Manchester City melakoni comeback saat menjamu Manchester United. Sempat tertinggal duluan, Citizens akhirnya menang 3-1 lewat sepasang gol Phil Foden.

Pada pertandingan di Etihad Stadium, Minggu (3/3/2024) malam WIB, Marcus Rashford membawa MU unggul duluan pada menit kedelapan. City bangkit di babak kedua untuk mencetak tiga gol lewat Foden (2x) dan Erling Haaland.

City tetap menguntit Liverpool di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 62 poin dari 27 laga, selisih satu angka. MU tertahan di posisi keenam dengan 44 poin.

Jalannya laga Man City Vs MU

City langsung menekan sejak menit awal. Mereka sudah meminta penalti saat John Stones dijatuhkan Casemiro di kotak terlarang saat melakukna penetrasi. Tapi, VAR menyatakan Stones terjatuh karena kakinya menabrak Casemiro.

MU membuat kejutan dengan mencetak gol lewat peluang pertamanya pada menit kedelapan. Diawali tendangan panjang dari Andre Onana yang mengarah langsung ke Bruno Fernandes di pertahanan City.

Fernandes lolos perangkap offside dan mampu melindungi bola yang coba direbut Ruben Dias. Fernandes lantas mengumpan ke Rashford yang langsung menembak dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok kiri atas gawang Ederson Moraes.

City membalas lewat serangan cepat yang berakhir di kaki Phil Foden usai mendapatkan bola terobosan Bernardo Silva pada menit ke-15. Silva langsung menembak tapi bisa ditepis kaki Onana.

Empat menit kemudian Foden punya kans emas lagi dari Foden yang berada dalam posisi 1 on 1 dengan Onana, setelah mendapat bola daerah Kevin De Bruyne. Onana bisa membendung bola sepakan Foden dan menghasilkan sepak pojok.

City terus menggempur pertahanan MU dan mendapat peluang lagi lewat Haaland pada menit ke-33. Bola crossing yang membentur Casemiro mengarah ke Haaland yang menanduknya tapi masih melayang di atas mistar.

Rodri menguji Onana pada menit ke-35 lewat sepakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kanan yang bisa ditepis Onana.

Haaland mendapat peluang terbaik pada menit ke-45 saat dia mendapat umpan sundulan dari Foden di depan gawang kosong. Haaland yang tinggal menceploskan jadi gol, malah mengarahkannya ke atas gawang.

Babak pertama tuntas untuk keunggulan MU 1-0.

Masuk di babak kedua, City masih mendominasi permainan dan berupaya mencari gol penyama kedudukan. Gol itu didapat pada menit ke-56 ketika Foden mencatatkan namanya di papan skor.

Foden membalas gol Rashford dengan cara yang sama. Menusuk dari sisi kanan penyerangan City, Foden melewati Victor Lindelof dan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang membuat bola bersarang di pojok kiri atas gawang Onana.

Phil Foden membalas lewat gol jarak jauh di awal babak kedua. (Foto: PA Images via Getty Images/Mike Egerton – PA Images).
City setelah itu terus menggempur MU dan akhirnya berbalik unggul 2-1 lewat gol kedua Foden pada menit ke-80. Foden memainkan umpan 1-2 dengan Julian Alvarez di sisi kiri kotak penalti MU, sebelum menuntaskan dengan sepakan ke tiang jauh gawang Onana.

Haaland! Striker Norwegia itu kembali menambah pundi golnya musim ini menjadi 18 sekaligus mengubah skor jadi 3-1 untuk keunggulan City. Diawali kesalahan Sofyan Amrabat dalam menguasai bola di kotak penalti, Rodri merebutnya dan memberikan ke Haaland yang langsung menembak ke gawang.

Skor 3-1 bertahan untuk kemenangan City di akhir laga.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com