Sekdaprov Kepri Adi Prihantara saat memimpin rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) untuk persiapan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin. (Foto: dok Humas Pemprov Kepri)

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Adi Prihantara memimpin rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) untuk persiapan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin ke Ibukota Provinsi Kepulauan Riau Tanjungpinang. Rapat dilaksanakan di Gedung Daerah, Selasa (12/3/2024) dan dihadiri oleh seluruh FKPD.

Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin yang juga Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) dijadwalkan tiba di Tanjungpinang pada, Kamis (14/3). Selanjutnya akan melakukan shalat terawih berjamaah di masjid Al Uswah Batu 10.

Tujuan kehadiran Wakil Presiden RI ke Tanjungpinang adalah untuk membuka langsung Kegiatan Kepulauan Riau (Kepri) Halal Fair 2024 yang akan dilangsungkan pada Jumat, 15 Maret 2024 bertempat di Pelataran Tugu Sirih, Depan Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Wapres akan disambut dan didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad beserta jajaran FKPD. Oleh sebab itu, Adi Prihantara berharap seluruh petugas yang terlibat dalam penyambutan Wakil Presiden RI kali ini bisa lebih memaksimalkan lagi dalam berkoordinasi, baik dalam hal keamanan dan sebagainya.

“Rapat kita ini adalah untuk memaksimalkan persiapan penyambutan sosok yang sama-sama kita hormati, yakni Wakil Presiden RI ke Tanjungpinang. Saya harap koordinasi di lintas sektor berjalan baik, terutama menyangkut keamanan dan kenyamanan,” kata Adi.

Sebelumnya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri Luki Zaiman Prawira, mengatakan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Kepri telah mengundang Wapres Ma’ruf Amin untuk dapat membuka langsung kegiatan yang bertajuk Kepulauan Riau Ramadan Fair (KURMA) 2023 ini.

“Selain itu, dalam kunjungannya ke Kepri kali ini, Wapres juga dijadwalkan akan sholat jumat dan sholat tarawih di Tanjungpinang bersamaan dengan Safari Ramadan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Wapres juga diundang untuk membuka
Seminar Internasional ‘Navigating Global Halal Value Chain’,” kata Luki.

Sebagai informasi, Provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu dari 24 provinsi di Indonesia yang telah mendirikan KDEKS diminta untuk melaksanakan Festival Halal Fair 2024 pada bulan Ramadhan tahun ini.

Menurut Luki, kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Daerah, Tugu Sirih Gurindam 12 dan Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang. Acara akan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari mulai hari Jumat tanggal 15 Maret 2024 sampai dengan Minggu, 24 Maret 2024.

“Pemprov Kepri berencana menjadikan Kepri Ramadan FEST sebagai agenda rutin setiap tahun dari Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Luki.

Adapun KURMA 2024 akan menyelenggarakan beberapa agenda diantaranya Sertifikasi Halal, Halo Dinda (Hadir di Lokasi Dampingi Input NIB Anda), Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak, Lomba Dakwah Da’i Cilik, Lomba Pondok Pesantren Unggulan, Lomba Lembaga Ziswaf Unggulan, dan Lomba Band Akustik Islami.

Kemudian Indonesia International Chef Competition, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Nasyid Sholawat, Lomba Memasak Olahan Laut, Lomba Wirausaha Muda Syariah, High School Fashion Design Competition, Lomba Kaligrafi, Lomba Adzan Dewasa, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Mewarnai, Lomba Konten Eksyar.

Editor: PARNA