POJOKBATAM blog

Status Tersangka Veronica Koman Disebut Ancaman Pembela HAM

 

Jakarta, POJOKBATAM.ID – Solidaritas Pembela Hak Asasi Manusia menyatakan penetapan tersangka terhadap aktivis PapuaVeronica Koman adalah bentuk ancaman kepada pembela HAM.

Polda Jawa Timur menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka karena diduga aktif menyebar provokasi melalui akun Twitter @VeronicaKoman ihwal pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

“Kami menyatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Veronica Koman itu salah satu bentuk ancaman ke pembela hak asasi manusia yang mengabdikan dirinya pada hak asasi manusia,” kata perwakilan Solidaritas Pembela HAM Tigor Hutapea di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (9/9).

Solidaritas Pembela HAM terdiri dari LBH Pers, LBH Jakarta, KontraS Surabaya, dan sejumlah LSM lain. Hari ini mereka melakukan audiensi dengan Komnas HAM yang diwakili Komisioner Choirul Anam dan Hariansyah.

Tigor mengatakan yang dilakukan Veronica semata melaksanakan tugas sebagai advokat. Veronica disebutnya sudah menjadi pengacara bagi para mahasiswa asrama Papua di Surabaya.

“Bahkan di UU Advokat sendiri pasal 16, advokat itu tidak bisa dituntut perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas-tugasnya, itu sudah diperkuat Keputusan MK Nomor 88 Tahun 2012 bahwa di luar persidangan advokat tidak dapat diputuskan perdata dan pidana,” kata Tigor.

Lebih lanjut, Tigor menyatakan tidak ada berita bohong atau provokasi dalam semua unggahan Veronica. Dia mengklaim yang diunggah oleh Veronica sudah terkonfirmasi oleh para penghuni asrama Papua di Surabaya.

“Berdasarkan keterangan dari teman-teman juga, bahwa yang dijadikan tersangka itu adalah informasi yang ada di twitternya Veronica. Berdasarkan keterangan teman-teman, informasi yang disampaikan Veronica di twitternya itu adalah suatu fakta kejadian. Informasi yang benar-benar terjadi,” katanya.

Polda Jatim telah bersuara terhadap kritik yang muncul terkait penetapan tersangka Veronica. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut penetapan tersangka dilakukan karena Veronica memang diduga telah melanggar hukum.

“Ini proses hukum ya, ada dia (Veronica) melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” kata Luki di Mapolda Jatim, Sabtu (7/9).

Luki tak mau tindakan Veronica melalui akun Twitter-nya dikait-kaitkan dengan profesinya sebagai kuasa hukum. Menurutnya, Veronica harus bertanggung jawab atas apa yang diperbuat.

“Jadi apapun dia harus bertanggung jawab. Jangan dikait-kaitkan dengan apa yang selama ini, dengan posisi pekerjaannya dan yang lain,” ujar Luki.

Sementara itu Komisioner Komnas HAM Chairul Anam mengingatkan pemerintah akan melanggar hukum bila mencabut paspor Veronica Koman saat proses hukum masih berjalan.

Menurut Choirul Anam pencabutan paspor bisa dilakukan bilamana kasusnya telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap. Saat ini status Veronica masih tersangka dan belum berkekuatan hukum tetap.

“Kalau yang disebut pencabutan itu pelanggaran hukum karena pencabutan hanya bisa dilakukan setelah ada putusan pidana inkrah,” kata Anam.

Sebelumnya, Polda Jatim menyatakan telah mengajukan upaya pencekalan terhadap tersangka provokasi insiden Asrama Mahasiswa Papua, Veronica Koman, kepada Ditjen Imigrasi.

Pengajuan pencekalan tersebut juga diikuti dengan permintaan pencabutan paspor milik pengacara hak asasi manusia tersebut. Sebab menurut polisi, Veronica kini tengah berada di luar negeri.

“Kami sudah membuat surat ke Ditjen Imigrasi untuk bantuan pencekalan dan pencabutan paspor tersangka atas nama Veronica Koman Liau,” kata Kapolda Jatim, Sabtu (7/9).

(sah/wis)

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia

Indonesia Juara Thomas Cup 2020

Jonatan Cristie bawa Indonesia juara Thomas Cup 2020. F.AP/Claus Fisker

Indonesia juara Thomas Cup 2021 (Thomas Cup 2020) usai Jonatan Christie mengalahkan Li Shi Feng 21-14, 18-21, 21-14 dalam laga final di Ceres Arena, Minggu (17/10/2021). Indonesia menang 3-0 atas China di final Thomas Cup 2021.

Dua smes keras membuat Jonatan unggul 2-0 atas Li Shi Feng pada awal gim pertama. Penempatan bola jauh di belakang yang tidak bisa dijangkau Li membuat Jojo, sapaan Jonatan unggul 6-0.

Poin Jonatan terhenti setelah pengembalian kok atlet 24 tahun itu gagal melewati net. Li mencuri satu poin yang mengubah skor jadi 1-6.

Jonatan mencoba mendikte permainan Li Shi Feng dengan bola-bola drop shot dan lob ke belakang. Akan tetapi lambungan kok yang terlalu kencang membuat bola keluar bidang pemainan. Skor 3-7 untuk Li Shi Feng.

Reli terjadi jelang interval gim pertama. Akan tetapi permainan panjang itu disudahi Jonatan yang memenangi adu net dengan Li. Skor 10-6 untuk Jonatan.

Li Shi Peng. F.AP/Claus Fisker

Smes lurus keras ke sisi kiri pertahanan Li Shi Feng membuat Jonatan menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-6.

Pukulan Jonatan yang keluar membuat Li Shi Feng mempersingkat jarak menjadi 10-13. itu adalah kesalahan ketiga Jonatan yang menguntungkan Li Shi Feng.

Neting di bibir net Jonatan coba dikembalikan Li Shi Feng, namun tidak berhasil. Poin itu memutus lima angka beruntun yang sebelumnya diraih Li Shi Feng.

Usai interval Jonatan terlihat kerepotan menghadapi smes-smes menyilang dari Li Shi Feng. Lewat smes menyilang itu juga Li memperkecil jarak dengan skor 14-15.

Jonatan bisa menambah keunggulan jadi 16-14 setelah smes menyilang Li Shi Feng melebar di sisi kanan.

Dua kesalahan beruntun Li Shi Feng membuat Jonatan makin dekat dengan keunggulan di gim pertama, skor 18-14.

Neting yang gagal dari Li Shi Feng membuat Jonatan meraih match point pertama. Jonatan memenangi gim pertama dengan skor 21-14 setelah Li Shi Feng mengulang kesalahan yang sama dalam permainan netting.

Di gim kedua Li Shi Feng bangkit dengan langsung unggul 5-1 atas Jonatan. Akan tetapi pengamatan bola yang kurang baik dari Li Shi Feng membuat Jonatan memutus torehan angka tersebut.

Performa berbeda dimiliki Jonatan pada gim kedua. Beberapa pukulan dan pengembalian bola dari Jojo kerap berujung kesalahan.

Setelah smes menyilang yang melebar, pengembalian bola yang tanggu membuat Li Shi Feng menyudahi reli dengan smes keras. Skor 10-3 untuk Li Shi Feng. Pengembalian Jonatan yang menyangkut di net membuat Li Shi Feng unggul jauh 11-3 di interval gim kedua.

Serangan beruntun yang diberikan Jonatan membuat selisih skor kian mendekat jadi 9-13. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu mencoba mengejar jarak dengan berselisih tiga poin, 12-15.

Akan tetapi Li kembali menjauh menjadi 18-13 setelah meraih tiga poin beruntun. Pengembalian bola yang tanggung dari Li disambar dengan smes keras oleh Jonatan, skor 14-18.

Dua kali unggul dalam permainan net membuat Jonatan tertinggal satu angka 18-19 dari Li Shi Feng. Hanya saja, pengembalian bola Jonatan yag menyangkut di net membuat Li menang 21-18 di gim kedua. Pertandingan berlanjut ke rubber game.

Dua kesalahan dilakukan Li Shi Feng pada awal gim ketiga membuat Jonatan unggul 2-0. Akan tetapi, keslahan serupa juga dilakukan Jonatan yang begitu mudah kehilangan bola, Li Shi Feng unggul 7-5.

Setelah tertinggal 9-11 pada interval gim ketiga, Jonatan menyamakan skor usai meraih dua poin beruntun.

Permainan neting yang apik dari Jonatan membuat Li tertinggal dua pon 13-15. Dua jumping smash Li yang menyangkut di net menempatkan Jonatan pada keunggulan 18-13 atau berjarak tiga poin dari kemenangan pada gim penentuan.

Sambaran di depan net membuat Jonatan meraih match point, 20-13.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Kasus Positif Corona di RI 17 Oktober, Tambah 747, Meninggal 19

Ilustrasi. F.Getty Images/loops7

Pemerintah telah memperbarui data kasus Corona di Indonesia. Hari ini ada 747 kasus positif COVID-19 baru di Indonesia.

Data perkembangan penyebaran COVID-19 ini disampaikan BNPB, Minggu (17/10/2021). Data ini di-update setiap hari dengan cut off pukul 12.00 WIB.

Dengan tambahan tersebut, jumlah total kasus COVID-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 4.234.758 kasus.

Dari jumlah tersebut, 18.388 di antaranya kasus aktif. Kasus aktif artinya pasien yang hingga hari ini masih positif Corona.

Dilaporkan juga, hari ini ada 1.086 orang di Indonesia yang sembuh dari COVID-19. Jumlah total yang telah sembuh dari Corona sebanyak 4.073.418 orang.

Selain itu, hari ini dilaporkan 19 pasien positif Corona di Tanah Air meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah total pasien positif COVID-19 yang meninggal sebanyak 142.952 orang.

Pemerintah juga melaporkan jumlah suspek yang dipantau hari ini berjumlah 492.928 orang. Untuk jumlah spesimen yang diuji hari ini sebanyak 223.929.

Pemerintah tak lelah mengimbau warga menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.

Pemerintah juga telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 untuk menekan laju penyebaran Corona. Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi.

Editor: ARON

Sumber: detiknews

Viral Keramas Pakai Kopi, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Rambut

Manfaat keramas pakai kopi. F.Getty Images/iStockphoto Olga Buntovskih

Belakangan ini video keramas pakai kopi hitam menjadi viral di media sosial TikTok. Dalam video tersebut, seorang pengguna membagikan trik mencampur kopi dan sampo. Kopi yang digunakan bukanlah ampas kopi, melainkan kopi hitam instan kemasan.

Ternyata menurut penelitian kandungan kafein dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk rambut. Lalu apa saja manfaat kopi untuk rambut?

Kopi memiliki daftar panjang manfaat yang diakui bagi tubuh, seperti kemampuan untuk membuat rambut lebih sehat. Sementara beberapa orang tidak memiliki masalah menuangkan minuman dingin ke rambut mereka (dan mendapatkan hasil yang sangat baik).

Viral keramas pakai kopi, berikut sederet manfaat kopi untuk rambut:

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia baik pada pria dan wanita. Menerapkan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

Dalam kasus kebotakan pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut.

Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebotakan. Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Satu studi laboratorium 2007 menemukan bahwa kafein membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Ini merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Ini juga memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita.

Karena kafein adalah stimulan, kafein juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat, memberikan tampilan rambut yang lebih penuh dan lebih tebal.

 

2. Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Jika rambut kamu tampak kusam, rapuh, dan kering, menambahkan pelembab dapat menghidupkan kembali penampilannya. Anehnya, membilas rambut kamu dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut kusam karena mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan sehingga mendorong regenerasi rambut.

Keramas pakai kopi dapat membuat batang rambut bisa menjadi lebih halus. Ini dapat mengatasi rambut kusut, menghasilkan rambut yang lebih lembut dan lebih mudah untuk diurai.

Karena kafein memiliki efek diuretik pada tubuh, kamu mungkin mengira kafein akan memiliki efek mengeringkan saat dioleskan pada rambut. Namun, kafein tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, ini dapat membantu dalam mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami. Peningkatan sirkulasi darah membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

 

3. Manfaat keramas pakai kopi dapat secara alami menghilangkan uban

Keramas pakai kopi juga berguna jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi berwarna gelap, sehingga bertindak sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu jika kamu memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

4. Keramas pakai kopi untuk detoksifikasi kulit kepala

Menggunakan kopi membantu untuk mendetoksifikasi kulit kepala, memungkinkan kamu untuk mengatasi kerapuhan dan ketombe sambil juga menyeimbangkan tingkat pH.

5. Meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala

Ketika dioleskan ke kulit kepala, kopi meningkatkan sirkulasi darah. Ini membantu mentransfer nutrisi ke akar rambut. Akibatnya, rambut kamu tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih tebal.

Tindakan pencegahan saat keramas pakai kopi

Selalu tunggu sampai kopi benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke botol semprot dan rambut kamu. Untuk menghindari kulit kepala yang terbakar, jangan pernah mengoleskan kopi panas ke rambut.

Ingatlah bahwa jika kamu memiliki rambut berwarna terang, kopi dapat menodai atau mewarnai rambut kamu. Untuk menikmati manfaat bilasan kopi dengan rambut berwarna terang, gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung kafein sebagai bahannya.

Mengapa menerapkan bilas kopi secara topikal?

Jika kamu minum kopi setiap hari, kamu mungkin berasumsi bahwa cangkir harian akan cukup untuk merangsang pertumbuhan rambut atau memperbaiki tekstur dan penampilan rambut kamu. Tapi, untuk mendapatkan efek stimulasi yang sama dengan minum kopi, kamu perlu mengonsumsi sekitar 50 hingga 60 cangkir kopi sehari.

Rata-rata secangkir kopi 8 ons mengandung antara 80 dan 100 miligram kafein. Administrasi Obat Federal (FDA) merekomendasikan hanya mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi biasa sehari – total sekitar 400 mg.

Mengkonsumsi 1.200 mg kafein sudah cukup untuk menyebabkan kejang – jadi 50 cangkir sudah pasti tidak ada. Cara paling aman menggunakan kopi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut adalah dengan keramas pakai kopi atau mengoleskannya dan memijat ke rambut dan kulit kepala kamu.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

7 Kebiasaan yang Bisa Picu Kanker Payudara

Sejumlah kebiasaan yang bisa menimbulkan kanker payudara. F.morgueFile/DodgertonSkillhause

Sejumlah kebiasaan dapat memicu pertumbuhan kanker payudara. Hindari kebiasaan yang bisa picu kanker payudara untuk mencegah sel-sel kanker berkembang.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diami perempuan di dunia dan Indonesia. Berdasarkan data Globocan 2020, terdapat hampir 400 ribu kasus kanker baru di Indonesia. Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak dengan lebih dari 65ribu kasus (16,6 persen).

Bila dilihat berdasar jenis kelamin, kanker payudara menempati kasus kanker terbanyak pada perempuan, disusul kanker serviks, kanker ovarium, kanker kolon, kanker tiroid, dan jenis kanker lain.

Berikut 7 kebiasaan yang bisa picu kanker payudara:

1. Makan berlebihan

Kebiasaan makan berlebihan tanpa memperhatikan kalori dan nutrisi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan bisa memicu kanker payudara. Tinjauan yang diterbitkan di jurnal Breast Care (Basel) menyebut kenaikan berat badan orang dewasa dan kegemukan berkaitan dengan risiko kanker payudara pascamenopause.

Data menunjukkan dibanding perempuan dengan berat badan normal (BMI 18,5-25), perempuan yang kelebihan berat badan (BMI > 25) 1,5 kali lipat lebih berisiko mengalami kanker payudara. Sedangkan saat berat badan makin bertambah (BMI > 30) risikonya jadi lebih dari 2 kali lipat.

2. Tidur dengan televisi menyala

Barangkali serial televisi yang Anda tonton malah berbalik ‘menonton’ Anda tidur. Sebaiknya kebiasaan ini diubah sebab risiko kanker payudara mengintai.

Dalam sebuah analisis yang terbit di jurnal Environment Health Perspectives menemukan sinar buatan (artificial light) yang keluar dari layar televisi berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat.

“Sinar di malam hari bisa jadi salah satu faktor yang berkontribusi pada peningkatan kasus kanker payudara selama beberapa dekade terakhir,” kata direktur program di National Institute of Environmental Health Sciences, Les Reinlib, dalam studinya mengutip dari Best Life.

3. Minum dengan botol plastik

Air minum dalam kemasan, terutama kemasan plastik berpotensi memicu kanker payudara. Dilansir dari laman Breast Cancer, riset menunjukkan wadah minuman dari plastik bisa mencemari air dengan bahan kimia berbahaya seperti BPA.

BPA alias Bisphenol-A merupakan bahan kimia sintetis lemah yang bisa mengacaukan keseimbangan hormon tubuh dan meningkatkan risiko kanker payudara.

4. Merokok

Tidak hanya kanker payudara, kebiasaan merokok bisa memicu kemunculan kasus kanker lain. Merokok dikenal memiliki efek karsinogenik.

Efek karsinogenik disebabkan hidrokarbon aromatik pada tembakau lalu bersama-sama dengan komponen lain bisa mempengaruhi perkembangan kanker payudara. Data dari American Cancer Society, Prevention Study II (CPS-II) Nutrition Cohort menemukan insiden kanker payudara lebih tinggi pada perokok dan mantan perokok dibanding mereka yang tidak pernah merokok.

5. Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Risiko meningkat disebabkan banyaknya alkohol yang dikonsumsi. Dari laman American Cancer Society, paling baik memang tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

Jika mengonsumsi hanya satu minuman, meningkatkan risiko kanker 7-10 persen dibanding yang tidak minum. Pada perempuan yang minum 2-3 minuman per hari risiko meningkat sekitar 20 persen.

6. Penggunaan kosmetik dengan paraben

Sebaiknya cek lagi kosmetik yang Anda gunakan sehari-hari. Kandungan paraben pada kosmetik akan memicu pertumbuhan kanker payudara. Paraben merupakan komponen yang digunakan untuk mengawetkan produk.

Riset yang dipublikasikan Journal of Applied Toxicology menunjukkan paraben mudah terserap kulit dan membuat pertumbuhan kanker makin pesat.

7. Mager

Gaya hidup sedenter, ‘mager’ (malas gerak), juga banyak duduk akan meningkatkan risiko kanker payudara. Sebaliknya jika Anda hidup aktif, banyak bergerak mampu mengurangi risiko kanker berhubungan dengan berat badan tubuh, inflamasi, hormon dan keseimbangan energi.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Journal of The National Cancer Institute, periset Jerman meneliti data dari 43 studi. Mereka menemukan tiap tambahan 2 jam perilaku sedenter per hari mampu meningkatkan risiko kanker termasuk kanker kolon, kanker endometrium dan kanker paru.

Itulah kebiasaan yang bisa picu kanker payudara.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Ramalan Zodiak 17 Oktober: Capricorn Jangan Takabur, Virgo Coba Lebih Peduli

Ilustrasi ramlan zodiak. Foto: Thinkstock

Ramalan zodiak Leo bagaimanapun peluang tersebut diperebutkan banyak orang maka jangan hanya bersikap pasif. Berikut ramalan zodiak hari ini:

Ramalan Zodiak Capricorn:

Peruntungan: Tak perlu kecewa jika ternyata harapan hanya sebatas impian yang belum bisa terealisasi sampai saat ini, memang tidak boleh takabur atau terlalu yakin dengan apa yang dikerjakannya sehingga jika ada melesetnya tidak sampai membuat kekecewaan yang terlampau dalam.

Keuangan: Tetaplah tenang dan terus konsisten dengan apa yang telah Anda lakukan.

Asmara: Jangan buru-buru mengambil tindakan terhadap munculnya isu yang cukup mengusik hubungan Anda dengannya lebih baik diabaikan saja karena akan hilang dengan sendirinya. Di hari ini jika dirinya masih keras kepala dan tetap merasa selalu paling benar sebaiknya tetap bisa menahan diri dan mengalah saja padanya apalagi persoalan yang diributkan hanya masalah sehari-hari dan tak menyalahi prinsip yang ada.

Jam Baik: 17.00-18.00.

Ramalan Zodiak Virgo:

Peruntungan: Cobalah lebih peduli dengan lingkungan sekitar jangan sampai terkesan bertindak individu dan lebih mementingkan kepentingan diri sendiri karena hal itu akan menimbulkan pandangan negatif tentang jiwa sosial Anda dan jika hal ini dibiarkan maka akan bisa menimbulkan masalah serius nanti nya.

Keuangan: Lakukan introspeksi ke dalam sehingga dengan demikian bisa lebih mengerti akan situasi dan kondisi keuangan anda saat ini.

Asmara: Jangan ragu-ragu untuk berani bersikap tegas kepada mereka yang jelas-jelas tidak menghargai keberadaan Anda saat ini bagaimanapun hal itu memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, terhadap sikap si dia tampak terus mendukung langkah dan upaya yang Anda lakukan demi menjaga hubungan asmara ini agar tetap kompak dan tidak terpecah belah oleh segala perilaku mereka.

Jam Baik: 14.00-15.00.

Ramalan Zodiak L e o:

Peruntungan: Sangat disayangkan jika kurang greget dan semangat di dalam menyongsong berbagai kesempatan yang datang di hadapan Anda akhir-akhir ini bagaimanapun peluang tersebut diperebutkan banyak orang maka jangan hanya bersikap pasif agar tidak sampai diserobot orang lain, rencanakan dan mulai susun langkah-langkah strategis untuk bisa dikerjakan ke depannya nanti.

Keuangan: Jalani dulu saja dan jangan banyak keraguan di dalamnya karena semua sudah jelas dan lengkap datanya.

Asmara: Gairah tampak berkurang dan hal itu wajar karena setiap berjumpa selalu ada yang diributkan dan penampilan selalu monoton serta tidak ada sesuatu yang bisa menarik hatinya. Jangan biarkan cinta terus terkikis oleh berbagai perselisihan yang kerapkali terjadi maka dari itu berusahalah untuk tidak sibuk mengomentari segala kekurangan ataupun kesalahan yang telah dilakukannya.

Jam Baik: 14.00-15.00.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Hasil Liga Inggris: Manchester United Kalah Telak dari Leicester

Si Rubah Leicester menang telak dari Manchester United di lanjutan Liga Inggris. (Getty Image/Alex Panting)

Manchester United menelan kekalahan telak 2-4 dari Leicester dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion King Power, Sabtu (16/10/2021).

Mason Greeenwood sejatinya mampu membawa Manchester United unggul pada menit ke-19 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dibendung kiper Leicester.

Man Utd kembali mendapat kesempatan emas lewat tandukan Harry Maguire pada menit ke-31, tapi sayang sundulan bek timnas Inggris itu masih melengceng di sisi kanan gawang Leicester.

Tak lama kemudian, Leicester mampu mencetak gol penyeimbang menjadi 1-1 pada menit ke-31 lewat Youri Tielemans.

Pertandingan babak pertama Leicester vs Manchester United pun berakhir imbang 1-1.

Pada babak kedua, Leicester tampil lebih menyerang. Pada menit ke-78, Leicester mampu unggul 2-1 atas Man Utd lewat gol Caglar Soyuncu.

Namun, empat menit kemudian Tim Setan Merah mampu membalas gol dan menjadikan skor sementara imbang 2-2 lewat Marcus Rashford.

Tetapi, pertahanan Man United yang tampil kurang solid dengan mudah ditembus barisan penyerang Leicester.

Pada menit ke-83, Leicester kembali mampu memimpin menjadi 3-2 lewat gol Jamie Vardy. Bahkan, Leicester mampu memperlebar skor kemenangan menjadi 4-2 lewat Patson Daka pada menit ke-90+1.

Leicester pun memastikan kemenangan 4-2 atas Manchester United.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Rusia Catat Rekor Kematian Akibat Covid, Tembus 1.002 Kasus

Rusia catat rekor kematian akibat Covid-19. (AP Photo)

Rusia kembali mencetak rekor kematian akibat Covid-19 tertinggi dengan 1.002 kasus dalam 24 jam terakhir hingga hari ini, Sabtu (16/10/2021).

Satuan tugas penanganan Covid-19 Rusia melaporkan bahwa laporan kematian pada Sabtu ini merupakan yang tertinggi sejak pandemi melanda tahun lalu.

Selain itu, satgas tersebut mengumumkan bahwa kasus Covid-19 harian Rusia juga menembus rekor 33.208. Dengan demikian, Rusia sudah mencetak rekor kasus Covid-19 selama lima hari berturut-turut.

Pemerintah Rusia menyatakan bahwa lonjakan infeksi corona dan kematian akibat Covid-19 ini terjadi karena kampanye vaksinasi yang sangat lamban.

Rusia sebenarnya merupakan salah satu negara yang segera memproduksi vaksin setelah pandemi Covid-19 pertama kali merebak tahun lalu.

Namun, sejak saat itu, program vaksinasi di Rusia berjalan lamban, terutama karena warga tak percaya terhadap otoritas kesehatan dan produk-produk medis baru di negara itu.

Presiden Vladimir Putin pun menyatakan bahwa Rusia harus menggenjot kampanye vaksinasi karena negaranya terus mencatat rekor kematian akibat Covid-19.

Hingga saat ini, baru 48 juta dari total 144 juta populasi di Rusia yang sudah divaksinasi Covid-19 secara penuh. Sementara itu, 51 juta orang lainnya baru mendapatkan satu dosis vaksin.

Sebagaimana dilansir Reuters, Rusia memperkirakan baru 45 persen dari keseluruhan populasinya yang punya imunitas terhadap virus corona, baik karena vaksinasi maupun sudah pernah terkena Covid-19.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Fajar/Rian Menang, Indonesia ke Final Thomas Cup

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengalahkan pasangan Denmark di partai keempat.

Ganda putra badminton Indonesia Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto sukses mengalahkan pasangan Denmark Mathias Christiansen/ Frederik Sogaard pada  semifinal Thomas Cup 2021 dan membawa Indonesia ke final.

Fajar/Rian menang dengan skor 21-14, 21-14 atas Christiansen/ Sogaard di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021) malam WIB.

Keunggulan 2-1 Indonesia atas Denmark membuat Fajar/Rian tampil lebih percaya diri saat melakoni partai keempat semifinal Thomas Cup 2021.

Sempat tertinggal 4-5 di awal gim pertama, Fajar/Rian sukses berbalik unggul 7-5 atas pasangan Denmark.

Kemudian, ganda putra Denmark sempat menyamakan kedudukan 7-7. Namun, Fajar/Rian mampu terus melesat dan memenangkan interval gim pertama 11-9.

Usai interval gim pertama Fajar/Rian terus melesat dan meraih lima poin berturut-turut dari 15-13 hingga 20-13.

Fajar/Rian akhirnya berhasil memenangkan gim pertama dengan skor 21-14.

Fajar/Rian juga tampil dominan di gim kedua. Fajar/ Rian sukses memenangkan interval gim kedua dengan skor 11-2.

Fajar/Rian terus tampil dominan dan memenangkan gim kedua dengan skor 21-14 dan membawa Indonesia lolos ke final Thomas Cup 2021 dengan skor 3-1.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Hasil Liga Inggris, Firmino Hattrick, Liverpool Hajar Watford 5

Roberto Firmino mencetak hattrick saat timnya Liverpool berhadapan melawan Watford di Liga Inggris.

Liverpool berhasil mengalahkan Watford dengan skor 5-0 dalam laga Liga Inggris di Vicarage Road, Sabtu (16/10). Laga ini diwarnai hattrick Roberto Firmino.

Liverpool sudah unggul 1-0 lewat Sadio Mane di menit kesembilan. Gol ini bermula dari skema serangan cepat Liverpool.

Mohamed Salah yang menguasai bola melihat Sadio Mane berlari. Salah mengirim umpan terukur yang ke arah Mane.

Mane memilih untuk langsung melepaskan tendangan yang tak bisa dibendung oleh Ben Foster. Bagi Mane, gol tersebut merupakan gol ke-100 yang ia cetak di Liga Inggris.

Liverpool lalu menggandakan keunggulan di menit ke-37 lewat Roberto Firmino. The Reds menampilkan organisasi tim yang baik dalam proses gol ini.

Kerja sama Firmino, James Milner, dan Mane diakhiri umpan silang mendatar Milner ke arah Firmino. Striker asal Brasil itu pun tanpa kesulitan mengirim bola masuk ke dalam gawang yang sudah kosong.

Unggul dua gol di babak pertama, Liverpool tak mau menurunkan serangan. Firmino sukses mengubah skor menjadi 3-0 di menit ke-52.

Striker asal Brasil itu bisa memanfaatkan kelengahan lini belakang Watford saat menyambut umpan Andy Robertson ke arah kotak penalti. Firmino meraih bola liar dan menceploskan bola ke gawang kosong Watford.

Tiga menit berselang, Salah akhirnya ikut mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat bola dari Firmino, Salah dikepung tiga pemain Watford di kotak penalti.

Namun Salah bisa lepas dari kepungan tersebut, melakukan gerak tipu dan mengirim bola ke tiang jauh dan membuat Ben Foster hanya terpana melihat bola masuk ke gawang.

Firmino kemudian memastikan torehan hattrick di masa injury time. Gol Firmino membuat Liverpool menang 5-0 di akhir pertandingan.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Positif Covid-19 Bertambah 997 Kasus, 1.525 Orang Sembuh

Ilustrasi.

Konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah 997 kasus pada Sabtu (16/10/2021). Dengan demikian total akumulasi Covid-19 di Indonesia sejak 2 Maret 2020 tercatat 4.234.011 kasus.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, pada hari yang sama terdapat tambahan 1.525 orang sembuh dari infeksi virus corona. Hal itu membuat total kasus kesembuhan menjadi 4.072.332 orang.

Selain itu, kasus harian meninggal dunia terkait Covid-19 bertambah 44 jiwa. Walhasil, total kasus kematian menjadi 142.933 orang.

Di saat yang sama, tercatat 18.746 kasus aktif, atau turun 572 kasus dari hari sebelumnya. Pada Jumat (15/10), tercatat ada 19.318 kasus aktif.

Selain itu total suspek Covid 490.512 orang. Sementara jumlah pemeriksaan spesimen mencapai 270.811 sampel.

Satgas Covid-19 mencatat total vaksinasi ke-1 mencapai 106.669.970, vaksinasi ke-2 62.166.916, dan vaksinasi ke-3, yang merupakan booster, mencapai 1.065.416.

Sehari sebelumnya, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4.233.014. Dari jumlah tersebut sebanyak 4.070.807 dinyatakan sembuh, dan 142.889 orang meninggal dunia terkait Covid-19.

Kasus aktif Covid-19 cenderung turun, namun ancaman gelombang tiga Covid-19 di Indonesia diprediksi terjadi pada akhir 2021, bertepatan dengan momen libur Natal dan Tahun baru.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah mewanti-wanti pada akhir tahun terjadi pergantian musim yang dapat menyebabkan imunitas masyarakat turun sehingga mudah tertular penyakit.

Sementara, Kemenkes mengantisipasi gelombang tiga dengan upaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk melindungi warga. Teranyar, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan ke kelompok masyarakat adat di Badui dalam dan luar.

Infografis Jangan Terbuai Covid LandaiInfografis Jangan Terbuai Covid Landai. (BNPB)

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia