Goto: Ilustrasi (AFP PHOTO/File).

Untuk pertama kalinya, pesawat tempur siluman F-22 Raptor dari Angkatan Udara Amerika Serikat (US Pasific Air Forces) akan mendarat di Indonesia. Pesawat tempur dari 27th Fighter Squadron itu akan hot pit refueling di Bali.

“Kunjungan ini menandai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya pesawat F-22 Raptor akan mendarat dan transit di Indonesia,” tulis TNI AU dikutip di akun Instagram resmi, Selasa (18/6/2024)

Ada enam jet tempur F-22 Raptor yang akan transit di Indonesia. F-22 Raptor selanjutnya akan mengikuti latihan militer multinasional Pitch Black 24 di Australia pada Agustus mendatang.

Anggota TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan US Pacific Air Forces (US PACAF) sebelumya telah menyelesaikan Iron Blade Fighter Interaction Site Survey dan Fighter Logistic Subject Matter Expert Exchange (SMEE) 2024 di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2024. Site survey dilakukan sebagai persiapan kedatangan enam pesawat F-22 Raptor dari 27th Fighter Squadron.

Selain site survey, ada juga kegiatan Fighter Logistic SMEE yang melibatkan penerbang dan teknisi dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. F-22 Raptor dijadwalkan melaksanakan hot pit refueling di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam.

Para penerbang dan teknisi tersebut mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari personel US PACAF tentang persiapan expeditionary mission dan rapid deployment di daerah operasi.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom