Ilustrasi. Ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. (Istockphoto/last

Kopi sepertinya jarang berdiri sendiri. Perlu kudapan atau makanan untuk melengkapi. Namun terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Kafein, terutama pada kopi, mampu mendongkrak energi sementara. Pun sejumlah penelitian membuktikan kopi punya kelebihan berupa manfaat kesehatan.

Sementara itu, ngopi sudah masuk gaya hidup dan sering disandingkan dengan aneka makanan. Kombinasinya tak masalah buat sebagian orang. Namun buat sebagian lainnya, ada kombinasi yang memang perlu dihindari.

1. Buah sitrus

Ilustrasi buah lemonIlustrasi. Buah sitrus seperti jeruk dan lemon termasuk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. (Raw Pixel)

Minum kopi campur buah sitrus atau sambil makan buah sitrus bukan ide bagus. Campuran keduanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman sebab Anda memasukkan dua pangan dengan tingkat keasaman tinggi.

Melansir dari Health, keasaman kopi terbilang tinggi dengan pH rata-rata 4,85-5,13 dari skala 0-14. Sementara buah sitrus juga sangat asam sehingga bisa memicu refluks asam lambung atau GERD.

2. Daging merah

Kopi dan daging merah terdengar aneh tapi sangat mungkin dikombinasikan. Hanya saja, ‘pairing’ keduanya tidak disarankan.

Penelitian menunjukkan minum kopi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi oleh usus terutama zat besi. Daging merah adalah salah satu sumber zat besi terbaik.

Artinya, minum kopi bersama konsumsi steak bakal mengurangi manfaat kesehatannya.

Zat besi memainkan peranan penting buat tubuh antara lain, mendukung sirkulasi darah, produksi hormon dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Susu

Penggemar es kopi susu mungkin sulit mengakui tapi menggabungkan kopi dan susu menurunkan manfaat kesehatan susu.

Susu adalah sumber kalsium yang baik buat tulang, fungsi otot, pembekuan darah dan produksi hormon. Secangkir susu bisa memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan kalsium harian.

Hanya saja, riset membuktikan gabungan susu dan kopi dapat menghambat penyerapan kalsium. Kalsium yang tidak diserap akan dikeluarkan lewat urin.

Jika ingin memenuhi kebutuhan kalsium, es kopi susu bukan solusi. Anda perlu menambah asupan pangan lain.

4. Gorengan

Gorengan tempe, Indonesian fried tempe snack, served with sambal or chili sauce and chilli pepper, served on wooden plateIlustrasi. Gorengan termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi. (iStockphoto/airdone)

Sering konsumsi gorengan untuk menemani ngopi? Hal ini akan memicu risiko penyakit kardiovaskular.

Riset menunjukkan peningkatan konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko dislipidemia atau kadar lemak tidak normal dalam aliran darah. Kondisi ini diperparah dengan pangan yang digoreng.

Ngopi tak masalah tapi perlu dipertimbangkan untuk kudapannya.

5. Sereal sarapan

Kebiasaan ngopi pagi sambil menikmati sereal sepertinya perlu dievaluasi.

Sereal, terutama sereal fortifikasi atau diperkaya nutrisi, kadang mengandung mineral penting salah satunya seng (zinc). Kopi bisa mengganggu bioavailabilitas seng, meski belum ada riset yang menghubungkan asupan kopi dan penyerapan nutrisi sereal.

Sebaiknya, berikan jarak antara ngopi dan makan sereal.

6. Makanan tinggi garam

Kopi mengandung banyak senyawa aktif biologis yang secara langsung memengaruhi tekanan darah. Begitu pula dengan makanan tinggi garam atau natrium.

Sebaiknya hati-hati memadukan kopi dan camilan tinggi garam seperti keripik kentang atau burger.

Itulah sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Sebaiknya dihindari.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia