Ketua DPRD Batam, Nuryanto /Dok. DPRD Batam

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto SH MH menyampaikan catatan penting pada musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Batam di Hotel Radisson, Sukajadi, Jumat (15/3/2024).

Catatan tersebut berkaitan dengan berbagai aspek pembangunan Kota Batam. “Ada beberapa catatan umum yang perlu kami tekankan di luar pokok-pokok pikiran Dewan,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Beberapa catatan penting yang disampaikan Nuryanto antara lain:

Pertama, Pilkada Kota Batam: Nuryanto mengingatkan tentang dana yang dibebankan kepada pemerintah daerah untuk membiayai Pilkada Kota Batam yang akan diadakan pada bulan November 2024.

Kedua, Pertumbuhan Ekonomi: Nuryanto menekankan pentingnya pemerataan akses ekonomi untuk semua level masyarakat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Batam yang di atas rata-rata nasional.

Ketiga, Pengangguran: Nuryanto menyoroti tingginya angka pengangguran di Batam yang mencapai 8,14% dan menegaskan perlunya kebijakan pengelolaan tenaga kerja yang efektif untuk mengurangi pengangguran.

Keempat, UMKM: Nuryanto mendorong penguatan UMKM di Batam dengan mengoptimalkan Perda Nomor 2 Tahun 2023 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM.

Kelima, Pengelolaan Sampah: Nuryanto meminta Pemko Batam untuk lebih serius dalam mengelola sampah dan memperhatikan amanat Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang pengelolaan persampahan dari hulu ke hilir.

Keenam, Pajak Daerah: Nuryanto menekankan pentingnya optimalisasi pengelolaan pajak daerah dan pemanfaatan potensi pajak yang belum digarap maksimal.

Nuryanto juga mengingatkan bahwa Musrenbang kali ini merupakan yang terakhir bagi anggota DPRD Batam periode 2019-2024 dan Walikota Batam.

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya menghasilkan rencana kerja tahun 2025 yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Musrenbang ini terasa istimewa karena ini adalah yang terakhir dari anggota DPRD untuk periode 2019-2024. Kita harus menghasilkan rencana kerja tahun 2025 yang baik sehingga kita semua dikenang oleh masyarakat sebagai wakil rakyat yang maksimal memperjuangkan aspirasi mereka,” ujar Nuryanto.

Musrenbang ini dihadiri oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Batam, unsur forkopimda, anggota DPRD, tokoh masyarakat, organisasi pemuda, BP Batam, dan perwakilan dari Pemprov dan DPRD Kepri.

Editor: PARNA