Duel Joel Veltman dan Luis Diaz saat laga Liverpool vs Brighton and Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris 2023/24 di Stadion Anfield pada Minggu (31/3/2024) malam WIB. Foto: REUTERS/Molly Darlington

Liverpool mengalahkan Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris 2023/24 di Stadion Anfield pada Minggu (31/3) malam WIB. Skor akhir 2-1.

Dengan hasil ini, Liverpool menempati peringkat puncak dengan 67 poin dari 29 kali main. Pemegang puncak klasemen sementara masih bisa berubah tergantung hasil laga Man City vs Arsenal yang akan dimulai pada pukul 22:30 WIB. Adapun Brighton menduduki urutan 9 dengan 42 poin dari 29 kali main.

Brighton mencetak gol di menit 2. Sapuan tak sempurna Virgil van Dijk di kotak penalti Liverpool membuat bola jatuh di kaki Danny Welbeck. Welbeck lantas melepas sepakan akurat ke pojok kiri gawang, bola gagal dimentahkan Caoimhin Kelleher.

Liverpool membalas di menit 27. Sapuan yang buruk dari Joel Veltman di kotak penalti Brighton tak disia-siakan Luis Diaz untuk mencetak gol dengan sepakannya.

Sepanjang babak pertama, Liverpool lebih dominan melancarkan serangan. Total, berdasarkan catatan WhoScored, mereka melepas 14 tembakan termasuk gol Diaz.

Sementara itu, Brighton kerap melancarkan serangan ke sisi kanan pertahanan Liverpool. Ini adalah sisi yang dijaga oleh Conor Bradley.

Bradley kerap membantu serangan Liverpool dengan aksi overlap, tetapi tak cukup cepat mundur saat serangan balik. Jarell Quansah yang mengisi pos bek tengah-kanan juga beberapa kali tak begitu apik meng-cover area. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Liverpool berbalik unggul di menit 65. Dominik Szoboszlai dari sisi kiri pertahanan Brighton melepas umpan datar ke tengah, lalu Alexis Mac Allister melepas umpan terobosan ke depan, bola diteruskan Mohamed Salah dengan tendangannya ke gawang Brighton.

Liverpool mencetak gol ketiga di menit 71. Menerima umpan terobosan, Diaz melepas tendangan akurat, bola sempat kena Bart Verbruggen tetapi akhirnya masuk gawang Brighton. Sayang, gol itu tak disahkan karena Diaz dinilai sudah offside.

Memasuki menit 80-an, jual-beli serangan terjadi cukup intens. Namun, skor 2-1 bertahan sampai bubar.

Editor: PARNA

Sumber: kumparan