Kamar mandi. Foto: Getty Images/iStockphoto/ArLawKa AungTun

Dalam membangun sebuah rumah, area kamar mandi perlu diperhatikan sebaik mungkin. Tak sekadar membeli peralatan yang mahal dan berkualitas saja, tapi juga perlu memperhatikan ukuran kamar mandi.

Sebab, ukuran kamar mandi turut mempengaruhi kenyamanan dan aktivitas para penghuni rumah. Jika luasnya terlalu sempit, maka akan sulit bagi orang untuk membersihkan badan.

Namun jika luas kamar mandi terlalu besar, hal itu akan memakan banyak ruang di dalam rumah. Alhasil, bagian ruangan lainnya menjadi terasa sempit dan sulit untuk bergerak.

Lantas, seperti apa ukuran kamar mandi yang ideal untuk rumah Indonesia? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Ukuran Kamar Mandi Rumah yang Ideal

Ternyata, membangun sebuah kamar mandi di dalam rumah tak bisa sembarangan. Ada aturan khusus mengenai luas kamar mandi, sehingga pas dan tidak memakan banyak tempat.

Menurut Buku Saku Petunjuk Konstruksi Sanitasi milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), luas lantai kamar mandi/kakus yang ideal minimum berukuran 2,25 meter persegi atau 1,5 meter x 1,5 meter.

Ilustrasi desain kamar mandi.Foto: iStock

Ukuran kamar mandi tersebut sudah cukup ideal untuk meletakkan satu buah kloset (duduk atau jongkok), shower, rak sabun, dan wastafel. Jadi, kamu tak perlu menghabiskan banyak tempat di dalam rumah hanya untuk sekadar membangun kamar mandi.

Ukuran Kamar Mandi Rumah Lainnya yang Ideal

Jika ukuran 1,5m x 1,5m untuk kamar mandi dirasa terlalu kecil, jangan khawatir. Dilansir situs American Standard, berikut sejumlah pilihan ukuran kamar mandi rumah yang ideal.

1. Kamar Mandi Ukuran 2m x 1,5m

Membangun kamar mandi dengan luas 2m x 1,5m juga cocok dan dinilai tidak terlalu besar. Jika kamar mandi dibangun di area kamar tidur, ukuran tersebut cocok untuk kamar tidur yang luasnya 12 meter persegi.

Dengan luas 2m x 1,5m, kamu bisa meletakkan wastafel di salah satu sudut kamar mandi dan kloset di sudut lainnya. Disarankan membeli cermin berbentuk lingkaran dengan ukuran besar agar memberikan kesan kamar mandi yang luas.

2. Kamar Mandi Ukuran 2m x 2m

Apabila ingin memiliki kamar mandi yang sedikit lebih luas, disarankan menggunakan ukuran 2m x 2m. Jika dibangun di dalam kamar tidur, luas kamar tidur minimal berukuran 16 meter persegi.

Kamar mandi seluas 2m x 2m sangat cukup untuk meletakkan sebuah kloset, shower, dan wastafel. Bahkan, kamu bisa memberi pemisah antara ketiga area tersebut.

Pada umumnya, area shower dipisahkan dengan kloset dan wastafel menggunakan kaca transparan. Hal ini agar area shower saja yang basah karena digunakan untuk mandi, sedangkan bagian kloset dan wastafel tetap kering.

Kamu bisa meletakkan wastafel sejajar dengan posisi area shower. Hal ini agar memudahkanmu setelah mandi untuk menyikat gigi atau berkaca sejenak, sebelum akhirnya keluar dari kamar mandi.

Itu dia pembahasan mengenai ukuran kamar mandi yang ideal untuk rumah di Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom