Mohamed Salah mencetak satu gol ke gawang Sparta Praha. (Action Images via Reuters/Lee Smith)

Liverpool melangkah ke perempatfinal Liga Europa dengan amat meyakinkan. Si Merah menang telak 6-1 atas Sparta Praha pada leg kedua, lolos dengan agregat 11-2.

Liverpool menjamu Sparta Praha di Anfield, Jumat (15/3/2024) dini hari WIB, pada partai leg kedua 16 besar Liga Europa. Pasukan Juergen Klopp membawa modal kemenangan 5-1 dari laga pertama.

Pesta gol Liverpool sudah dibuka pada menit ketujuh lewat Darwin Nunez. Hingga menit ke-14, tuan rumah bahkan sudah unggul 4-0 masing-masing melalui Bobby Clark, Mohamed Salah, dan Cody Gakpo.

Sparta sempat menipiskan skor di akhir babak pertama melalui Veljko Birmancevic. Tapi gol lain dari Dominik Szoboszlai dan Gakpo menegaskan keunggulan Liverpool.

Kemenangan telak ini mengantarkan Liverpool ke perempatfinal Liga Europa dengan agregat telak 11-2.

Jalannya Pertandingan

Liverpool sudah membuka keunggulan pada menit ketujuh. Umpan silang Dominik Szoboszlai dari kanan dituntaskan dengan tenang oleh Darwin Nunez.

GOL! Dari sepak mula yang dilakukan Sparta, Liverpool kembali mencetak gol. Mohamed Salah menekan dan membuat bola mengarah ke Bobby Clark. Clark menuntaskannya dalam posisi leluasa.

GOL! Liverpool unggul tiga gol pada menit ke-10. Kali ini giliran Clark yang melakukan tekanan dan membuat Sparta kehilangan bola di area sendiri. Clark mengarahkan bola ke Salah, yang melepaskan sepakan ke pojok kiri gawang.

4-0! Liverpool sudah memimpin 4-0 pada menit ke-14. Salah menusuk di kanan dan melepaskan umpan silang yang diselesaikan oleh Cody Gakpo usai melepaskan diri dari pengawalan.

Nunez membuang peluang besar di depan gawang. Sepakannya menyambut umpan Salah melambung.

GOL! Sparta Praha memperkecil ketertinggalan pada menit ke-42. Veljko Birmancevic menahan tekanan dari Joe Gomez untuk menuntaskan umpan terobosan Angeo Preciado.

GOL! Liverpool memimpin 5-1 di awal babak kedua. Sepakan Szoboszlai membentur bek Sparta dan masuk ke pojok kanan bawah gawang.

6-1! Liverpool unggul 6-1 pada menit ke-55. Sepakan keras Harvey Elliott disontek Gakpo dengan tumit dan membawa Liverpool memimpin lebih jauh.

Tekanan Liverpool bikin Sparta kehilangan bola di pertahanan sendiri pada menit ke-84. Elliott menusuk lewat tengah dan sepakannya masih bisa dihalau kiper.

Gakpo sempat mencetak gol pada menit ke-90. Namun dianulir karena offside. Tak ada gol lain di sisa waktu, Liverpool menang 6-1.

Susunan pemain:

Liverpool: Kelleher; Bradley, Quansah (Van Dijk 66′), Gomez (Tsimikas 46′), Robertson, Endo (McConnell46′), Szoboszlai, Clark (Musialowski 73′), Salah, Nunez (Elliott 46′), Gakpo

Sparta Praha: Vindahl, Preciado, Solbakken (Vydra 75′), Kairinen, Kuchta (Haraslin 58′), Birmancevic (Tuci 66′), Laçi (Sadilek 58′), Zeleny, Rynes Krejci (Panak 46′), Vitik

Editor: PARNA

Sumber: detik.com