Pojok BatamMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Bandara Kediri baru bisa dimulai tahun depan. Setidaknya, ada dua masalah yang harus diselesaikan pemerintah sebelum bandara terbangun diantaranya izin dan pembebasan lahan.

Budi menyebut masalah perizinan bandara bisa diselesaikan dalam waktu satu bulan. Namun, Budi tak dapat memprediksi kapan masalah pembebasan lahan Bandara Kediri bisa selesai.

“Pembebasan tanah enggak bisa diprediksi,” ujarnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jum’at (19/10).

Diakui Menhub, ada 30 persen lahan yang belum rampung. Adapun, penyebab belum rampungnya pembebasan lahan karena kendala harga. Sehingga, saat ini masih ada negosiasi soal harga lahan. Menurut Budi, hal itu lazim dalam setiap pembebasan lahan pembangunan infrastruktur seperti Bandara Kediri.

“Pembebasan (lahan) belum selesai, 30 persen (yang belum),” kata Budi

Budi menuturkan jika tak ada hambatan yang berarti proses groundbreaking bisa dilakukan paling cepat enam bulan ke depan. Ditambah lagi penyelesaian masalah administrasi tentang tata ruang atau RTRW.

Leave a Reply