Singapura masuk dalam jajaran negara panjang umur alias blue zone. Adakah kebiasaan orang Singapura yang buat panjang umur?( tpsdave/Pixabay)

Singapura masuk dalam jajaran negara panjang umur alias blue zone. Adakah kebiasaan orang Singapura yang buat panjang umur?

Blue Zone merupakan sebuah bagi wilayah dengan jumlah penduduk berusia 100 tahun yang tinggi. Dengan kata lain, masyarakat di wilayah Blue Zone menjalani gaya hidup yang sehat dengan rahasianya masing-masing.

Dalam buku The Blue Zones, sang penulis Dan Buettner menyebut adalah lima wilayah Blue Zones. Di antaranya adalah Okinawa (Jepang), Sardinia (Italia), Ikaria (Yunani), Loma Linda (California, AS), dan Semenanjung Nicoya (Kosta Rika).

Namun, tak seperti wilayah Blue Zone lainnya, di mana cara hidup tradisional berkontribusi pada umur panjang masyarakatnya. Singapura adalah Blue Zone yang ‘direkayasa’.

Tak cuma itu, masyarakat Singapura juga tak mengadopsi gaya hidup sehat tradisional yang biasa diterapkan oleh wilayah-wilayah Blue Zones sebelumnya.Kebiasaan orang Singapura yang bikin panjang umur

1. Membatasi gula

Ada satu hal yang membuat orang Singapura jadi lebih sehat, mereka mengonsumsi lebih sedikit gula. Bukan cuma karena ingi, tapi kebijakan pemerintah juga berperan. Pemerintah Singapura memiliki kebijakan untuk menekan angka diabetes dan membatasi asupan bergula.

2. Sering jalan kaki

Selain soal kebijakan pembatasan asupan bergula, pemerintah juga memiliki siasat untuk menekan tingkat kepemilikan mobil hingga 11 persen.

Dengan ini, artinya 89 persen masyarakat Singapura berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum untuk menjalankan keperluan sehari-hari.

Itulah beberapa kebiasaan orang Singapura yang bikin panjang umur.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com