Pojok BatamToyota Corolla termasuk salah satu sedan milik merek otomotif raksasa otomotif asal Jepang yang sangat populer diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Sedan ini dikabarkan akan berubah model menjadi hatcback 2020 mendatang.

Carscoops, (23/10) mengungkap model ini memang mendapat upgrade pada tahun 2014 namun setelahnya tidak lagi mendapat penyegaran. Sebagai penggantinya Toyota akan menghadirkannya dalam bentuk berbeda yakni menjadi sebuah hatcback.

Toyota telah memastikan bahwa model terbaru Corolla akan diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang dan akan dibangun dengan platform baru dengan spesifikasi berbeda untuk pasar Amerika yang mulai menyukai pasar mobil mungil.

Toyota Corolla Akan Berubah Tampilan Pada 2020, Nih Penampakannya
Tampilan Toyota Corolla lama yang melegenda (Dok. Carscoops)

Model baru Corolla ini diplot untuk menjadi pesaing Honda Civic dan Kia Forte yang sementara menjadi mobil cukup laris di pasar negara Paman Sam tersebut. Banyak pengamat yang melihat kebijakan ini sebagai bagian strategi untuk memanaskan pasar hatcback karena Corolla telah memiliki nama besar yang akan membuat banyak orang penasaran dengan model barunya.

Sebenarnya penjualan Toyota Corolla di pasar tersebut tidak mengalami penurunan dan cenderung stabil diangka 20 ribu unit dan ada tepat dibelakang sedan lainnya seperti Toyota Camry yang tejual 27 ribu unit September 2017 lalu. Namun sepertinya Toyota memiliki strategi lain dibalik kebijakan ini.

Bila dilihat dari angka penjualannya tahun lalu, penjualan Toyota Corolla di Amerika sangat meyakinkan karena mencapai 308 ribu unit, turun dari angka penjualan tahun sebelumnya diangka 360 ribu unit, Angka ini cukup normal ditengah pergeseran pasar ke segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dan hatcback untuk negara tertentu.

Angka ini tentu menjadi referensi peninjauan Toyota sebelum memutuskan membawa Toyota Corolla dalam bentuk yang lain, bahkan bisa dikatakan turun kelas, namun kebijakan ini mengikuti tren pasar yang bergeser sehingga mereka ingin menguatkan pasar crossover dalam tubuh Corolla baru.

Bila akhirnya Corolla berubah menjadi hatcback maka nama besarnya mungkin tenggelam karena keputusan ini. Tetapi bisa saja Corolla justru akan meledak dalam wujud yang berbeda dalam model hatcback yang dipilih otoritas Toyota.