Pojok Batam

Kepala RSKI Galang Sebut Madu Ampuh Sembuhkan Pasien Corona

Mengkonsumsi madu disebut sebagai asupan paling ampuh menyembuhkan pasien positif COVID-19. Hal ini disampaikan Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) COVID-19 di Pulau Galang, Kolonel (CHK) dr. Khairul Ikhsan Nasution saat bertemu Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri di Batam, di RSKI Galang, Minggu (14/6) malam.

Ikhsan menjelaskan, kebanyakan pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSKI Galang dan dinyatakan sembuh mendapat asupan madu. Menurutnya, madu merupakan kunci dari kesembuhan pasien tersebut.

“Pengalaman kami 3 bulan mengoperasikan RSKI Galang. Alhamdulillah, kita sudah berhasil menyembuhkan banyak pasien positif corona, yang sebagian besar dari Batam, kuncinya adalah dengan asupan madu.” ujar Ikhsan.

Ia menyebutkan, dengan alasan itu ketersediaan madu menjadi hal yang penting di RSKI Galang. Padahal, lanjutnya, RSKI Galang banyak mendapat saran obat-obatan yang ampuh, namun menurutnya masih belum meyakinkan.

Selain untuk pasien, ketersediaan dan asupan madu juga dibutuhkan untuk tenaga medis dan tenaga lainnya yang berjuang di RSKI Galang.

Namun, kata Ikhsan, jatah madu untuk pasien saat ini sudah habis dan pasokan madu belum ada. Sementara pasien dari Batam masih bertambah dan masuk ke RSKI Galang.

“Kami terpaksa memotong jatah madu buat tenaga medis, paramedis dan tenaga kesehatan yang ada di RSKI Galang demi kesembuhan pasien,” lanjutnya.

Ia menerangkan, seluruh tim di RSKI Galang memegang komitmen bahwa kesembuhan pasien adalah tujuan utama sementara itu pun, tanpa harus mengorbankan kesehatan tim.

“Kita berperang dengan 2 tujuan utama, pasien menjadi sembuh dan kita tidak tertular. Makanya madu adalah kebutuhan dasar bagi kami,” terang Ikhsan.

Ikhsan berharap, siapa pun pejabat yang meninjau RSKI Galang ia menitipkan permintaan pasokan madu.

“Kalau pasokan madu untuk kami, tim di RSKI, dipasok oleh Panglima TNI dan masing masing mendapat 1 liter,” ungkapnya Ikhsan.

Sedangkan untuk pasien, dibutuhkan pasokan yang lebih cepat dan lebih banyak.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri, Isdianto merespon permintaan tersebut dengan mengirimkan pasokan madu dari Natuna ke RSKI Galang, Minggu (14/6).

Penyerahan madu tersebut melalui Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri di Batam diwakili oleh Ketua Tim Humas dan Publikasi, Iskandar Zulkarnaen Nasution. Pada kesempatan itu ia menyampaikan salam hangat dari Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan membawa 10 liter madu Natuna yang dikemas dalam 5 jeriken ukuran 2 liter.

“Ini merupakan amanah dari Plt Gubernur Kepri, Isdianto, untuk disampaikan secepatnya. Jadi begitu madu ini tiba di Batam, langsung kami diperintahkan untuk membawa ke RSKI Galang dan menyerahkannya,” ujar Iskandar.

Iskandar juga menyampaikan bahwa madu ini baru setengah dari jumlah yang dijanjikan oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

“InsyaAllah, untuk yang berikutnya, akan diserahkan langsung oleh pak Isdianto,” janji Iskandar.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan

Exit mobile version