Ilustrasi apakah rebusan kunyit bisa menghancurkan batu empedu?(Shutterstock/Luis Echeverri Urrea)

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti antinyeri, antiradang, dan mencegah bakteri. Lantas, apakah rebusan kunyit bisa menghancurkan batu empedu?

Penggunaan kunyit ternyata tidak direkomendasikan untuk penderita batu empedu maupun radang empedu. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah rebusan kunyit bisa menghancurkan batu empedu, simak ulasan berikut.

Apakah rebusan kunyit bisa menghancurkan batu empedu? Efek anti-inflamasi memang diklaim dapat meredakan nyeri akibat batu empedu.

Namun, rebusan kunyit tidak bisa menghancurkan batu empedu. Penggunaan kunyit justru berisiko membuat batu empedu semakin serius.

Disarikan dari WebMD dan MedicineNet, kunyit dapat memperburuk masalah pada kandung empedu, termasuk batu empedu dan penyumbatan saluran empedu.

Hal itu karena kunyit mengandung senyawa kimia alami yang mengandung atom nitrogen dan bersifat basa atau disebut alkaloid.

Konsumsi air rebusan kunyit bisa meningkatkan sekresi empedu atau proses produksi cairan empedu di organ hati.

Sekresi empedu dapat menimbulkan gangguan sistem peredaran cairan empedu yang mengakibatkan keluhan, seperti peradangan akut atau kronis batu empedu.

Kondisi tersebut berpotensi membuat kondisi penderita batu empedu semakin parah. Selain pada penderita batu empedu, penggunaan rebusan kunyit juga tidak dianjurkan pada individu dengan gangguan pendarahan, pengidap diabetes, dan penderita GERD.

Berikut Apa saja yang bisa menghancurkan batu empedu? Ada beberapa pilihan pengobatan alami yang dapat meredakan keluhan serta menghancurkan batu empedu, antara lain:

  • Minyak zaitun

Dilansir dari Mayo Clinic, penggunaan minyak zaitun yang dicampur sayuran atau perasan lemon diklaim dapat membantu menyembuhkan batu empedu dan pembilasan kantung empedu.

  • Perasan lemon

Lemon kaya vitamim C yang dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit batu empedu. Konsumsi perasan lemon juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Teh hijau

Konsumsi teh hijau juga membantu menghancurkan batu empedu karena kandungan antioksidannya.

Meski ada beberapa cara alami menghancurkan batu empedu, penderita sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perawatan atau pengobatan yang paling sesuai.

Editor: PARNA
Sumber: kompas.com