Ilustrasi. Banyak yang masih bertanya-tanya, jalan kaki 5.000 langkah bisa membakar berapa kalori? (iStockphoto)

Sebagai aktivitas ringan yang bisa dilakukan sehari-hari, tentu banyak orang penasaran, jalan kaki 5.000 langkah bisa membakar berapa kalori?

Saran jalan kaki 10.000 langkah selalu dikaitkan dengan langkah ideal setiap harinya yang dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Jalan kaki memang bisa meningkatkan efektivitas kerja jantung dan paru-paru, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi stres, menurunkan kolesterol dalam darah, hingga bisa memperlambat penuaan.

Melansir Very Well Fit, kalori yang terbakar ketika berjalan kaki tentu berbeda-beda setiap orang, tergantung pada berat dan tinggi badan.

Misalnya, orang dengan tinggi rata-rata berbobot 160 pon akan membakar sekitar 40 kalori per 1.000 langkah, setara dengan 0,04 kalori per langkah.

Berjalan 5.000 langkah per hari adalah tujuan yang dapat dicapai oleh banyak pemula dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Mengetahui jumlah kalori dari langkah kaki
Untuk mengubah langkah Anda menjadi kalori yang terbakar, Anda perlu mengetahui perkiraan langkah Anda per mil.

Jumlah rata-rata jalan cepat atau lari mudah adalah 2.000 hingga 2400 langkah permil, lalu jalan kaki 5000 langkah berapa kalori yang bisa terbakar?

Kalori yang terbakar juga dipengaruhi oleh panjang langkah kaki permil atau menghitung langkah Anda dalam satu mil terukur untuk akurasi yang lebih baik.

Misalnya dengan tinggi badan 5’5″ kaki, dengan berat badan 45 kg jumlah 5000 langkah kaki, maka kalori yang terbakar sekitar 115 kalori.

Dengan tinggi yang sama namun berat badan 55 kg, maka kalori yang terbakar adalah 138 kalori pada 5.000 langkah jalan kaki.

Pada berat badan 73 kg, ada sekitar 181 kalori yang terbakar pada setiap 5.000 langkah jalan kaki.

Hal ini tentu bukan angka pasti mengingat ada perbedaan pada setiap orang. Namun, biasanya diperlukan sekitar 2.000 hingga 3.000 langkah untuk membakar 100 kalori.

Dilansir dari Marathon Handbook, meskipun sebagian besar kesehatan itu berasal dari berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari, terlepas dari bisa membakar berapa kalori, berjalan dengan 5.000 langkah per hari tetap bisa mengurangi risiko kematian dini.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com