blog

Status Tersangka Veronica Koman Disebut Ancaman Pembela HAM

 

Jakarta, POJOKBATAM.ID – Solidaritas Pembela Hak Asasi Manusia menyatakan penetapan tersangka terhadap aktivis PapuaVeronica Koman adalah bentuk ancaman kepada pembela HAM.

Polda Jawa Timur menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka karena diduga aktif menyebar provokasi melalui akun Twitter @VeronicaKoman ihwal pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

“Kami menyatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Veronica Koman itu salah satu bentuk ancaman ke pembela hak asasi manusia yang mengabdikan dirinya pada hak asasi manusia,” kata perwakilan Solidaritas Pembela HAM Tigor Hutapea di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (9/9).

Solidaritas Pembela HAM terdiri dari LBH Pers, LBH Jakarta, KontraS Surabaya, dan sejumlah LSM lain. Hari ini mereka melakukan audiensi dengan Komnas HAM yang diwakili Komisioner Choirul Anam dan Hariansyah.

Tigor mengatakan yang dilakukan Veronica semata melaksanakan tugas sebagai advokat. Veronica disebutnya sudah menjadi pengacara bagi para mahasiswa asrama Papua di Surabaya.

“Bahkan di UU Advokat sendiri pasal 16, advokat itu tidak bisa dituntut perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas-tugasnya, itu sudah diperkuat Keputusan MK Nomor 88 Tahun 2012 bahwa di luar persidangan advokat tidak dapat diputuskan perdata dan pidana,” kata Tigor.

Lebih lanjut, Tigor menyatakan tidak ada berita bohong atau provokasi dalam semua unggahan Veronica. Dia mengklaim yang diunggah oleh Veronica sudah terkonfirmasi oleh para penghuni asrama Papua di Surabaya.

“Berdasarkan keterangan dari teman-teman juga, bahwa yang dijadikan tersangka itu adalah informasi yang ada di twitternya Veronica. Berdasarkan keterangan teman-teman, informasi yang disampaikan Veronica di twitternya itu adalah suatu fakta kejadian. Informasi yang benar-benar terjadi,” katanya.

Polda Jatim telah bersuara terhadap kritik yang muncul terkait penetapan tersangka Veronica. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut penetapan tersangka dilakukan karena Veronica memang diduga telah melanggar hukum.

“Ini proses hukum ya, ada dia (Veronica) melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” kata Luki di Mapolda Jatim, Sabtu (7/9).

Luki tak mau tindakan Veronica melalui akun Twitter-nya dikait-kaitkan dengan profesinya sebagai kuasa hukum. Menurutnya, Veronica harus bertanggung jawab atas apa yang diperbuat.

“Jadi apapun dia harus bertanggung jawab. Jangan dikait-kaitkan dengan apa yang selama ini, dengan posisi pekerjaannya dan yang lain,” ujar Luki.

Sementara itu Komisioner Komnas HAM Chairul Anam mengingatkan pemerintah akan melanggar hukum bila mencabut paspor Veronica Koman saat proses hukum masih berjalan.

Menurut Choirul Anam pencabutan paspor bisa dilakukan bilamana kasusnya telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap. Saat ini status Veronica masih tersangka dan belum berkekuatan hukum tetap.

“Kalau yang disebut pencabutan itu pelanggaran hukum karena pencabutan hanya bisa dilakukan setelah ada putusan pidana inkrah,” kata Anam.

Sebelumnya, Polda Jatim menyatakan telah mengajukan upaya pencekalan terhadap tersangka provokasi insiden Asrama Mahasiswa Papua, Veronica Koman, kepada Ditjen Imigrasi.

Pengajuan pencekalan tersebut juga diikuti dengan permintaan pencabutan paspor milik pengacara hak asasi manusia tersebut. Sebab menurut polisi, Veronica kini tengah berada di luar negeri.

“Kami sudah membuat surat ke Ditjen Imigrasi untuk bantuan pencekalan dan pencabutan paspor tersangka atas nama Veronica Koman Liau,” kata Kapolda Jatim, Sabtu (7/9).

(sah/wis)

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia

Dunia Sedang Uji Coba Vaksin COVID-19 Tahap 3, Siapa Terdepan?

Setelah para peneliti di Cina mempublikasikan urutan genom virus corona pada 21 Januari lalu, para ilmuwan di seluruh dunia mulai mengerjakan vaksin. Kandidat vaksin pertama memulai uji coba terhadap manusia pada 16 Maret 2020.

Kandidat vaksin pertama itu sekarang bergabung dengan 200 kandidat vaksin lainnya yang dipantau Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sebanyak 44 kandidat vaksin di antaranya telah memasuki tahap uji coba pada manusia.

Pembuatan vaksin biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pengujian, produksi, dan pendistribusian. Vaksin tercepat yang pernah diedarkan secara luas setelah uji klinis adalah vaksin untuk penyakit gondok. Itu pun memakan waktu empat tahun pada 1960-an.

Ilmuwan yang mengerjakan vaksin virus corona berharap dapat menyelesaikannya dalam waktu 12 hingga 18 bulan. WHO berharap dapat meluncurkan dua miliar dosis vaksin pada akhir tahun 2021.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada vaksin virus corona yang disetujui untuk penggunaan umum secara internasional. Tetapi beberapa kandidat vaksin telah mencapai tahap akhir pengujian.

Pengujian vaksin didasarkan pada beberapa pendekatan yang berbeda, termasuk aktif, tidak aktif (vaksin mati), DNA, berbasis RNA / mRNA, vektor virus dan subunit protein. Ada tiga fase uji klinis yang harus dilalui, sebelum vaksin dikirim ke pihak berwenang untuk disetujui.

Siapa saja yang terdepan?

CoronaVac: Bioteknologi Sinovac

CoronaVac, yang dikembangkan oleh perusahaan Cina Sinovac Biotech, adalah salah satu jenis vaksin tidak aktif yang terdepan. Vaksin tidak aktif adalah vaksin yang diinaktivasi, dibuat dari mikroorganisme (virus, bakteri dan lain-lain) yang telah dimatikan dengan proses menggunakan bahan kimia tertentu atau secara fisik.

Hasil studi dari uji coba vaksin Tahap 3 yang saat ini sedang dilakukan dengan puluhan ribu relawan di Brasil, Turki, dan Indonesia, diharapkan tersedia pada November. Meskipun uji klinis masih berlangsung, CoronaVac telah disetujui untuk penggunaan darurat di Cina pada akhir Agustus 2020, sebagai bagian dari program untuk memvaksinasi kelompok berisiko tinggi, seperti pekerja medis.

Hasil awal dari penelitian pada monyet macaque menunjukkan bahwa vaksin tersebut menghasilkan antibodi yang menetralkan 10 strain SARS-CoV-2. Hasil pracetak dari percobaan terhadap manusia Tahap 2 menunjukkan bahwa vaksin menghasilkan antibodi tanpa menunjukkan reaksi merugikan yang parah.

BNT162b2: Pfizer & BioNTech

BNT162b2 adalah vaksin messenger RNA (mRNA) dari duo pengembang vaksin Amerika-Jerman, Pfizer dan BioNTech. Vaksin ini sedang dalam uji coba fase tiga dan diuji kepada 44.000 relawan di berbagai wilayah di seluruh dunia dengan tingkat penularan virus corona yang tinggi.

Pengujian sebelumnya pada dua fase pertama menunjukkan vaksin menghasilkan antibodi dan respons sel-T yang spesifik untuk protein SARS-CoV-2. Pengembang mengatakan mereka dapat mengetahui pada akhir Oktober apakah vaksin itu berfungsi atau tidak dan apakah memiliki cukup data untuk menentukan keamanannya pada akhir November.

Selama ini, belum ada vaksin mRNA yang pernah disetujui untuk penyakit menular. Tetapi pihak yang menganjurkan mengatakan vaksin itu bisa lebih mudah diproduksi daripada vaksin tradisional.

mRNA-1273: Moderna

Vaksin mRNA lain yang sedang dikerjakan adalah mRNA-1273 dari Moderna yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Tahap uji klinis vaksin ini telah memasuki fase ketiga dengan diuji coba pada 30.000 relawan pada akhir Juli. Hasil awal dari Tahap 1 menunjukkan baik relawan berusia muda dan tua, menghasilkan antibodi virus corona dan reaksi dari sel-T.

Setengah dari total relawan telah menerima vaksin, sedangkan setengah lainnya mendapatkan plasebo. Pengembang akan dapat melakukan analisis pertama, ketika 53 orang di seluruh kelompok relawan mengalami gejala COVID19. Kemanjuran vaksin bergantung pada apakah jumlah orang yang divaksinasi secara signifikan mengalami gejala lebih sedikit daripada yang tidak divaksinasi di antara 53 kasus.

Ada vaksin yang dihentikan sementara?

ChAdOx1 nCoV-19: AstraZeneca & Universitas Oxford

Dua dari kandidat vaksin yang paling disenangi, yakni dari AstraZeneca dan Johnson & Johnson, telah dihentikan sementara karena relawan mengalami reaksi misterius yang belum dapat dijelaskan.

ChAdOx1 nCoV-19 adalah vaksin vektor virus yang diuji coba Tahap 3, dan ditargetkan bisa diuji coba kepada 50.000 relawan. Hasil awal dari dua fase klinis pertama menunjukkan vaksin memicu respons imun yang kuat, menghasilkan antibodi dan respons sel-T pada relawan. Namun, penelitian ini ditunda karena salah satu relawan Inggris mengalami penyakit yang belum dapat dijelaskan.

Ad26.COV2-S: Johnson & Johnson

Johnson & Johnson yang memproduksi vaksin adenovector, merekrut sekitar 60.000 relawan di berbagai negara. Namun, pada 12 Oktober, pengujian harus dihentikan sementara karena relawan mengalami penyakit yang tidak dapat dijelaskan. Pengembang kini sedang menyelidikinya dan memerlukan tinjauan keamanan independen. Tidak jarang uji klinis mengalami jeda atau penghentian sementara.

Hasil uji coba pada hewan menunjukkan vaksin tersebut menghasilkan antibodi “penetral yang kuat” pada kera, dan memberikan “perlindungan lengkap atau hampir lengkap” setelah satu dosis.

Sputnik V: Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gameleya

Vaksin Sputnik V Rusia yang berdasarkan dua vektor adenovirus, juga menarik perhatian luas, setelah pemerintah Rusia menyetujuinya untuk penggunaan umum pada 11 Agustus 2020, tanpa menyelesaikan uji coba Tahap 3. Hasil dari dua percobaan pertama menunjukkan respons kekebalan yang kuat di antara 76 peserta.

Pengujian vaksin tidak berakhir pada Tahap 3

Para ahli memperingatkan masih butuh waktu yang lama untuk mendapatkan vaksin yang aman dan efektif, meski kecepatan kemajuan vaksin virus corona ini tak tertandingi dalam sejarah vaksinasi manusia.

Meskipun uji klinis dapat menunjukkan bahwa vaksin aman dan efektif terhadap puluhan ribu dan bahkan ratusan ribu orang, uji coba ini tidak serta merta merangkum setiap kemungkinan efek samping yang dapat terjadi di antara orang-orang tertentu atau setelah jangka waktu yang lama.

Itulah mengapa, bahkan setelah vaksin diluncurkan, penting untuk memantau keamanan dan kemanjuran vaksin, kata Naor Bar Zeev, wakil direktur Pusat Akses Vaksin Internasional di Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg di AS.

“Tidak pernah ada kepastian,” kata Bar Zeev kepada DW. Pemantauan yang sedang berlangsung ini kadang-kadang disebut sebagai ‘Fase 4’ dalam uji klinis – dan bisa memakan waktu bertahun-tahun.

“Saya pikir harapan publik adalah bahwa begitu vaksin tersedia, kita akan kembali ke keadaan semula – kita berhenti memakai masker, kita berhenti menjaga jarak. Tapi itu adalah pemahaman yang salah tentang apa yang vaksin dapat lakukan – setidaknya pada tahap awal,” kata Bar Zeev. Ia menekankan bahwa pengiriman dan evaluasi berkelanjutan dari distribusi vaksin secara luas adalah proses yang panjang.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews

Corona Batam, Ledakan 98 Kasus Positif, Total Kasus 2.390

Ilustrasi corona.

Kasus penyebaran virus corona tampaknya masih panjang di Batam. Ini terlihat dari perkembangan hari ke hari yang terdampak virus mematikan tersebut. Sampai dengan  Kamis (22/10) kemarin terdapat penambahan yang cukup siginifikan.

Grafiknya melonjak drastis dan tercatat ada 98 kasus baru yang mendekati tiga digit pertambahan kasus secara harian.

Lonjakan kasus ini terhitung 4 kali lipat lebih dibandingkan sehari sebelumnya, yang mencatatkan 21 kasus.

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merinci 98 kasus baru ini terdiri dari 32 kasus konfirmasi bergejala, 36 kasus tanpa gejala dan 27 kasus konfirmasi kontak.

Jelang akhir pekan III Oktober 2020, terdapat 390 kasus baru. Angka ini meningkat dibandingkan pekan II Oktober sebanyak 222 kasus.

Persebaran kasus Corona tertinggi di Batam secara akumulatif masih dipegang Kecamatan Batam Kota dengan 575 kasus, disusul Sei Beduk 393 kasus dan Sekupang 352 kasus.

Zona merah Corona juga masih mengepung Pulau Batam dan hanya menyisakan Kecamatan Batuampar yang berstatus zona oranye.

Sedangkan zona kuning tersemat di Kecamatan Belakangpadang dan zona hijau tetap disandang Kecamatan Bulang dan Galang.

Secara akumulatif, hingga Jumat (23/10) terdapat 2.390 kasus Corona di Batam. Terdiri dari 476 orang sedang dirawat, 1.849 orang dinyatakan sembuh dan meninggal dunia 65 orang.

 

 

Editor : Aron

Sumber : batamnews

Donald Trump: Saya Mencalonkan Diri karena Kamu, Joe Biden

Presiden AS Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dalam debat kampanye presiden 2020. Foto: Jim Bourg/Reuters
Donald Trump (74) menyatakan, alasan satu-satunya dirinya mencalonkan diri jadi capres AS adalah Joe Biden (77).
Sembari menatap Biden, Trump mengatakan selama delapan tahun pasangan Barack Obama dan Joe Biden memerintah AS, sudah melakukan berbagai hal buruk.
“Joe, saya mencalonkan diri karena kamu, karena Barack Obama,” kata Trump dalam debat capres AS yang digelar Kamis (22/10) malam waktu AS atau Jumat pagi WIB.
Donald Trump: Saya Mencalonkan Diri karena Kamu, Joe Biden (1)
Presiden AS Donald Trump dan calon presiden saat debat kampanye presiden 2020. Foto: Jonathan Ernst/Reuters
“Kalian melakukan pekerjaan buruk, kalau kamu kerja bagus saya tak mau mencalonkan diri,” sambung dia.
Trump memberi contoh selama sewindu Obama memerintah, tidak ada tindakan berarti terkait rencana reformasi kebijakan soal UU rasial dan peradilan pidana.
“Kenapa kamu tidak melakukan itu empat tahun lalu? Kamu itu wapres,” kata Trump.
“Kamu bicara ini itu soal apa yang sudah kamu lakukan. Tapi itu waktu yang lampau dan di saat itu kamu tak berbuat apa-apa,” sambung Trump dengan nada tegas.
Editor : Parna
Sumber : kumparan

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari

Ilustrasi menu sarapan Foto: dok.shutterstock
Roti dengan berbagai bentuk penyajiannya, telah menjadi makanan favorit banyak orang. Misalnya saja roti isi telur, ham, sayuran, ditambah lelehan keju cocok untuk makan siang. Sedangkan, roti dengan olesan cokelat ditambah potongan buah atau taburan kacang, bisa menjadi hidangan dessert.
Dilansir Eat This, The Dietary Guidelines for Americans dan the Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan orang Amerika untuk mengonsumsi roti gandum. Jenis roti gandum utuh mengandung serat alami dan nutrisi penting; seperti zat besi, seng, serta vitamin B.
Di samping kreasi dan jenis roti yang beragam, makanan yang kerap menjadi pilihan menu sarapan ini juga memiliki ‘reputasi’ buruk, terutama terkait kandungan karbohidrat dan glutennya.
Padahal, dampak makan roti tergantung dari jenis yang kamu pilih dan berapa banyak porsinya. Makan roti secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan, lho. Maka itu, yuk ketahui lebih lanjut soal 5 hal yang akan terjadi bila kamu makan roti setiap hari.

1. Roti putih meningkatkan gula darah

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari (1)
com-Alat cek gula darah. Foto: Shutterstock
Roti putih sangat tidak dianjurkan bagi kamu yang sedang mengontrol gula darah harian. Karbohidrat sederhana dalam roti putih lebih cepat diserap dalam aliran darah; ketimbang karbohidrat kompleks pada roti gandum. Bila hal ini terjadi bisa menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat.
Menurut Harvard Health, lonjakan gula darah secara cepat akibat mengonsumsi makanan tinggi glisemik, dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan.

2. Menambah berat badan

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari (2)
Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Karbohidrat sederhana, dalam roti putih, tidak akan membuat kamu cepat kenyang. Jadi, secara sadar atau tidak kamu justru akan menambah beberapa potong roti karena kurang kenyang. Jika dibiasakan, maka akan menyebabkan penambahan berat badan.
Tetapi penting untuk diingat, bahwa mengonsumsi satu jenis makanan bukan penyebab utama kenaikan berat badan. “Penambahan berat badan tidak hanya dihasilkan dari makan roti putih. Sebaliknya, kenaikan berat badan adalah hasil dari makan kalori lebih banyak daripada yang digunakan tubuh kita untuk energi,” kata ahli diet Kris Sollid, RDN, Direktur Senior Komunikasi Nutrisi di International Food Information Council (IFIC).

3. Membahayakan mikrobioma usus

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari (3)
com-Roti Gandum Foto: Shuttertsock
Ketika kamu mengonsumsi roti putih secara rutin dan tidak makan biji-bijian lain, pola makan tersebut dapat menimbulkan masalah di usus.
Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang rendah biji-bijian —dalam hal ini memilih roti putih ketimbang roti gandum— erat kaitannya dengan ketidakseimbangan dalam mikrobioma. Ketidakseimbangan tersebut dapat menyebabkan iritasi usus besar dan penyakit radang usus.
Sedangkan, penelitian lain menemukan bahwa roti gandum, yang kaya serat prebiotik, memiliki efek positif pada bakteri usus. Melihat hal ini, ada baiknya kamu mengganti asupan diet dari roti putih menjadi roti gandum.

4. Menambahkan vitamin dan mineral ke dalam makanan

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari (4)
Ilustrasi memotong roti Foto: dok.shutterstock
Roti putih tidak selamanya menjadi pilihan yang buruk. Walaupun proses mengolahnya menghilangkan nutrisi alami gandum, sebagian besar produsen dapat ‘memperkaya’ nutrisi dalam roti. Beberapa produsen bahkan menambahkan mikronutrien ekstra, seperti asam folat dan zat besi — keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan.
Makanan kaya zat besi dapat menjaga laju oksigen ke jaringan dan organ, serta melindungi dari anemia. Asam folat penting untuk perempuan hamil, karena mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.
“Ini adalah alasan utama bahwa pada tahun 1998, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mewajibkan asam folat ditambahkan ke produk biji-bijian yang diperkaya seperti roti, pasta, nasi, dan sereal,” ungkap Kris.

5. Sumber karbohidrat

5 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu Bila Makan Roti Setiap Hari (5)
Sumber karbohidrat. Foto: thinkstock
Karbohidrat adalah sumber energi tubuh, penyedia bahan bakar. Otak manusia juga bekerja dari glukosa, bentuk karbohidrat yang paling sederhana. Mengonsumsi roti putih maupun gandum, dapat memberi energi dan membantu aktivitas sehari-hari.
“Meskipun roti tawar putih tidak menawarkan 100 persen nutrisi yang sama dengan roti gandum, itu (roti putih) masih bisa menjadi bagian dari makanan yang sehat,” tutup Kris.
Editor : Parna
Sumber : kumparan

Imbas Dahsyat Corona, Matahari Rugi Rp 617 M dan Tutup 7 Toko

Pandemi COVID-19 berimbas pada berbagai sektor usaha termasuk ritel seperti PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). Gegara pandemi ini, Matahari sampai harus menutup 7 gerainya dan menanggung kerugian bersih Rp 617 miliar dari Januari- September 2020.

“Pandemi COVID-19 mempercepat penutupan gerai-gerai yang berkinerja kurang baik, sejalan dengan upaya Matahari dalam merestrukturisasi bisnis. Sepanjang tahun ini, tujuh gerai format besar dan seluruh gerai khusus ditutup,” ujar CEO dan Wakil Presiden Direktur Matahari mengatakan dalam rilis resminya di Keterbukaan Informasi BEI, Jumat (23/10).

Sehingga saat ini, Matahari hanya mengoperasikan 153 gerai di 76 kota di seluruh Indonesia. Rencananya, emiten berkode saham LPPF ini bakal menutup 3 gerai lainnya hingga akhir tahun.

Lantaran, pendapatan perusahaan tersebut sepanjang tahun ini semakin terjun bebas. Emiten ini hanya mampu melaporkan penjualan kotor sebesar Rp 5,9 triliun alias anjlok sebanyak 57,6% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pendapatan bersihnya pun demikian merosot 57,5% menjadi Rp 3,3 triliun dibanding periode yang sama tahun lalu.

Matahari Department Store mengaku sudah mulai pulih secara stabil pada Juli, Agustus, dan hingga pertengahan September lalu. Namun, ketika pada tanggal 14 September, PSBB diimplementasikan kembali di Jakarta dan adanya pembatasan operasional di lokasi lainnya, menyebabkan perseroan menutup beberapa gerainya untuk sementara, sehingga memperlambat kinerja emiten pada kuartal tersebut.

Untuk mengurangi dampak pandemi, perseroan mengklaim telah mengupayakan berbagai pengetatan biaya, termasuk negosiasi untuk memperoleh keringanan sewa yang menghasilkan penurunan beban operasional sebesar 26,2% pada kuartal ketiga dan 29,3% pada periode Januari-September 2020.

“Kami telah melunasi fasilitas kredit tambahan yang diperoleh di bulan Mei tahun ini. Kami melakukan kontrol yang ketat atas pengeluaran kami dan pembekuan belanja modal kami masih berlaku selain terkait dua toko yang dibuka pada kuartal ini,” sambungnya.

Perlahan perseroan juga telah memulihkan kembali kebijakan pemotongan gaji terhadap para karyawannya. Matahari Department Store menargetkan, gaji karyawannya bakal balik utuh sepenuhnya pada Kuartal IV-2020 mendatang.

Kaca Belakang Bisa Copot Kayak Mobil Murah, Ferrari 812 Direcall

Recal Ferrari 812 Superfast karena kaca belakang bisa copot. Foto: Ferrari.com

Penarikan unit mobil dari pemilik oleh pabrikan memang sering dilakukan, tak terkecuali mobil sport. Namun, tak disangka-sangka masalah mobil sport malah membuat kesan mobil tidak dibuat dengan sungguh-sungguh. Termasuk produsen sekelas Ferrari sekalipun.

 

Seperti halnya penarikan 1.063 unit Ferrari 812 keluaran tahun 2018-2020. Masalah Ferrari 812 ini adalah kaca belakangnya bisa copot. Masalahnya diyakini ada pada bagian yang membuat daya rekat pemasangan kaca lebih cepat habis.

 

Masalah ini pertama kali ditemukan di Jerman pada 11 Mei 2020 dan disusul dengan dua laporan lain pada 21 Mei. Ferrari mulai menyelidiki masalah tersebut, dan menemukan penyebab masalah tersebut terjadi kesalahan dalam proses produksi supplier, di mana area bonding kaca tidak dibersihkan pada bodywork. Komite Produk Ferrari bertemu pada 30 September 2020, dan memutuskan bahwa penarikan perlu dilakukan.

Ferrari akan mengganti jendela belakang pada kendaraan yang terkena dampak. Pemilik dan dealer akan menerima pemberitahuan tentang kampanye perbaikan pada 6 Desember 2020 nanti.

 

Ferrari memperkenalkan 812 Superfast di Geneva Motor Show 2017 sebagai pengganti F12tdf. Di bawah kap mobil ini ada mesin V12 6,5 liter yang memompa 789 tenaga kuda pada rpm 8.500 dan torsi 718 Nm pada 7.000 rpm. Ini cukup untuk membuatnya bisa mencapai 100 kpj dalam waktu 2,9 detik saja, sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 340 kpj.

 

Agar lebih gesit, 812 Superfast menggunakan sistem Ferrari Virtual Short Wheelbase 2.0 dengan kemudi roda belakang. Ini memiliki power steering listrik di bagian depan. Kemampuan mobil ini juga didukung sistem injeksi langsung 350 bar, dan sistem kontrol untuk saluran masuk geometri variabel, dikembangkan dengan teknologi mesin F1. Sistem ini memungkinkan peningkatan perpindahan dari 6,2 menjadi 6,5 liter untuk memaksimalkan output daya sambil mempertahankan kecepatan yang sangat baik bahkan pada putaran rendah.

Pada 2019, Ferrari memperluas variannya dengan memperkenalkan Ferrari 812 GTS. Varian baru ini hadir dengan atap terbuka bagi mereka yang suka mobil dengan atap seperti itu.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detikoto

Bikin Tercengang, Ini 5 Kelakuan Nyeleneh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn
Negara Thailand tengah melakukan demonstrasi selama lebih dari tiga bulan lamanya. Demo ini dilakukan untuk mendesak Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mundur dari jabatannya dan meminta pembatasan kekuasaan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn.
Seperti yang diketahui, Raja Vajiralongkorn menjabat sejak 2016 lalu untuk menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang telah meninggal dunia. Namun sayangnya, di bawah kepemimpinan Raja Vajiralongkorn, rakyat Thailand justru merasa tersiksa karena seluruh akses dibatasi.
Mereka bahkan ‘dibungkam’ dan tak boleh menyampaikan aspirasinya, terlebih lagi mereka sama sekali tak boleh mengkritik pemerintahan. Karena, barangsiapa yang berani menentang raja, ratu, atau keturunan keluarga kerajaan Thailand (bahkan termasuk pula hewan peliharaannya), dapat dipenjara hingga 15 tahun lamanya.
Padahal sebelum menjadi raja, Maha Vajiralongkorn dikenal sering melakukan hal-hal aneh dan memalukan. Tak heran, banyak rakyat yang sebenarnya tidak simpati dan enggan untuk menaruh rasa hormat padanya. Salah satu kelakuan aneh yang dilakukannya adalah berpakaian nyeleneh saat berlibur, terobsesi dengan anjing peliharaannya dan membuat peraturan aneh kepada seluruh anggota kerajaan maupun pemerintahan.
Bikin Tercengang, Ini 5 Kelakuan Nyeleneh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (1)
Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan terlihat selama prosesi penobatannya, di Bangkok, Thailand. Foto: REUTERS / Soe Zeya Tun
Kelakukan aneh ini pun membuat Vajiralongkorn menjadi bulan-bulanan di dunia internasional. Ia bahkan dijuluki oleh media internasional sebagai Pangeran ‘Bling Bling’ dan bullying playboy.
Apa saja kelakukan aneh dan tak masuk akan yang dilakukan oleh Raja Vajiralongkorn? Melansir dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Berlibur pakai baju crop top dan tato palsu

Raja Vajiralongkorn pernah kedapatan tengah berlibur dengan menaiki pesawat pribadinya. Saat itu, ia menarik perhatian karena hanya mengenakan atasan crop top yang mirip seperti sport bra, celana jeans hipster dengan sederet tato palsu pada bagian lengan dan punggung.
Dalam foto yang beredar, sang raja berlibur bersama seorang perempuan dan anjing kesayangannya. Saat itu, ia hendak naik pesawat pribadi tengah membalas hormat dari pengawal kerajaan.

2. Terobsesi dengan anjing peliharaan

Diketahui, Raja Vajiralongkorn terobsesi dengan hewan peliharaannya, yakni seekor anjing pudel bernama Foo Foo yang diadopsinya pada 2007 lalu. Kabarnya, Foo Foo selalu hadir dalam berbagai acara makan malam kenegaraan dengan memakai seragam resmi Angkatan Udara Kerajaan Thailand.
Dalam sebuah dokumen yang diduga berasal dari Angkatan Udara Amerika Serikat, salah satu petinggi mengatakan bahwa anjing Raja Vajiralongkorn membuat keributan. Ia melompat-lompat di atas meja makan dari satu tamu ke tamu lainnya, dan akhirnya menumpahkan air.
Bikin Tercengang, Ini 5 Kelakuan Nyeleneh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (2)
Ratu Thailand, Suthida Tidjai bersama Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Foto: REUTERS/Athit Perawognmetha
Raja bahkan tak segan mengadakan pesta ulang tahun mewah untuk Foo Foo pada 2009 lalu. Dalam foto yang beredar, istri kedua Vajiralongkorn, Suwadee, disuruh berjongkok di lantai sambil memakai G-string dan memakan makanan anjing di hadapan Raja. Hal ini membuat Suwardee merasa malu dan melepaskan titel kebangsawanannya. Nahas, seluruh keluarganya akhirnya dipenjara karena hal ini.
Tak sampai situ saja, ketika Foo Foo wafat pada 2015 lalu, Raja Vajiralongkorn bahkan menggelar upacara pemakamanan 4 hari 4 malam dengan pesta yang sangat mewah.

3. Membuat aturan yang tak masuk akal

Raja Maha Vajiralongkorn juga memiliki sederet peraturan saat dirinya menjabat sebagai raja. Salah satunya adalah meminta seluruh anggota istana untuk berjalan merangkak dan membungkukkan badan menghadapnya. Tak hanya itu, ia juga tak segan memerintahkan anggota istana atau pejabat lainnya untuk mencukur kepala mereka, sebagai tanda bahwa Raja Vajiralongkorn tidak menyukainya.

4. Tak mengakui anak-anaknya dan menolak membiayainya

Setelah menyelesaikan sekolah militernya di Australia pada 1977 lalu, Vajiralongkorn menikahi sepupunya sendiri, Princess Soamsawali Kitiyakara. Dari pernikahan tersebut ia dikaruniai satu anak perempuan namun sayang berakhir dengan perceraian karena raja selingkuh. Saat itu, Vajiralongkorn juga memiliki empat anak laki-laki dan satu anak perempuan dari salah satu selirnya, aktris Yuvadhida Polpraserth, yang dinikahi pada 1994.
Sayang, pernikahan tersebut retak dan Vajiralongkorn menceraikan Yuvadhida. Dua tahun kemudian, Yuvadhida terbang ke Inggris dengan membawa empat dari lima anak-anaknya. Sejak saat itu, Raja tak mau lagi membiayai sekolah dan kebutuhan hidup anak-anaknya.
Bikin Tercengang, Ini 5 Kelakuan Nyeleneh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (3)
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (kiri) bersama Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS

5. Siapapun yang mengkritik Raja Vajiralongkorn langsung dipenjara

Sejak dulu, Raja Vajiralongkorn terkenal dengan sifatnya yang mood swinger. Suasana hatinya sering berubah-ubah, keras kepala, egois dan tak mau dikritik. Barangsiapa yang mengkritik Raja Vajiralongkorn, maka ia harus siap dipenjara.
Hal ini terjadi pada 2017 lalu, ketika seorang pria dijatuhi hukuman 35 tahun penjara karena memberikan komentar kritis secara online tentang keluarga Kerajaan Thailand. Belum lama ini, seorang pemuda yang mengenakan t-shirt dengan tulisan anti Kerajaan Thailand dikirim ke sebuah unit psikiatri, sedangkan orang-orang lainnya yang mengkritik raja menghilang secara tiba-tiba.
Bahkan, Facebook dipaksa menutup grup dengan satu juta anggota yang berisikan diskusi tentang kepemimpinan Raja Vajiralongkorn. Namun, Facebook melayangkan gugatan kepada pemerintah Thailand dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan mereka bertentangan dengan hukum hak asasi manusia.
Ya, sejak Raja Vajiralongkorn naik takhta empat tahun lalu, ia terus mengumpulkan kekuasaan dan mengambil alih kepemimpinan serta aset-aset kerajaan, bahkan mengambil alih komando pasukan militer. Raja bahkan ikut campur dalam proses pemerintahan yang seharusnya demokratis, bahkan mengubah konstitusi Thailand untuk memungkinkannya memerintah dari luar negeri.
Padahal sejak beberapa tahun terakhir, PBB telah meminta Thailand untuk mengamandemen undang-undang lèse-majesté yang dianggap kejam. Namun sayang, hasilnya nihil.
Ladies, bagaimana pendapat Anda tentang kelakuan aneh dan tak biasa yang dilakukan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn?
Editor : Parna
Sumber : kumparan

Tunggu Kajian, Indonesia Tak Jadi Beli Vaksin Corona AstraZeneca Oktober

Ilustrasi vaksin AstraZeneca. Foto: Dado Ruvic/REUTERS
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto sempat menyebut Indonesia akan membayar uang muka vaksin corona AstraZeneca asal Inggris. Tak tanggung-tanggung, kita akan memesan 100 juta dosis.
Airlangga pun menyebut, Kemenkes akan membayar uang muka (down payment) sebesar USD 250 juta kepada pihak AstraZeneca akhir Oktober ini. Menurut informasi yang dihimpun, deadline-nya 20 Oktober.
Namun ternyata, pemerintah urung membayarkan DP tersebut. Artinya Indonesia tak jadi membeli vaksin corona AstraZeneca bulan Oktober ini, belum ada kontrak yang disepakati. Yang ada baru Letter of Intent atau Surat Pernyataan Kehendak.
“Lah gimana mau DP, kalau dengan LoI kan enggak mungkin. DP kan bagian dari kontraknya. Kita masih minta kajian dilakukan tim ahli dengan beberapa hal. Astrazeneca sendiri kan belum punya data, uji klinis III-nya belum selesai. Nah, iya, itu kalau belum selesai, gimana (mau beli)?” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto, kepada kumparan, Jumat (23/10).
Tunggu Kajian, Indonesia Tak Jadi Beli Vaksin Corona AstraZeneca Oktober  (1)
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. Foto: Indra Fauzi/kumparan
Terkait dengan apakah kebijakan ini terkait dengan adanya relawan vaksin AstraZeneca di Brasil meninggal, Yuri tak menjawab tegas. Yang jelas, belum ada kepastian kontrak dengan AstraZeneca, yang mengembangkan vaksin corona bersama Universitas Oxford, Inggris.
“Kita kan masih menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan AstraZeneca. LoI itu kan artinya kita tertarik dengan produk dia. Oleh karenanya kita melakukan kajian dan kajiannya belum selesai,” jelas mantan jubir penanganan COVID-19 itu.
“Beli atau beli itu kan tergantung dokumen kontrak, wong kontraknya aja belum kok,” kata Yuri.
Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat menyinggung soal vaksin astraZeneca ini. Ia menyebut, 100 juta vaksin akan datang bertahap mulai April 2021.
“Tadi saya sudah mendapatkan laporan dari Pak Erick (Thohir) untuk AstraZeneca untuk bulan pertama di bulan April 2021 dan satu bulannya kita dapatkan kira-kira 11 juta,” kata Jokowi dalam ratas virtual soal long weekend, Senin (19/10).
Editor : Aron
Sumber : kumparan

Hasil Lengkap Liga Europa: Arsenal Menang, AC Milan Berjaya, Leverkusen Ngamuk

Pertandingan antara Rapid Wien vs Arsenal di Allianz Stadion, Wina, Austria. Foto: Lisi Niesner/Reuters
Liga Europa telah memainkan seluruh laga matchday 1 fase grup musim 2020/21 pada Kamis (22/10) malam WIB dan Jumat (23/10) dini hari WIB. Bagaimana hasilnya?
Arsenal menang susah payah atas Rapid Wien. Sempat tertinggal 1-0, The Gunners akhirnya menang 2-1 dalam laga di Allianz Stadion, Austria, tersebut.
Di laga lain, tim asal London Utara lainnya, Tottenham Hotspur menang telak atas LASK. Sementara itu, Milan mempermalukan Celtic 3-1 di Skotlandia; sedangkan Napoli kalah 0-1 dari AZ Alkmaar di kandang sendiri.
Skor kemenangan terbesar dalam matchday kali ini adalah skor akhir Bayer Leverkusen vs Nice yang berkesudahan 6-2. Berikut ini, kumparanBOLA paparkan hasil lengkap Liga Europa 2020/21, Kamis (22/10) malam WIB dan Jumat (23/10) dini hari WIB.
Hasil Lengkap Liga Europa: Arsenal Menang, AC Milan Berjaya, Leverkusen Ngamuk (1)
Pertandingan antara Celtic vs AC Milan di Celtic Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Russell Cheyne/Reuters
Editor : Aron
Sumber : kumparan

Hasil Polling: Mayoritas Setuju Cukai Rokok Naik

Ikustrasi Kenaikan Cukai Rokok

Pemerintah berencana menaikkan tarif cukai rokok atau cukai hasil tembakau (CHT) untuk tahun depan. Hingga saat ini belum ada kabar pasti mengenai besaran kenaikannya, kabar yang berhembus sebesar 17-19%.

detikcom menggelar polling untuk mengetahui respons masyarakat terkait rencana tersebut. Polling digelar sejak pagi kemarin dan berakhir pagi ini tepat pukul 09.00 WIB.

Hasilnya, sebanyak 47 pembaca detikcom mengikuti poling tersebut disertai alasan mereka. Dari jumlah itu, 31 orang mengaku setuju, sementara sisanya sebanyak 16 orang mengaku tidak setuju.

“Setuju (cukai rokok naik), supaya para perokok bisa mengurangi konsumsi rokok,” kata seorang pembaca yang mengisi kolom komentar, ditulis Jumat (23/10/2020).

Pembaca lainnya mengaku setuju jika cukai rokok dinaikkan jangan tanggung-tanggung seperti hingga 100%. Menurutnya, harga ideal rokok yakni Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu agar tidak terjangkau bagi anak-anak.

“Setuju (cukai rokok naik). Idealnya harga rokok Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu per bungkus. Supaya tidak terjangkau bagi anak-anak sekolah dan masyarakat miskin yang sudah kecanduan rokok bisa bekerja lebih rajin dan keras kalau mau beli rokok,” tuturnya.

Beberapa pembaca lainnya setuju karena kenaikan cukai rokok ini dinilai bisa membenahi masalah keuangan seperti membantu menambal defisit BPJS Kesehatan, hingga bisa dialihkan untuk anggaran kesehatan.

“Setuju (naik). Cukainya untuk anggaran kesehatan, kenaikannya sekalian ngurangin perokok. Naik setinggi-tingginya nggak apa-apa. Biar perokok tinggal sedikit. Masyarakat bawah jadi nggak merokok karena nggak bisa beli. Jadi masyarakat Indonesia sehat,” sebutnya.

Bagi mereka yang tidak setuju, kebijakan itu dianggap hanya akal-akalan pemerintah jika alasannya untuk mengurangi pengguna rokok dengan alasan kesehatan. Pasalnya berdasarkan pengalaman di dekatnya, orang yang merokok setiap hari dalam keadaan sehat saja.

“Tidak setuju, akal bulus pemerintah nggak mampu cari pendapatan dari sektor lain. Buyut saya umur 120 tahun setiap hari habis 2 bungkus rokok masih sehat-sehat aja. Kalau mau mati ya mati aja, bukan hanya gara-gara merokok,” kata pembaca lainnya.

Senada, pembaca lainnya yang tidak setuju juga menyebut bahwa pemerintah tidak usah mencari pendapatan terlalu dalam dari cukai rokok. Pasalnya, kenaikan cukai rokok dinilai tidak akan mampu menambal utang negara.

“Tidak Setuju. Kenapa harus ngurusin terlalu dalam cukai rokok sebagai pendapatan negara? Lah kan pemerintahnya kan lebih doyan nyari utangan sebagai pendapatan negara-nya. Kalaupun harga cukai-nya naik unlimited dan jadi pendapatan negara, tapi hasilnya juga tetap nggak bisa buat ngelunasin utang,” menurutnya.

Editor : Aron
Sumber : detik

UPDATE!