POJOKBATAM blog

Status Tersangka Veronica Koman Disebut Ancaman Pembela HAM

 

Jakarta, POJOKBATAM.ID – Solidaritas Pembela Hak Asasi Manusia menyatakan penetapan tersangka terhadap aktivis PapuaVeronica Koman adalah bentuk ancaman kepada pembela HAM.

Polda Jawa Timur menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka karena diduga aktif menyebar provokasi melalui akun Twitter @VeronicaKoman ihwal pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

“Kami menyatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Veronica Koman itu salah satu bentuk ancaman ke pembela hak asasi manusia yang mengabdikan dirinya pada hak asasi manusia,” kata perwakilan Solidaritas Pembela HAM Tigor Hutapea di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (9/9).

Solidaritas Pembela HAM terdiri dari LBH Pers, LBH Jakarta, KontraS Surabaya, dan sejumlah LSM lain. Hari ini mereka melakukan audiensi dengan Komnas HAM yang diwakili Komisioner Choirul Anam dan Hariansyah.

Tigor mengatakan yang dilakukan Veronica semata melaksanakan tugas sebagai advokat. Veronica disebutnya sudah menjadi pengacara bagi para mahasiswa asrama Papua di Surabaya.

“Bahkan di UU Advokat sendiri pasal 16, advokat itu tidak bisa dituntut perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas-tugasnya, itu sudah diperkuat Keputusan MK Nomor 88 Tahun 2012 bahwa di luar persidangan advokat tidak dapat diputuskan perdata dan pidana,” kata Tigor.

Lebih lanjut, Tigor menyatakan tidak ada berita bohong atau provokasi dalam semua unggahan Veronica. Dia mengklaim yang diunggah oleh Veronica sudah terkonfirmasi oleh para penghuni asrama Papua di Surabaya.

“Berdasarkan keterangan dari teman-teman juga, bahwa yang dijadikan tersangka itu adalah informasi yang ada di twitternya Veronica. Berdasarkan keterangan teman-teman, informasi yang disampaikan Veronica di twitternya itu adalah suatu fakta kejadian. Informasi yang benar-benar terjadi,” katanya.

Polda Jatim telah bersuara terhadap kritik yang muncul terkait penetapan tersangka Veronica. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut penetapan tersangka dilakukan karena Veronica memang diduga telah melanggar hukum.

“Ini proses hukum ya, ada dia (Veronica) melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” kata Luki di Mapolda Jatim, Sabtu (7/9).

Luki tak mau tindakan Veronica melalui akun Twitter-nya dikait-kaitkan dengan profesinya sebagai kuasa hukum. Menurutnya, Veronica harus bertanggung jawab atas apa yang diperbuat.

“Jadi apapun dia harus bertanggung jawab. Jangan dikait-kaitkan dengan apa yang selama ini, dengan posisi pekerjaannya dan yang lain,” ujar Luki.

Sementara itu Komisioner Komnas HAM Chairul Anam mengingatkan pemerintah akan melanggar hukum bila mencabut paspor Veronica Koman saat proses hukum masih berjalan.

Menurut Choirul Anam pencabutan paspor bisa dilakukan bilamana kasusnya telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap. Saat ini status Veronica masih tersangka dan belum berkekuatan hukum tetap.

“Kalau yang disebut pencabutan itu pelanggaran hukum karena pencabutan hanya bisa dilakukan setelah ada putusan pidana inkrah,” kata Anam.

Sebelumnya, Polda Jatim menyatakan telah mengajukan upaya pencekalan terhadap tersangka provokasi insiden Asrama Mahasiswa Papua, Veronica Koman, kepada Ditjen Imigrasi.

Pengajuan pencekalan tersebut juga diikuti dengan permintaan pencabutan paspor milik pengacara hak asasi manusia tersebut. Sebab menurut polisi, Veronica kini tengah berada di luar negeri.

“Kami sudah membuat surat ke Ditjen Imigrasi untuk bantuan pencekalan dan pencabutan paspor tersangka atas nama Veronica Koman Liau,” kata Kapolda Jatim, Sabtu (7/9).

(sah/wis)

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia

Gubernur Ansar Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI di Tanjungpinang

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad bersama pimpinan TNI-Polri di upacara peringatan HUT TNI di Lapangan Monumen Gong Gong.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 TNI Provinsi Kepri di Lapangan Monumen Gong Gong, Tanjungpinang, Rabu (5/10/2022).

Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar selaku Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Pangkogabwilhan I.

Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Letnan Kolonel (Inf) Galih Bramantyo yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kodim 0316/Batam.

Upacara HUT TNI kali ini diikuti seluruh unsur satuan dari tiga matra TNI di Kepulauan Riau beserta Satuan Polisi Pamong Praja, organisasi kepemudaan, dan Pramuka.

Peringatan kali ini mengusung tema “TNI Adalah Kita”. Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya; Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%.

Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5%.

Panglima TNI mengimbau seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

Terpisah, Gubernur Ansar mengapresiasi kehadiran TNI yang terus menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Dirinya berpendapat dengan semakin beragamnya jenis ancaman yang dihadapi oleh Indonesia, terutama di Kepri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, maka kehadiran TNI di Kepri sangat dibutuhkan.

“Kita berharap tentu kedepannya TNI semakin meningkatkan profesionalisme, kekuatan militer suatu negara biasanya menjadi indikator sebuah negara dapat disegani oleh negara lain, kita juga terus memberikan kontribusi kerjasama dengan TNI untuk mendukung kedaulatan NKRI,” kata Ansar.

Hadir dalam upacara HUT TNI ini Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, Kabinda Kepri Laksamana Pertama TNI Ardiansyah, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, dan sejumlah unsur Forkopimda Kepri lainnya.

Editor: HER

TP-PKK dan Dinas P3AP2KB Kepri Gelar Pelatihan PATBM

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari jadi narasumber pada Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan berbagai program guna mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak. Program tersebut diharapkan mampu meminimalisir kekerasan terhadap anak.

“Hal ini terjadi karena upaya perlindungan anak belum banyak menekankan pada pencegahan dan belum dilakukan secara terpadu dengan melibatkan keluarga, anak dan masyarakat secara bersama-sama,” kata Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari pada Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Hotel Bintan Agro, Bintan, Rabu (5/10/2022).

Pelatihan ini digelar TP-PKK Kepri bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau dan diikuti oleh 70 orang peserta dari perwakilan kader-kader desa/aktivis PATBM Kabupaten Bintan.

Pelatihan ini nantinya akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama ini Dewi Ansar bertindak sebagai narasumber dengan membawakan dua materi yakni Kebijakan Perlindungan Anak Provinsi Kepri dan materi Perda Perlindungan Anak Provinsi Kepri.

Di hadapan para peserta pelatihan, Dewi Ansar mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keterpaduan masyarakat di desa dalam perlindungan anak di wilayahnya masing-masing.

“Saya mengimbau seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama. Sehingga ilmu dan wawasan yang didapat dari pelatihan ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan di desanya masing-masing,” ujarnya.

Dewi Ansar berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat memunculkan rasa kasih sayang dan empati pada anak yang mengalami kekerasan di hati para aktivis PATBM. Sehingga perlindungan anak di Kepri melalui pencegahan dan penanganan dapat dioptimalkan.

“Permasalahan anak di Kepri terus meningkat. Untuk itu mari bersama-sama mengantisipasi bagaimana cara kita menghadapi persoalan-persoalan yang ada di masyarakat terutama masalah anak,” tambah Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga berharap ada sinergi atara Pemprov Kepri, akademis, stakeholder terkait dan masyarakat Kepri dapat bersinergi dan berkerjasama dalam mengatasi permasalah kekerasan pada anak di Kepri.

Sementara untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada Kamis (6/10/2022). Tampil sebagai narasumber Eka Bambang dan Sudirman.

Disini Eka Bambang akan membawakan materi tentang Kekerasan Terhadap Anak. Sementara Sudirman akan membawakan materi tentang Pengasuhan Anak dan Perdagangan Anak.

Editor: HER

BRK Syariah Paparkan Ragam Solusi Bagi BPD di Wilayah Barat

Direktur Utama BRK Syariah, Andi Buchari.

Bank Riau Kepri (BRK) Syariah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Workshop Forum Komunikasi Dewan Komisaris (FKDK) Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) Wilayah Barat (Sumatera) tahun 2022.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Grand Hotel I Batam ini, dihadiri Dewan Komisaris, Komite, dan Sekretaris Dewan Komisaris dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) se- Sumatera.

Direktur Utama (Dirut) BRK Syariah, Andi Buchari dalam pemaparannya menegaskan bahwa, FKDK BPDSI Wilayah Barat (Sumatera) ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi, serta memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan peran BPD dalam dunia perbankan.

Sekaligus memperoleh kemudahan dalam berkomunikasi secara kelembagaan.

“Dan ini juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan profesi dan organisasi serta hal-hal lain yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di Bank-Bank Pembangunan Daerah se-Sumatera,” paparnya, Rabu (5/10/2022).

Selain itu, tambahnya, juga menjabarkan terkait beragam tantangan yang akan dihadapi dimasa depan.

Khususnya pada dunia perbankan, diantaranya, kenaikkan inflasi yang menyebabkan penurunan daya beli masyarakat dan menimbulkan turunnya daya beli masyarakat.

“Tantangan ini yang menjadi perhatian kita dalam pembahasan kita dalam Workshop FKDK BPDSI Wilayah Barat Sumatera ini. Mengingat dari sektor perbankan, menurunkan daya beli masyarakat tentunya berdampak pada daya bayar. Dan memicu pada perolehan laba,” tegasnya.

Hal lain yang dibahas pada kegiatan ini, adalah tren kenaikkan suku bunga juga sangat mempengaruhi biaya-biaya dalam operasional.

“Ini juga bakal menimbulkan tekanan yang sangat luar biasa dalam perolehan laba nantinya. Dan semua tantangan-tantangan ini, nantinya menjadi bahan-bahan diskusi dalam Workshop ini,” tegasnya.

Pihaknya pun berharap kegiatan Workshop FKDK BPDSI Wilayah Barat (Sumatera) akan tercipta hubungan yang harmonis dan solid antara seluruh BPD di pulau Sumatera. Sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi khususnya di wilayah Sumatra.

“Intinya, forum ini bisa menjadi wadah dan tempat bagi seluruh BPD di Indonesia khususnya Sumatera untuk memaksimalkan peran dan fungsi di dunia perbankan,” tambahnya.

Editor: WIL

6 Olahraga Ringan Penangkal Kolesterol, Cuma Butuh 30 Menit Sehari

Olahraga ringan penangkal kolesterol. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks)

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah pada kesehatan yang jarang disadari. Hal ini terjadi karena kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala dan diketahui melalui tes darah.

Kolesterol tinggi atau HDL (high-density lipoprotein), yang biasa juga disebut sebagai kolesterol jahat adalah kondisi ketika lemak dalam darah terlalu banyak sehingga pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi, umumnya disebabkan oleh makan makanan berlemak, jarang berolahraga, kegemukan, merokok, dan mengonsumsi alkohol. Oleh karenanya, kadar kolesterol dapat diturunkan dengan makan makanan sehat dan berolahraga.

Dikutip dari Everyday Health, berdasarkan studi dalam jurnal Atherosclerosis tahun 2015, aktivitas fisik dapat menurunkan kolesterol serta menurunkan resiko penyakit jantung pada orang dewasa.

Berikut beberapa olahraga ringan yang cocok untuk menurunkan kadar kolesterol:

1. Jalan cepat

Menurut American Heart Association, jalan cepat sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol. Profesor Kedokteran dan Kardiologi UCLA, Karol Watson, mengungkapkan bahwa semua olahraga yang menghabiskan energi akan menurunkan kolesterol. Olahraga aerobik adalah olahraga yang paling banyak menghabiskan energi, sehingga lebih efektif menurunkan kadar kolesterol.

2. Berlari

Mirip seperti jalan cepat, berlari juga termasuk aerobik. Berlari juga efektif untuk membakar kalori dan dapat menurunkan kolesterol dengan menaikkan detak jantung. Olahraga ini dapat dilakukan secara ringan dan bertahap.

3. Bersepeda

Penelitian mengungkapkan bahwa bersepeda adalah cara yang aman dan efektif untuk membakar kalori serta menurunkan kadar kolesterol. Bersepeda dapat dilakukan minimal selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Jika sudah memungkinkan, bersepeda dapat dilakukan selama 45 sampai 60 menit setiap hari. Bersepeda ke tempat kerja juga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat jika merasa tidak ada waktu untuk berolahraga.

Namun bagi pemula, bersepeda dapat dimulai secara perlahan dan dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

4. Berenang

Berenang juga termasuk aerobik. Berenang adalah aktivitas yang ringan bagi persendian dan merupakan aktivitas yang baik bagi yang memiliki masalah sendi. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHBLI), selama 30 menit berenang dapat membakar sekitar 240 kalori. Berenang juga dapat dijadikan pilihan untuk menjaga berat badan, sehingga dapat mengurangi kegemukan yang memicu kolesterol tinggi.

5. Angkat beban

Selain aerobik, olahraga juga perlu diselingi dengan latihan kekuatan. Hal ini dibutuhkan untuk membentuk otot, yang dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat. Menurut penelitian, latihan kekuatan dapat meningkatkan kolesterol baik. American College of Sport Medicine merekomendasikan latihan kekuatan seperti angkat beban setidaknya dilakukan dua kali dalam seminggu dengan 8 hingga 12 kali pengulangan.

6. Aktivitas sehari-hari

NHLBI mengatakan, aktivitas seperti berkebun dan melakukan pekerjaan rumah adalah awal yang baik untuk bergerak dan memulai kebiasaan sehat. Hal yang paling penting adalah melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan senang hati dan secara teratur.

Editor: HER

Sumber: detikhealth

7 Makanan Pembersih Lambung, Penangkal Mulas dan Perut Kembung

Jamu Kunyit Asam. Foto: Flickr/Leni Suryani 13

Pernahkah, kamu mendengar istilah “asam lambung naik”? Dalam bahasa medis, gangguan tersebut dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit GERD disebabkan oleh pengonsumsian makanan atau minuman yang tidak “ramah” lambung, seperti makanan pedas atau minuman bersoda.

Lambung sendiri diciptakan sedemikian rupa untuk memecah zat-zat nutrisi dalam hidangan yang kita santap setiap hari menggunakan cairan bernama asam hidroklorik. Ia pun berfungsi sebagai pemilah antara limbah dengan senyawa baik agar tubuh kita terhindar dari penyakit.

Bila kinerjanya normal, hal ini akan berdampak pada kesehatan organ penting lainnya, seperti usus, hati, jantung, dan mood (suasana hati). Oleh karenanya, masyarakat harus pintar memilih asupan yang baik untuk lambung.

Makanan Pembersih Lambung

Melalui rangkuman detikcom, beberapa bahan makanan ini bisa dicoba untuk membersihkan lambung, antara lain:

1. Kacang-kacangan

Seperti kita ketahui, serat banyak manfaatnya bagi kesehatan pencernaan. Salah satu jenis makanan yang kaya akan serat adalah kacang-kacangan, seperti kacang navy (kacang polong putih) dan kacang hitam.

Jangan percaya bila ada yang mengatakan makan kacang dapat meningkatkan gas dalam lambung. Faktanya, para peneliti telah membuktikan hanya tiga sampai sebelas persen orang saja yang mengalami hal tersebut.

2. Lidah Buaya

Daging dari tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lidah buaya mengandung zat polisakarida yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi makanan secara maksimal. Selain itu, ia juga efektif untuk meredakan infeksi dan gangguan pada pencernaan.

3. Kiwi

Selain enak dan mudah dimakan, kiwi mengandung banyak vitamin C yang baik untuk organ pencernaan, khususnya lambung. Dalam studi yang diterbitkan American Journal of Gastroenterology pada 2021, orang yang mengonsumsi dua buah kiwi sehari dapat menurunkan risiko sembelit.

4. Jahe

Jahe adalah rempah alami yang sudah digunakan sebagai pengobatan sejak berabad-abad lalu. Ia mempunyai zat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Sebagai saran, gunakan empat gram jahe dan dicampur dengan teh atau air hangat setiap hari. Bila timbul rasa tidak nyaman pada perut, misalnya mulas atau diare, segera hentikan pengonsumsiannya.

5. Kunyit

Menurut makalah ilmiah yang dikeluarkan Drug Design, Development and Therapy pada November 2021, rempah-rempah yang sarat dengan kurkuma, seperti kunyit, memiliki sifat antiinflamasi yang terbukti meringankan kondisi yang dipicu oleh peradangan. Juga penelitian ini menulis, kunyit membantu mengatur mikroorganisme di usus.

6. Minyak Ikan

Minyak ikan tidak hanya bermanfaat bagi jantung, tetapi juga saluran pencernaan karena asam lemak omega 3 dalam minyak ikan mengurangi infeksi dan peradangan. Untuk memulai, coba beralih ke pengonsumsian ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel ke dalam pola makan sehari-hari.

7. Daun Mint

Kandungan aromatik dari pepermin yang bersifat menenangkan dapat membantu meringankan gangguan pencernaan. Tak ayal ia kerap dipakai sebagai pengobatan alami oleh ahli gastroenterologi.

Minyak dari daun mint dapat dimasukkan dalam banyak resep masakan atau teh. Menurut National Center of Complementary and Integrative Health, akan lebih aman bila mengonsumsinya dalam bentuk suplemen berlapis agar terhindar dari rasa mulas.

Selain rekomendasi makanan “ramah” lambung di atas, minum air hangat setiap pagi secara rutin dipercaya efektif meningkatkan kesehatan lambung. Bahkan, air hangat juga dapat meningkatkan metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

Editor: HER

Sumber: detikhealth

Hasil Inter vs Barcelona: Dua Kali Dibantu VAR, Nerazzurri Menang

Barcelona keok di kandang Inter Milan. Foto: Daniele Mascolo/Reuters.

Inter Milan menang dramatis 1-0 atas Barcelona pada matchday ketiga di Grup C Liga Champions di Stadion Giuseppe Meazza, Rabu (5/10/2022) ini hari WIB.

Pada menit ketujuh Inter memberikan ancaman kepada Barcelona lewat tendangan jarak jauh Hakan Calhanoglu. Tetapi tendangan yang mengarah ke dekat mistar gawang bisa ditepis Marc-Andre Ter Stegen.

Perlawanan sengit diberikan Inter. Pada menit ke-20 umpan silang Henrikh Mkhitaryan dari sisi kiri memberikan bahaya bagi Blaugrana. Beruntung Pedri ikut bertahan dan membuang bola dari Mkhitaryan.

Joaquin Correa membobol gawang Barcelona pada menit ke-29. Tetapi gol itu tidak disahkan karena Correa lebih dahulu dalam posisi offside.

Inter akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Hakan Calhanoglu pada menit injury time. Usai mendapat operan Federico Dimarco, Calhanoglu melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Bola tersebut mengarah ke pojok kanan bawah gawang Barcelona. Kiper Ter Stegen coba menepis, tetapi gagal. Inter unggul 1-0 di babak pertama.

Barcelona baru bisa menyamakan skor pada menit ke-67 lewat sontekan Pedri yang memanfaatkan umpan silang Ousmane Dembele dari sisi kanan.

Gol itu mendapat protes dari pemain Inter karena Ansu Fati dinilai handball. Wasit Slavko Vincic coba memastikan insiden itu dengan VAR.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez harus diberikan kartu kuning oleh wasit karena protes yang berlebihan.

Gol balasan Barcelona tersebut harus dianulir setelah VAR memastikan Ansu Fati lebih dahulu menyentuh bola dengan tangan sebelum dieksekusi Pedri.

Barcelona lebih mendominasi penguasaan bola dan memiliki lebih banyak peluang, akan tetapi kesulitan dalam melakukan final pass yang apik.

Peran Robert Lewandowski yang diisolasi lini belakang Inter Milan juga jadi salah satu masalah bagi klub asal Catalunya ini dalam menciptakan peluang gol.

Striker Polandia itu tidak leluasa bergerak. Lewandowski tercatat hanya melepaskan satu tembakan selama 90 menit, yang terjadi menjelang akhir babak pertama.

Pada menit injury time wasit Vincic kembali menggunakan VAR guna mengecek handball yang dilakukan Denzel Dumfries saat membuang bola.

Akan tetapi VAR kembali berpihak kepada Inter, sehingga pertandingan kembali dilanjutkan dengan sepak pojok untuk Barcelona.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Inter menang tipis 1-0 atas Barcelona.

Susunan Pemain Inter vs Barcelona:

Inter: Onana; Skriniar, De Vrij, Bastoni; Darmian, Barella, Calhanoglu, Dimarco; Mkhitaryan, Lautaro Martinez, Correa.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Christensen, Garcia, Alonso; Gavi, Busquets, Pedri; Raphinha, Lewandowski, Dembele.

Editor: HER

Sumber: cnnibdonesia

Kunker ke Kepri, Bappenas Rumuskan Strategi Kelautan, Perikanan dan Pariwisata

Bappenas merumuskan strategi kelautan, perikanan dan pariwisata saat melakukan kunker ke Batam dan Lingga.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyampaikan apresiasi cukup besar kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian ekstra kepada Kepulauan Riau sejauh ini.

Perhatian yang diberikan tidak hanya di bidang pembangunan infrastruktur, namun juga bidang pengembangan kelautan, perikanan hingga pariwisata.

Hal ini disampaikan Gubernur Ansar disela acara welcome dinner bersama kepala Bappenas RI beserta rombongan di Doulos Phos Hotel, Lagoi, Bintan, Selasa (4/10/2022).

“Alhamdulillah kali ini Kepri dikunjungi oleh Kepala Bappenas RI. Tentu saja kehadiran bapak menteri ini membawa berkah dan berdampak baik bagi masyarakat Kepri. Sebagai daerah kepulauan sudah seharusnya pemerintah ikut andil dalam merumuskan strategi kelautan, perikanan dan pariwisata di Kepri. Kita cukup mengapresiasi ini,” kata Ansar.

Untuk wilayah Kepri, rombongan Kepala Bappenas telah berkunjung ke Kota Batam dan Kabupaten Lingga. Kementerian PPN/Bappenas menemui pemerintah daerah dan membahas implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Dalam peninjauan ke Pangkalan Bakamla-Setokok dan Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi memaparkan pentingnya pengembangan hilirisasi industri berbasis komoditas unggulan sesuai arah kebijakan RPJMN 2020-2024 (Wilayah Sumatera).

“Strategi pembangunan kelautan dan perikanan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Riau 2021-2026 adalah optimalisasi potensi kemaritiman, keunggulan wilayah, dan keberlanjutan lingkungan,” kata Sesmen Taufik di Batam.

Tujuan tersebut dilaksanakan dengan empat strategi. Pertama, pengembangan perikanan tangkap dan budidaya. Kedua, pengembangan kawasan strategis industri sektor kelautan dan perikanan, serta akses pasar orientasi ekspor. Ketiga, penguatan kapasitas nelayan terkait penguasaan teknologi perikanan dan kelautan. Keempat, peningkatan tata laksana konsesi tata ruang laut untuk migas dan perkapalan.

Sejumlah tantangan bagi sektor kelautan dan perikanan Kepulauan Riau, di antaranya illegal, unregulated, and unreported fishing, penyelundupan benih lobster, stagnasi pengembangan sektor perikanan, hingga belum optimalnya daya saing produk perikanan.

“Ternyata, tantangan yang dihadapi tidak hanya infrastruktur, SDM, serta kekuatan koperasi. Isu yang tidak kalah penting mengenai batas wilayah karena ada perbedaan interpretasi antara kita dengan negara tetangga. Ini akan membatasi ruang gerak aparat kita pada saat melakukan penanganan,” ungkap Sesmen Taufik.

Di wilayah zona barat, peningkatan peran Bakamla difokuskan untuk memperbaiki kemampuan operasi pengamanan, sistem peringatan dini, serta patroli.

Terkait personel, menyediakan rumah dinas bagi petugas Bakamla, juga personel Pangkalan Armada Keamanan Laut Barat di Pulau Setokok, juga menjadi perhatian khusus, dengan kebutuhan alokasi dana senilai Rp570,6 miliar untuk pembangunan Pangkalan Setokok Batam seluas 17 hektare yang akan dimulai pada 2023.

Selain itu, mengingat operasi keamanan laut masih menggunakan dermaga umum, akan dibangun dermaga khusus untuk mendorong peningkatan kinerja.

Di 2022, PSDKP Batam berhasil menangkap lima belas kapal ikan, dua di antaranya merupakan kapal asing dari Vietnam. Teranyar, operasi penggagalan benih bening lobster berhasil dilaksanakan pada 28 Agustus 2022.

“Kunjungan kerja Kementerian PPN/Bappenas sekaligus untuk memahami dinamika dan fakta lapangan, permasalahan yang ada, dan memahami usulan-usulan yang disampaikan daerah, dalam hal ini untuk mewujudkan transformasi ekonomi Indonesia yang banyak sekali komponen-komponennya,” tutur Sesmen Taufik.

Terkait transformasi ekonomi, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengunjungi Kabupaten Lingga dengan karakteristik perekonomian berbasis sumber daya alam yang rentan mengalami pertumbuhan ekonomi fluktuatif.

“Kita jawab bersama-sama, bagaimana (pertumbuhan ekonomi) Kabupaten Lingga suatu saat bisa tumbuh di atas rata-rata nasional. Kita harus hadir bersama-sama, menciptakan sumber-sumber ekonomi baru yang bisa meningkatkan nilai tambah dari aktivitas perekonomian yang ada,” ungkap Deputi Amalia.

Salah satu kontributor potensial adalah sektor pariwisata berbasis sejarah, budaya, dan ziarah yang akan menjadi jangkar untuk keterkaitan backward linkage dan forward linkage, mengangkat sektor-sektor lain di Kabupaten Lingga.

Editor: HER

Sekjen PDIP Dijadwalkan Datang ke Batam Sabtu Mendatang

Ketua DPD Partai PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo melaporkan salah satu staf khusus gubernur ke polisi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto dijadwalkan datang ke Batam, Kepulauan Riau pada, Sabtu (8/10/2022) mendatang.

Hal ini dibenarkan Sekretaris DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah yang menyebutkan bahwa kedatangan Hasto akan membuka kegiatanRapat Kerja Daerah (Rakerda).

“Sabtu mendatang di Batam kami agendakan Rakerda. Disana akan dibuka langsung oleh pak Sekjen,” paparnya, Selasa (4/10/2022).

Walau demikian, pihaknya juga menegaskan bahwa kedatangan Hasto tidak terkait dengan laporan pelanggaran Undang-Undang ITE, yang sebelumnya dilakukan oleh Ketua DPD PDIP, Soerya Respationo, Jumat (30/9/2022) lalu.

Untuk diketahui, Ketua DPD PDIP Kepri melaporkan salah satu Staf Khusus (Stafsus) Gubernur Kepri, Sarafuddin Aluan yang dianggap melakukan penyebaran berita bohong dan pencemaran nama baik.

Penyebaran berita ini diketahui dilakukan di dua platform media sosial, yaitu melalui grup WhatsApp dan juga akun Facebook pribadinya.

“Kedatangan pak Sekjen tidak ada kaitannya dengan laporan yang kami buat kemarin,” ungkapnya.

Lis juga menegaskan, hingga saat ini terlapor belum menunjukkan itikad baik dengan meminta maaf langsung kepada partai PDI Perjuangan.

Walau pada kesempatan yang sama, Lis menjelaskan bahwa terlapor hanya meminta maaf kepada media.

“Kalau meminta maaf langsung atau mencoba menghubungi pak Ketua, Alhamdulillah hingga saat ini belum ada. Yang kami tahu, beliau meminta maafnya ke media. Namun itu kan hak dia,” tuturnya.

Editor: WIL

Ramalan Zodiak 4 Oktober: Aries Kebutuhan Meningkat, Gemini Jangan Menyerah

Ilustrasi ramalan zodiak. (Thinkstock)

Ramalan zodiak Pisces berusahalah untuk tetap berpegang teguh pada anggaran yang telah Anda susun sendiri. Bagaimana dengan ramalan zodiak anda hari ini:

Ramalan zodiak Aries:

Peruntungan: Semuanya akan berjalan sesuai harapan jika ada sedikit perasaan kecewa di hati tetap tak akan mengurangi rasa optimis di dalam pikiran Anda dalam melihat berbagai kesempatan yang terhampar di depan untuk saat ini.

Keuangan: Kebutuhan meningkat akan tetapi pemasukan masih bisa mengcover semua itu.

Asmara: Terbenam dengan kesibukan yang serius sehingga keberadaan dirinya seakan tak dihiraukan dan dipedulikan lagi seperti biasanya, coba introspeksi diri sebelum segalanya terlambat untuk Anda lakukan perbaikan untuk bisa lebih baik lagi ke depannya nanti.

Jam Baik: 15.00-16.00.

Ramalan zodiak Gemini:

Peruntungan: Berusahalah untuk cuek dengan semua sikap dan perilaku mereka, tak perlu tersinggung jika ingin meraih kesuksesan yang lebih besar dibanding hari-hari kemarin. Pertahankan motivasi Anda agar peluang yang datang tidak berubah menjadi masalah.

Keuangan: Perjalanan akhir-akhir ini memang terasa berat meski begitu jangan pernah menyerah.

Asmara: Tersenyum lah dan tatap lah masa depan dengan pandangan penuh optimis karena tak selamanya mendung itu kelabu, selalulah merenung introspeksi diri untuk mengevaluasi sikap dan perilaku Anda selama ini kepadanya apakah sudah benar dan sudah membahagiakan dirinya?

Jam Baik: 18.00-19.00.

Ramalan zodiak Pisces:

Peruntungan: Jadikan pengalaman pahit untuk membangun kerajaan yang diidam-idamkan. Teruslah berjalan dengan visi dan misi yang jelas dan tak perlu berubah-ubah meskipun tak sedikit yang berusaha membuat Anda tidak bisa fokus.

Keuangan: Berusahalah untuk tetap berpegang teguh pada anggaran yang telah Anda susun sendiri.

Asmara: Dia bukan milik Anda seluruhnya bagaimanapun Si Dia memiliki keluarga besar dan teman serta handai taulan yang mencintai dan sayang pada dirinya sehingga jangan seenaknya bersikap kepada dirinya karena sakit yang Dia rasakan akan juga dirasakan oleh mereka yang peduli dan menyayanginya.

Jam Baik: 17.00-18.00.

Editor: HER

Sumber: detiklifestyle

Tanda Pembekuan Darah di Otak yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi. Tanda pembekuan darah di otak atau stroke ini perlu dikenali sebab risikonya fatal. (Foto: iStockphoto/Pornpak Khunatorn)

Pembekuan darah atau terbentuknya gumpalan darah di otak adalah kondisi yang merujuk pada penyakit stroke. Pembekuan darah di otak dapat terjadi apabila terdapat sumbatan darah yang tidak mengalir lancar ke otak.

Tanda-tanda pembekuan darah di otak atau stroke ini perlu diketahui. Sebab, dalam beberapa kasus sangat berbahaya dan risikonya cukup fatal apabila tidak segera ditangani.

Pasalnya, jika bekuan darah itu pecah lalu mengalir ke pembuluh darah dan masuk ke jantung hingga paru-paru, kondisi ini dapat menyumbat aliran darah dalam tubuh.

 

Penyebab Pembekuan Darah di Otak

Seperti dikutip dari Webmd, penyebab pembekuan darah di otak bisa dipengaruhi oleh banyak faktor.

  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita pembekuan darah atau kondisi penyakit tertentu. Misalnya faktor V Leiden, sindrom antifosfolipid atau polisitemia vera
  • Mengalami trauma pada otak karena efek cedera atau luka parah
  • Aterosklerosis yaitu penyempitan atau pergeseran arteri karena penumpukan plak
  • Peradangan vena superfisial
  • Bed rest dalam waktu cukup lama
  • Baru selesai menjalani operasi pada bagian otak
  • Sedang hamil
  • Kebiasaan merokok
  • Kurang aktif bergerak
  • Kegemukan atau obesitas
  • Terlalu sering duduk
  • Terlalu sering terpapar asap rokok
  • Minum pil KB atau menjalani terapi hormon
  • Aliran darah dalam tubuh tidak berjalan lancar
  • Menderita penyakit kanker
  • Atau pengaruh dari mengonsumsi obat-obatan tertentu.

 

Tanda Pembekuan Darah di Otak

Ilustrasi. Tanda pembekuan darah di otak atau stroke yang perlu diwaspadai (Foto: iStockphoto/Pornpak Khunatorn)

Berikut beberapa tanda pembekuan darah di otak yang perlu diwaspadai. Melansir dari laman CDC, penderitanya akan mengalami gejala atau tanda seperti berikut.

1. Penglihatan jadi kabur

Penglihatan menjadi kabur, berbayang, atau justru gelap adalah salah satu pertanda awal terjadi stroke atau pembekuan darah di otak. Gangguan penglihatan ini bisa dirasakan pada salah satu maupun kedua mata sekaligus.

Menurunnya penglihatan bisa berlangsung sementara ataupun permanen, bergantung keparahan yang terjadi.

2. Kesulitan berbicara

Sulit berbicara adalah tanda lain yang menunjukkan stroke atau pembekuan darah di otak. Sebab terdapat kerusakan di bagian otak yang memproses bahasa dan komunikasi.

Penderitanya akan kesulitan untuk berkomunikasi bahkan meski berhasil sekalipun, kata-kata yang keluar akan sulit dipahami.

3. Sakit kepala

Sakit kepala tanpa sebab yang jelas juga perlu diwaspadai, apalagi jika sakit kepala disertai dengan gejala lain, seperti merasa pusing, ingin muntah, hingga kejang.

Sakit kepala yang disebabkan oleh pembekuan darah di otak sering kali terjadi tiba-tiba, sangat berat, dan terasa intens.

4. Mati rasa

Tanda lainnya adalah mati rasa atau kelumpuhan pada tubuh tertentu, seperti lengan, wajah, dan kaki, terutama di satu sisi tubuh.

Penderitanya juga mungkin mengalami kelumpuhan parsial, sehingga masih mampu berjalan atau bergerak selama stroke terjadi. Namun ketika otak berhenti berfungsi, penderitanya mungkin akan kehilangan keseimbangan dan kemampuan koordinasi tubuh.

 

5. Kebingungan dan disorientasi

Stroke juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kebingungan mendadak. Misalnya, jika Anda sedang melakukan aktivitas seperti biasa dan tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, berpikir, atau memahami ucapan.

Selain pertanda di atas, ada pula gejala lain yang perlu diketahui, seperti kurang responsif, kejang, sulit berjalan dan hilang keseimbangan, mual muntah, dan kesulitan menelan air minum atau makan.

Untuk memastikan bahwa seseorang mengalami pembekuan darah di otak atau tidak, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk pemeriksaan pencitraan, seperti CT scan atau MRI supaya hasilnya lebih akurat.

Cara Mencegah Pembekuan Darah di Otak

Pembekuan darah di otak dapat membahayakan nyawa terutama jika tidak segera ditangani. Sebab kondisi tersebut bisa meningkatkan gangguan sistem peredaran darah, saraf, hingga sistem pernapasan.

Agar terhindar dari penyakit ini, dapat melakukan pencegahan sederhana, seperti berikut:

  • Menjalani aktivitas fisik secara teratur, seperti rajin berolahraga atau berjalan kaki.
  • Jangan merokok atau banyak mengonsumsi alkohol.
  • Konsumsi makanan sehat dan pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi.
  • Menjaga berat badan yang sehat dan ideal.
  • Mengontrol tekanan dan gula darah supaya terhindar dari penyakit hipertensi dan diabetes
  • Pastikan Anda selalu skrining kanker.

Demikian tanda pembekuan darah di otak. Apabila terjadi pertanda tersebut sebaiknya jangan dianggap sepele. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat penanganan cepat dan tepat.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia