Foto: ilustrasi/thinkstock

Sebuah perusahaan teknologi di China, Insta360, menjadi bahan perbincangan setelah menganggarkan US$ 140.000 atau setara dengan Rp 2,2 miliar (kurs Rp 16.290) agar karyawannya menurunkan berat badan.

Dilansir dari SCMP, Senin (10/6/2024), perusahaan tersebut berlokasi di Shenzhen, Provinsi Guandong dan berinisiatif membuat program penurunan badan untuk para karyawannya pada awal tahun lalu. Ada sekitar 150 pegawai yang ikut bagian dalam program ini dan total berat badan mereka turun sebanyak 800 kg.

Program ini berbentuk kamp pelatihan yang berdurasi selama tiga bulan. Satu kali kamp pelatihan akan merekrut sebanyak 30 pekerja dan sejauh ini perusahaan telah melakukan lima kali kamp pelatihan.

Karena banyaknya pegawai yang melamar program ini, maka perusahaan memprioritaskan kuota tersebut kepada pegawai yang mengalami obesitas. Terdapat tiga kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan sepuluh orang dan kelompok ketiga beranggotakan lima orang.

Setiap karyawan ditimbang setiap minggunya dan masing-masing akan diberi hadiah sebesar US$ 55 atau Rp 895 ribu untuk setiap rata-rata 0,5 kg berat badan yang berhasil turun. Jika ada anggota kelompok yang berat badannya naik, maka akan didenda Rp 1,1 juta.

“Membuat kelompok menambah dimensi moral bagi karyawan. Mereka tidak ingin mengecewakan rekan-rekannya,” kata seorang staf bermarga Li.

“Jika Anda tidak lebih langsing, Anda tidak hanya akan mempengaruhi bonus Anda sendiri, tetapi juga menyeret anggota lain ke belakang. Jadi cara ini benar-benar melambungkan masyarakat untuk saling memotivasi dan juga diri sendiri untuk lebih giat berolahraga,” kata Li.

Li sendiri mengatakan ia telah bergabung dengan kamp pada bulan November tahun lalu dengan berat badan 90 kg dan tinggi badan 175 cm. Ia melakukan latihan fisik seperti lari, berenang, dan bermain basket setiap hari sepulang kerja. Selain itu, Li juga melakukan diet.

Selama tiga bulan mengikuti kamp pelatihan tersebut, ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 17,5 kg dan mendapatkan bonus US$ 1.000 atau Rp 16 juta.

Insta360 kemudian mendapatkan banyak pujian dari di media sosial atas program kamp pelatihan penurunan berat badan karyawannya ini.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com