Pojok Batam

7 Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Gigi Sensitif


JAKARTA – Bagi pemilik gigi sensitif, makan jadi tidak nyaman. Salah mengonsumsi makanan, gigi bisa tiba-tiba terasa ngilu.

Ahli kesehatan gigi, Frank Cattanese mengatakan, gigi sensitif bisa berlaku untuk sementara waktu atau permanen.

“Ada dua penyebab utama gigi sensitif. Enamel gigi yang menipis dan resesi gusi dengan bagian akar,” kata Cattanese, mengutip Eat This, Not That.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pasta khusus untuk gigi sensitif. Selain itu, pemilik gigi sensitif juga bisa menghindari kontak dengan sejumlah makanan dan minuman tertentu, seperti berikut.

1. Jeruk
Kurangi konsumsi buah-buahan anggota keluarga sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Rasa asam buah-buahan keluarga sitrus bisa mengikis enamel gigi.

“Asam sitrat akan menghancurkan gigi siapa pun. Namun, zat ini akan berdampak lebih parah pada orang dengan enamel gigi yang tipis,” jelas Cattanese.

2. Soda
Soda merupakan salah satu minuman yang harus dihindari pemilik gigi sensitif. Soda mengandung dua bahan seperti gula dan asam yang dapat mengiritasi saraf gigi yang terbuka.

3. Es krim
Makanan satu ini banyak digemari. Namun, pemilik gigi sensitif sebaiknya hindari konsumsi es krim.

Bukan cuma karena dingin, tapi kandungan gula di dalamnya juga akan berpengaruh pada gigi sensitif. “Gula bisa mengakibatkan gigi makin sensitif,” ujar ahli kesehatan gigi, Jordan Taylor, mengutip Everyday Health.

Pada gigi sensitif, lapisan enamel tipis. Tanpa enamel, saraf jadi mudah terekspose makanan sehingga timbul sensasi tidak nyaman saat makan.

4. Karamel
Camilan manis seperti permen atau karamel bisa berdampak buruk buat gigi sensitif. Selain karena kandungan gulanya, makanan berikut bertekstur lengket dan mudah menempel pada gigi.

“Makanan yang sangat manis dan lengket bisa menstimulasi saraf di dalam gigi. Saraf ini mirip dengan enamel gigi, tetapi tidak terlalu keras, dan punya lubang mikroskopis yang lama-kelamaan bisa terbuka lebar,” jelas Eugene Gamble, spesialis periodontik dan bedah mulut di Inggris.

5. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin C selain stroberi atau jeruk. Namun, ahli kesehatan gigi, Victoria Veytsman mengingatkan, kandungan asam yang tinggi pada tomat sebaiknya dihindari oleh pemilik gigi sensitif. Baik tomat mentah maupun saus tomat bisa memicu rasa tidak nyaman pada gigi.

6. Kopi panas
Suhu ekstrem bisa membuat pemilik gigi sensitif tidak nyaman. Kopi panas pun bisa membuat gigi nyeri dan ngilu. Rasa sakit bisa lebih parah saat kopi dicampur gula. Taylor menyarankan mengganti gula dengan susu untuk menurunkan suhu sekaligus keasaman kopi.

7. Permen keras
Hati-hati saat mengonsumsi makanan bertekstur keras termasuk permen. Bukan ide bagus untuk menggigit makanan seperti permen atau lolipop dengan gigi sensitif.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia

Exit mobile version