Spanyol mengalahkan Jerman di perempat final Euro 2024. (REUTERS/Angelika Warmuth)

Inggris punya modal tambahan untuk percaya diri jelang lawan Spanyol di final Euro 2024. Hal itu adalah kutukan Jerman yang menghantui Euro di tiga edisi terakhir.

Dalam tiga edisi terakhir Piala Eropa, tim yang mengalahkan Jerman di fase knock out bakal berhasil lolos ke babak final. Namun, perjalanan mereka selalu berakhir sebagai runner up. Menariknya, Spanyol dan Inggris juga sudah pernah terlibat dalam ‘kutukan’ tersebut.

Di Euro 2012, Italia berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di babak semifinal. Namun di babak final, Italia terkapar dengan skor 0-4 di tangan Spanyol.

Empat tahun berselang, giliran Prancis yang merasakannya. Mereka bisa mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di babak semifinal.

Prancis lalu lolos ke babak final dan kemudian harus puas jadi runner up. Prancis kalah 0-1 dari Portugal lewat gol yang dicetak Eder di masa perpanjangan waktu.

Pada Euro 2020 yang digelar di 2021, kutukan Jerman berlanjut. Inggris yang kali ini jadi korban.

Inggris dengan gemilang mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di babak 16 besar. Three Lions lalu melaju ke babak final tetapi kemudian kalah adu penalti lawan Italia.

Di Euro 2024, Spanyol mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di babak perempat final. La Furia Roja kemudian bisa terus melaju ke babak final dan kini akan menantang Inggris.

Menarik untuk dinantikan soal pola kutukan Jerman tersebut berlanjut atau tidak di final Euro 2024 kali ini.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com