Ilustrasi surat lamaran. Foto: Ilustrasi menulis. (Dok. Freepik/Ekaterina Pereslavtseva)

Surat keterangan aktif bekerja adalah salah satu syarat administrasi dalam melamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) 2024. Surat ini harus diunggah saat melakukan pendaftaran.

Pada tahun ini, seleksi PPPK pun hanya diprioritaskan bagi empat jenis pelamar. Mereka adalah Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II), Tenaga non ASN yang terdata dalam pangkalan data (database) BKN, dan Tenaga non ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah (termasuk lulusan PPG untuk formasi Guru di instansi daerah).

Dengan demikian, rekrutmen PPPK tahun ini diperuntukkan pegawai bersangkutan yang pernah atau aktif bekerja. Keterangan bahwa pelamar tengah bekerja harus dibuktikan lewat surat keterangan aktif bekerja ini.

Bagaimana contoh dan formatnya? Melansir masing-masing laman instansi yang membuka seleksi PPPK tahun 2024, berikut contohnya:

Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK 2024
1. Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK BKN
KOP INSTANSI/LEMBAGA
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIP :
Pangkat/Gol. Ruang :
Jabatan :
Instansi/Lembaga :

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pendidikan :
Jabatan :

adalah pegawai di ………………….. selama …. tahun …. bulan, terhitung mulai
tanggal …….. sampai tanggal …………………
Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian, sebagai berikut:
1. …………………………….
2. …………………………….
3. dst.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya
untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Pegawai Pemerintah dengan
Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

……., ………………….. 2024
Nama Jabatan Penandatangan,
Nama Instansi/Lembaga

(ttd+cap stempel basah)
(Nama Pejabat Penandatangan)

2. Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK Bappenas
SURAT KETERANGAN AKTIF BEKERJA
NOMOR ……………………………………..

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …
NIP : …
Pangkat/Gol. Ruang : …
Jabatan : …
Unit Kerja : …
Instansi : Kementerian PPN/Bappenas

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama : …
Tempat, Tanggal Lahir : …
Jabatan : …
Unit Kerja : …
Instansi : Kementerian PPN/Bappenas

Adalah PPNPN di Kementerian PPN/Bappenas yang masih aktif bekerja sebagai ……………….., dengan masa kerja selama ….. tahun ….. bulan, terhitung mulai tanggal ……………….. sampai dengan tanggal ……………….. (sebagaimana SPK terlampir*)

Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian, sebagai berikut:
1………………………….
2………………………….
3. dst

Demikian Surat Keterangan Aktif Bekerja ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya, untuk memenuhi persyaratan Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian PPN/Bappenas Tahun Anggaran 2023, dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

(Kota), (Tanggal) (Bulan) 2023
(Nama Jabatan Penandatangan),
Kementerian PPN/Bappenas

(Ttd. dan cap stempel basah)

(Nama Pejabat Penandatangan

3. Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK Kemenkumham
SURAT KETERANGAN AKTIF BEKERJA
Nomor: ………………………………………..

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :……………………………………………………………
NIP :……………………………………………………………
Jabatan :……………………………………………………………
Unit Kerja/Instansi :……………………………………………………………

dengan ini menerangkan bahwa:

Nama :……………………………………………………………
NIK :……………………………………………………………
Tempat/tanggal lahir :……………………………………………………………
Pendidikan :……………………………………………………………
sampai dengan saat ini masih aktif bekerja pada …………………………………………………………………….. *)

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagai dokumen persyaratan pada Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2024.

………….., …………………….. 2024
Jabatan ……………………………….**)

tanda tangan

(Nama Lengkap) **)

4. Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK Komnas HAM
SURAT KETERANGAN AKTIF BEKERJA
Nomor: ……………….

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …………………………………………………
NIP : …………………………………………………
Jabatan : …………………………………………………
Unit Kerja/Instansi : …………………………………………………

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : ………………………………………………….
Tempat/tanggal lahir : ………………………………………………….
Pendidikan : ………………………………………………….
Unit Kerja/Instansi : ………………………………………………….

Pada saat ini aktif bekerja pada Sekretariat Jenderal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
Selama……………………. Tahun …… bulan, terhitung mulai tanggal ………………………… sampai dengan tanggal…………………. secara berturut-turut dan berkinerja baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
…………, …. …………… 2024
(Jabatan Penandatangan)
ttd
(Nama penandatangan)*

5. Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK KemenPANRB
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
NIP *) :
Pangkat/gol ruang*) :
Jabatan :
Instansi :

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama :
Jabatan :

adalah pegawai di………………selama……….tahun,………terhitung mulai tanggal………………….sampai tanggal………………….

Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian:
1. ………………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………………
3. Dst.

Surat keterangan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat pelamaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

(kota), (tanggal) (bulan) (tahun)
Nama Jabatan Penandatangan,
Nama Instansi/Kantor

(ttd+cap stempel basah)

Itulah beberapa contoh surat keterangan aktif bekerja untuk syarat administrasi daftar PPPK 2024. Semoga bermanfaat ya!

Editor: PARNA
Sumber: detik.com