Kalahkan Uruguay 1-0, Kolombia ke final Copa America 2024 (Getty Images/Tim Nwachukwu)

Kolombia yang bermain dengan 10 sejak babak pertama lolos ke Final Copa America 2024. Ini setelah El Tri mengalahkan Uruguay 1-0.
Pada pertandingan semifinal Copa America 2024 di Bank of America stadium, Kamis (11/7/2024) pagi WIB, satu-satunya gol dibuat Jefferson Lerma pada menit ke-38.

Di akhir babak pertama, Kolombia kehilangan Daniel Munoz yang mendapat dua kartu kuning. Kolombia akan bertemu Argentina pada laga final di Hard Rock stadium, Senin (15/7/2024) pagi WIB, sementara Uruguay jumpa Kanada dalam perebutan peringkat ketiga, Minggu (14/7) pagi WIB.

Jalannya laga Uruguay vs Kolombia

Kolombia tampil dominan sedari menit awal tapi mereka kesulitan menembus ketatnya pertahanan Uruguay. Peluang pertama didapat Kolombia pada menit ke-15 saat Daniel Munoz menyambut umpan silang Luis Diaz ke tiang jauh dengan kepala, tapi bola melebar.

Dua menit kemudian Darwin Nunez membuang peluang emas di kotak penalti. Mendapat bola liar, Nunez menyambarnya dengan sepakan keras yang masih melenceng dari sasaran.

Nunez lagi-lagi bikin peluang emas, kali ini pada menit ke-28. Nunez melewati penjagaan terakhir di pertahanan Kolombia dan melepaskan sepakan melengkung kaki kanan, bola masih melebar.

Kolombia akhirnya memecah kebuntuan padam menit ke-38 saat Jefferson Lerma mencatatkan namanya di papan skor. James Rodriguez mengeksekusi sepak pojok yang mengarah ke tiang jauh dan disundul Lerma, bola sempat memantul tanah sebelum masuk ke pojok gawang Sergio Rochet.

Semenit sebelum babak pertama habis, Kolombia hampir menggandakan keunggulan andaikan Rochet tidak menepis sepakan Richard Rios. Petaka datang untuk Kolombia yang harus kehilangan Munoz di masa injury time.

Munoz mendapat kartu kuning kedua setelah menyikut perut Manuel Ugarte. Kolombia mendapat kans lagi di menit keempat injury time andaikan Rochet tidak menepis bola sepakan Diaz.

Di babak kedua, Kolombia yang bermain 10 orang lebih banyak bertahan dari serangan Uruguay. Tapi, mereka kembali bikin peluang pada menit ke-51 saat korner James menemui kepala Cordoba tapi bola melebar.

Peluang terbaik Uruguay di babak kedua baru hadir pada menit ke-71 saat Luis Suarez yang masuk sebagai pengganti, mendapat bola di depan gawang dan sejenak menguasai, sebelum menembaknya ke arah tiang.

Uruguay masih saja sulit menembus ketatnya pertahanan Kolombia. Nunez beberapa kali tampak frustrasi karena kesulitan untuk membuat peluang emas, demikian juga dengan Suarez.

Kolombia yang lebih banyak bertahan nyaris bikin gol kedua ketika serangan balik berakhir di Kevin Castano yang berada di muka gawang. Sayang, sepakan Castano menyamping di sisi kanan gawang Rochet.

Tujuh menit injury time diberikan wasit. Uruguay terus menggempur pertahanan Kolombia dan punya peluang lewat Giorgian De Arrascaeta, tapi sepakannya melayang tipis di atas mistar.

Sayangnya peluang itu tidak dihitung karena wasit menganggap sudah terjadi offside saat serangan dibangun. Kolombia hampir mendapatkan gol lagi di pengujung laga saat Lerma melepaskan bola dari daerah sendiri ke gawang Uruguay yang sudah kosong, tapi melayang di atas mistar.

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan Kolombia ke partai puncak menantang Argentina.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom