Secara umum, rasisme adalah kepercayaan bahwa perbedaan antara berbagai individu/kelompok ras manusia akan menentukan pencapaian budaya.

Rasisme disebut juga dengan rasialisme. Paham rasisme menganggap bahwa beberapa ras pada dasarnya lebih unggul daripada ras yang lain.

Pengertian Rasisme
Dikutip dari Ensiklopedia Britannica, rasisme adalah keyakinan bahwa manusia bisa golongkan menjadi entitas biologis yang terpisah dan eksklusif yang disebut “ras”.

Di mana, dalam ras tersebut adalah hubungan sebab akibat antara ciri-ciri fisik yang diwariskan, ciri-ciri kepribadian, kecerdasan, moralitas, ciri-ciri budaya, dan perilaku lainnya.

Paham ini menyangkal suatu kesetaraan manusia dan menyangkutpautkan kemampuan dengan komposisi fisik.

Menurut Australian Human Rights Commission, rasisme juga terjadi dalam sistem dan institusi yang berjalan dengan cara yang mengarah pada ketidakadilan.

Bahkan, beberapa ahli percaya bahwa rasisme mungkin sulit untuk diberantas.

Jenis Rasisme
Dikutip dari buku Konseling Lintas Budaya oleh Diana Ariswanti Triningtyas, secara umum, jenis rasisme bisa dikelompokkan sebagai personal atau institusional.

1. Rasisme Personal
Rasisme personal merupakan rasisme yang yang terdiri dari perilaku, tindakan, kepercayaan, atau tindakan rasis sebagai bagian dari seorang individu.

2. Rasisme Institusional
Rasisme institusional merujuk pada perilaku merendahkan, antipati, atau perlakuan tidak adil terhadap ras tertentu yang dilakukan oleh institusi sosial tertentu. Contohnya dilakukan oleh perusahaan, sekolah, rumah sakit, ataupun lembaga peradilan kriminal.

Meskipun bentuk rasisme ini bisa disengaja atau tidak, dampak yang ditimbulkannya bisa sangat besar pada suatu masyarakat atau kelompok.

Contoh Rasisme
Dalam pandangan umum, “ras” turut dikaitkan dengan perbedaan fisik di antara orang-orang. Contoh rasisme yaitu seperti ciri warna kulit gelap, yang dipandang sebagai penanda status rendah.

Cara Menghindari Rasisme
Menurut Samar, dkk., dalam Triningtyas, berikut adalah langkah-langkah untuk mengurangi perilaku rasisme oleh diri sendiri ataupun orang lain:

Menghormati semua orang dan menghargai kebebasan.
Mencoba untuk jujur pada diri sendiri saat mempunyai pandangan rasial.
Menyatakan ketidaksetujuan diri terhadap setiap bercandaan atau hinaan terhadap ras, setiap kali kamu mendengarnya.
Kesimpulannya, rasisme adalah suatu keyakinan bahwa kelompok ras tertentu lebih rendah dibandingkan ras lain.

Sikap rasisme bukanlah tindakan terpuji. Oleh karena itu, kita perlu menghindari paham yang satu ini.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com