Foto: Rumah Warren Buffett/Colleen Kane @COLLEENKANE via CNBC.com)

Investor sukses Warren Buffett ternyata kerap menjalankan gaya hidup yang cukup sederhana sebagai seseorang yang termasuk dalam deretan orang terkaya di dunia. CEO Berkshire Hathaway itu diketahui masih menempati rumah tua yang dibelinya pada tahun 1958.

Melansir dari CNBC Make It, Buffet membeli rumah tersebut dengan harga US$ 31.500 yang setara dengan Rp 488 juta dengan kurs saat ini (Rp 15.519). Bila dibandingkan dengan kurs pada tahun 1958, sebenarnya harga rumah tersebut bisa sampai 10 kali lipat lebih rendah daripada sekarang.

Buffett mengaku tidak berencana untuk pindah ke rumah yang lebih mewah. Ia merasa rumahnya masih nyaman untuk dihuni.

“Saya senang di sana (Rumah di Omaha). Saya baru akan pindah kalau saya merasa lebih bahagia di tempat lain,” ucap Buffett, dikutip Selasa (12/3/2024).

Rumah Buffett berlokasi di Omaha, Nebraska, AS dan berjarak lima menit dari kantor pusat Berkshire Hathaway. Rumah itu mempunyai luas 6.570 kaki atau sekitar 610 meter persegi.

Berdasarkan perkiraan perusahaan properti Zillow, nilai rumah Buffett sudah mencapai US$1,2 juta atau sekitar Rp 18,6 miliar saat ini. Buffet pun menilai rumah tersebut merupakan salah satu investasi terbaik yang pernah dilakukannya, selain cincin kawinnya.

“Rumah ini baik-baik saja. Saya merasa hangat di musim dingin, saya merasa sejuk di musim panas. Rumah ini nyaman bagi saya. Saya tidak bisa membayangkan punya rumah yang lebih baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Buffett memang pengusaha yang terkenal sederhana yang terlihat dari gaya hidupnya yang hemat. Salah satu bukti kesederhanaannya, Buffett baru mengganti telepon genggam seharga US$ 20 atau sekitar Rp 310 ribu miliknya menjadi iPhone 11 pada 2020.

Padahal, iPhone 11 sudah dirilis sejak 2019 dan Apple adalah bisnis terbesar ketiga Berkshire Hathaway. Kemudian, Buffett juga diketahui tidak pernah menghabiskan uang lebih dari US$ 4 atau sekitar Rp 62 ribu untuk sarapan.

Menurut Forbes rich list, kekayaan pria ini kini mencapai US$ 132 miliar atau setara Rp 2.048 triliun (kurs: Rp 15.520)

Editor: PARNA
Sumber: detik.com