membuat jus wortel yang enak, caranya adalah dengan menghaluskannya ke dalam blender. Agar lebih nikmat dan segar, tambahkan perasan jeruk atau lemon.

2. Jus Delima

Jus delima memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, salah satunya membantu menurunkan berat badan. Buah delima mengandung antioksidan, polifenol, dan asam linolenat yang membantu membakar lemak serta meningkatkan metabolisme. Oh ya, buah yang satu ini juga dapat menekan nafsu makan.

3. Jus Semangka

Selain dimakan langsung, semangka juga bisa diolah dengan cara dijus. Semangka kaya akan asam amino arginin yang dapat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh. Karena banyak mengandung air, semangka dapat membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Jus Sayuran Hijau

Sejumlah sayuran hijau seperti seledri, bayam, hingga kubis dipercaya dapat membakar lemak berlebih. Sebab, sayuran hijau tersebut mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat tinggi yang cocok dikonsumsi saat diet.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran dapat membantu menurunkan berat badan serta mengurangi risiko penambahan lemak di tubuh.

5. Jus Jeruk

Buah yang satu ini bisa jadi pilihan alternatif untuk mengurangi lemak di perut. Soalnya, jeruk mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan serat pada jeruk juga sangat tinggi, sehingga baik dalam menghancurkan lemak berlebih.

6. Jus Timun

Selain semangka, timun juga mengandung banyak air dan memiliki serat tinggi. Mengkonsumsi timun secara rutin dapat membantu melancarkan pencernaan hingga menurunkan berat badan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengkonsumsi timun dengan cara dimakan langsung. Namun, timun juga bisa diolah dengan cara dijus. Agar lebih segar, tambahkan perasan air lemon.

7. Jus Nanas

Nanas dipercaya dapat mengatasi lemak berlebih di perut. Hal ini karena nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu metabolisme protein serta membakar lemak. Selain itu, nanas juga mengandung enzim lipase yang dapat menekan nafsu makan.

8. Jus Bit

Mengkonsumsi buah bit secara rutin diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Bit sendiri bersifat rendah kalori, kaya antioksidan, mineral, dan serat yang dapat membakar lemak berlebih di perut.

Buah bit dapat membantu memperlambat pengosongan perut dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, bit mengandung senyawa nitrat yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan daya tahan otot.

Demikian daftar delapan buah yang dapat membantu membakar lemak berlebih di perut. Jadi, ingin membuat jus yang mana nih?

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia