Menko Polhukam Hadi Tjahjanto usai Rakor di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.(detik.com)

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan situasi masyarakat kondusif dan aman usai Pemilu 2024. Hadi mengatakan hal itu diketahui dari informasi yang dibahas dalam rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI hingga Kapolri.

“Sesuai dengan informasi dan dari hasil pembahasan rapat koordinasi, secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali,” kata Hadi kepada wartawan usai Rakor di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2024).

Hadi menyebut tahapan Pemilu 2024 masih berjalan. Dia mengatakan pemerintah terus memantau setiap proses yang berjalan.

“Kita terus memantau tahapan pemilu yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU,” ujarnya.

Hadi meminta masyarakat ikut menjaga situasi tetap kondusif. Menurutnya, keberhasilan penyelenggaran Pemilu merupakan kerja sama pemerintah dan seluruh warga.

“Untuk itu kita bersama-sama hendaknya mengamankan proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat,” ujarnya.

“Saudara-saudara sekalian, pemerintah, terus memantau perkembangan situasi, mengawal, serta memastikan setiap tahapan pemilu berjalan aman, damai, dan berkualitas. Karena keberhasilan, penyelenggaran pemilu adalah keberhasilan kita semua dan pemilu merupakan harga diri bangsa Indonesia,” sambungnya.

Adapun rapat koordinasi itu juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan, Kabaintelkam Komjen Suntana dan Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca juga mengikuti rapat tersebut.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com