Sesuai dengan prediksi para ahli, mocktail coffee jadi tren di 2024. Ternyata ini manfaat sehat konsumsi kopi yang dicampur dengan buah-buahan.

Seiring berkembangnya zaman, kopi tak hanya disajikan sebagai minuman hitam yang pahit. Pada akhir 2023 lalu banyak barista dan ahli yang memprediksikan mocktail coffee akan menjadi tren di 2024.

Mocktail coffee atau kopi mocktail merupakan racikan kopi yang terinspirasi dari minuman cocktail tetapi dibuat bebas alkohol. Bahan campuran bisa berbagai macam jenis perasa hingga buah-buahan yang menyegarkan.

Akhir-akhir ini sedang banyak dikembangkan racikan kopi dengan menambahkan buah ke dalamnya. Ternyata tak hanya menyegarkan tetapi kopi mocktail dengan tambahan buah juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Berikut ini 5 manfaat racikan kopi campur buah menurut beberapa sumber:

1. Nutrisi lebih kaya
Setiap kopi yang ditambahkan buah-buahan ke dalamnya akan mendapatkan tambahan nutrisi secara alami. Kopi itu sendiri sudah memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-selnya.

Ketika ditambahkan nutrisi dan vitamin dari buah-buahan, kandungannya akan lebih melimpah. Misalnya seperti tambahan vitamin C dari menambahkan lemon dan jeruk atau mineral lain yang juga terkandung dalam buah.

Selain itu beberapa buah juga dinilai dapat memberikan tambahan rasa manis secara alami ke dalam secangkir kopi. Hasilnya kopi yang dinikmati akan lebih rendah kalori dibandingkan dengan penambahan pemanis buatan.

2. Menguatkan imunitas
Kandungan vitamin dan nutrisi pada makanan atau minuman yang dikonsumsi sangat memengaruhi tubuh. Salah satunya ketika memadukan antioksidan dari dalam kopi dengan vitamin C yang ada pada buah-buahan.

Kedua komponen ini dalam mencegah terjadinya stres oksidatif yang berdampak pada kerusakan sel tubuh. Selain itu, ketika tubuh sedang sakit perpaduan antioksidan dan vitamin C akan meminimalisir peradangan dari sifat antiinflamasi yang dimiliki keduanya.

Racikan kopi untuk menguatkan imunitas ini bisa didapatkan dengan beberapa buah yang menyegarkan. Misalnya menambahkan jeruk, lemon, atau bahkan kiwi yang terasa manis, sedikit asam, tetapi menyegarkan.

3. Menurunkan berat badan
Merujuk pada Healthline, dijelaskan bahwa kepercayaan konsumsi kopi ditambah lemon untuk menurunkan berat badan diakui kebenarannya. Tetapi cara kerjanya bukan melelehkan cadangan lemak di dalam tubuh.
Konsumsi lemon yang dicampur dengan kopi dapat memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh. Tumpukan lemak kemudian akan menjadi bahan bakar untuk pembakaran kalori dan peningkatan metabolisme tersebut.

Hasilnya secara perlahan kadar lemak di dalam tubuh akan terus berkurang. Menurut penelitian ahli efeknya akan lebih maksimal apabila diimbangi dengan olahraga rutin yang tepat.

4. Meningkatkan energi
Lifeboost menyebut ada khasiat khusus dari menyampurkan alpukat baik dalam bentuk buah maupun ekstraknya ke dalam secangkir kopi. Alpukat secara alami memiliki kandungan lemak sehat yang tidak akan menumpuk menjadi cadangan kalori di dalam tubuh.

Menambahkan alpukat ke dalam secangkir kopi dapat membantu memproduksi energi. Buah ini juga dapat memperkaya kandungan serat dan lemak sehat dengan mengimbangi lonjakan energi dari kafein pada kopi.

Sebagian ahli mengatakan bahwa menambahkan alpukat ke dalam kopi cocok untuk penderita intoleran kafein. Sehingga dua keuntungan yaitu mendapatkan tambahan energi dan kafein yang tak terlalu kuat bisa didapatkan dalam satu cangkir bersamaan.

5. Memperbaiki pencernaan
Menambahkan buah-buahan tertentu ternyata juga dapat menyehatkan pencernaan melalui konsumsi kopi. Hal ini dijelaskan oleh Cupital.com yang menyebut khasiat dari menyampurkan kopi dengan ceri dan atau kurma.

Ceri dan kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti yang menjadi kepercayaan umum, asupan serat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat membantu meningkatkan kualitas pencernaan manusia.

Serat menjadi makanan yang dibutuhkan oleh bakteri baik di dalam usus guna menciptakan lingkungan yang sehat untuk mencerna makanan. Selain itu menyampurkan kopi dengan buah-buahan seperti mangga, leci, kurma, hingga ceri juga dapat menjaga kesehatan otot.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com