Liverpool menahan imbang Manchester City 1-1 dalam duel sengit lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (10/3).

Man City membuka keunggulan pada menit ke-23. Memanfaatkan sepak pojok Kevin De Bruyne, John Stones berhasil mencetak gol dari sudut sempit tanpa mampu diantisipasi kiper Caoimhin Kelleher.

Jurgen Klopp memutuskan untuk mencadangkan Mohamed Salah di babak pertama. Alhasil serangan Liverpool, terutama dalam hal penyelesaian akhir, sangat buruk.

Pada menit ke-31, Dominik Szoboszlai membuang peluang emas di dalam kotak penalti. Meski tidak terkawal, Szoboszlai gagal mengarahkan sundulan ke gawang Man City yang dikawal Ederson.

Man City terlihat lebih tajam di babak pertama. Pada menit ke-36 aksi solo run Kevin De Bruyne berakhir dengan tendangan dari luar kotak peanlti yang berubah arah ke sisi kanan gawang setelah mengenai pemain Liverpool.

Erling Haaland kemudian hampir menggandakan keunggulan Man City pada menit ke-39. Setelah memenangi duel satu lawan satu dengan Virgil van Dijk, namun penyelesaian akhirnya masih lemah.

Liverpool punya dua peluang bagus untuk menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama. Namun usaha Luis Diaz dan Szoboszlai gagal membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Man City bertahan hingga turun minum.

Satu menit babak kedua berjalan, bencana bagi Man City terjadi. Sebuah backpass tidak sempurna Nathan Ake ke Ederson membuat Liverpool mendapat penalti. Ederson terpaksa melanggar Darwin Nunez yang berhasil merebut bola.

Alexis Mac Allister yang dipercaya menjadi eksekutor penalti berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Enam menit kemudian Ederson digantikan Stefan Ortega karena cedera.

Klopp kemudian memasukkan Mohamed Salah pada menit ke-61 untuk menggantikan Szoboszlai. Salah langsung hampir memberi assist cantik kepada Luis Diaz pada menit ke-63. Sayang Diaz gagal mencetak gol meski tinggal berhadapan dengan Ortega.

Asyik menyerang, gawang Liverpool hampir kebobolan menit ke-73. Berawal dari umpan silang dari sisi kanan pertahanan Liverpool, bola berhasil ditinju Kelleher, tapi kemudian mengenai Phil Foden. Bola rebound langsung mengenai mistar gawang Liverpool.

Menit ke-88, Man City kembali mendapat peluang emas melalui Jeremy Doku, tapi tendangannya hanya membentur tiang gawang.

Kontroversi terjadi saat injury time berjalan delapan menit. Doku melanggar Mac Allister di kotak penalti Man City, tapi wasit Michael Oliver tidak memberi penalti untuk Liverpool. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Hasil imbang ini membuat Arsenal tetap di puncak klasemen Liga Inggris dengan 64 poin, unggul selisih gol atas Liverpool. Sedangkan Man City ada di posisi ketiga dengan 63 poin.

Susunan pemain

Liverpool: Caoimhin Kelleher; Conor Bradley (Andy Robertson, 61′), Jarell Quansah, Virgil van Dijk, Joe Gomez; Dominik Szoboszlai (Mohamed Salah, 61′), Wataru Endo, Alexis Mac Allister; Harvey Elliot, Darwin Nunez (Cody Gakpo, 76′), Luis Diaz.

Manchester City: Ederson (Stefan Ortega, 56′); Kyle Walker, Manuel Akanji, Nathan Ake; John Stones, Rodri; Phil Foden, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Mateo Kovacic, 69′), Julian Alvarez (Jeremy Doku, 69′); Erling Haaland.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com