Bintang Liverpool Virgil Van Dijk menjadi kapten timnas Belanda. (REUTERS/GONZALO FUENTES)

Belanda adalah salah satu tim dengan jumlah penampilan terbanyak (10 kali) di gelaran Piala Eropa, termasuk di putaran final Euro 2024 yang mulai digelar akhir pekan ini di Jerman.

Meskipun dianggap jadi raksasa di panggung Benua Biru dan termasuk pabrik bintang sepak bola dunia, sayangnya tim berjulukan De Oranje itu baru satu kali juara pada 1988.

Pelatih timnas Belanda saat ini adalah Roenald Koeman yang merupakan bagian dari generasi emas kesebelasan negara itu kala menjuarai Euro 1988.

Koeman baru ditunjuk menjadi pelatih timnas pada awal 2023 lalu oleh federasi sepak bola Belanda (KNVB). Sebelumnya dia juga sempat menjadi pelatih Belanda kurun waktu 2018-2020, kemudian menjadi pelatih Barcelona.

Mantan bek tengah timnas Belanda ini diharapkan bisa membawa Belanda kembali menjadi tim berkelas. Pada periode pertama kepelatihannya di Timnas Belanda, Koeman berhasil membawa negara itu menjadi runner up UEFA Nations League 2019 dan lolos ke Euro 2020.

Untuk Euro 2024 ini, Koeman memanggil 26 pemain untuk bertarung lolos dari Grup D yang terbilang maut karena bersama Prancis, Polandia, dan Austria.

Melihat grup tersebut, babak penyisihan bukan perkara mudah bagi Belanda jika ingin melangkah jauh di turnamen final empat tahunan ini.

Koeman mengandalkan kapten timnas Virgil Van Dijk (Liverpool) untuk membimbing rekan-rekannya di tengah lapang. Kebetulan pula, seperti Koeman, Van Dijk berposisi sebagai bek sentral yang memiliki visi memulai serangan lewat umpan lambung jauh dari jantung pertahanan.

Van Dijk juga bisa menjadi pemecah kebuntuan lewat skema bola mati di kotak 16 lawan seperti yang kerap dilakukannya bersama Liverpool.

Mengutip dari situs UEFA, Koeman mengatakan skuad yang dimilikinya saat ini bisa terbilang kuat, meskipun ada beberapa pemain bintang yang tak bisa diikutsertakan karena cedera. Salah satu yang tak bisa ia sertakan adalah gelandang Barcelona, Frenkie de Jong.

“Pada prinsipnya, kami masih memiliki skuad yang kuat saat ini,” katanya.

Minus De Jong, Koeman bilang dirinya masih punya pemain-pemain andalan di lapangan tengah baik muda maupun senior.

“Xavi Simons, Tijjani Reijnders, Lutsharel Geertruida, Quilindschy Hartman, Mats Wieffer, Jerdy Schouten, Joey Veerman, Anda sebut saja. Banyak dari pemuda-pemuda ini yang telah bermain di Belanda dan berkembang jadi pemain tim nasional,” kata Koeman.

Skuad Belanda di Piala Eropa 2024
Kiper: Bart Verbruggen, Mark Flekken, Justin Bijlow

Belakang: Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Micky van de Ven, Daley Blind, Matthijs de Ligt, Nathan Ake, Denzel Dumfries, Lutsharel Geertruida, Jeremie Frimpong

Tengah: Teun Koopmeiners, Ryan Gravenberch, Ian Maatsen, Tijjani Reijnders, Xavi Simons, Joey Veerman, Jerdy Scouten, Gini Wijnaldum

Depan: Steven Bergwijn, Memphis Depay, Brian Brobbey, Wout Weghorst, Donyell Malen, Cody Gakpo

Jadwal Pertandingan Belanda di Euro 2024
Polandia vs Belanda – Minggu, 16 Juni 2024 pukul 20.00 WIB

Belanda vs Prancis – Sabtu, 22 Juni 2024 pukul 02.00 WIB

Belanda vs Austria – Selasa, 25 Juni 2024 pukul 23.00 WIB

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com