Zumba terbilang sebagai olahraga yang menyenangkan.  Pasalnya, zumba diiringi dengan lagu-lagu populer dan koreografi atau gerakan yang terinspirasi dari tarian Latin.

Menariknya, aktivitas fisik ini ternyata dapat membakar kalori, lho. Kamu penasaran, zumba membakar berapa kalori? Simak ulasannya berikut ini.

5 Manfaat dari Olahraga Zumba Zumba membakar berapa kalori?

Melansir dari Byrdie, ternyata zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 400 hingga 600 kalori selama satu sesi.

Instruktur Yoga, Kiara Horwitz, mengatakan, selain membakar kalori, olahraga yang satu ini dapat mengencangkan tubuh.

“Zumba adalah cara yang bagus untuk bergerak dan menari. Gerakan zumba menargetkan banyak kelompok otot yang berbeda sekaligus untuk mengencangkan tubuh secara total,” ujar Horwitz dilansir dari Byrdie.

Sumber lainnya mengungkapkan, zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 300 dan 900 kalori selama satu jam, dilansir dari Healthline.

Sebuah studi pada 2012 terhadap 19 peserta zumba wanita berusia 18 hingga 22 tahun mengungkapkan, mereka berhasil membakar rata-rata 9,5 kalori per menit.

Kelas zumba tersebut berlangsung selama 40 menit, sehingga total kalori yang dibakar selama sesi itu mencapai rata-rata 369 kalori.

Jumlah kalori yang berhasil dibakar itu, lebih banyak dibandingkan olahraga lain, seperti kickboxing, aerobik, atau power yoga dengan durasi yang sama. Namun, banyak kalori yang terbakar selama zumba dipengaruhi beberapa faktor.

Meliputi, usia, berat badan, kebugaran fisik, genetika, dan intensitas selama latihan.

Apa zumba bisa menurunkan berat badan?

Pertanyaan lain yang kerap dilontarkan adalah apa zumba bisa menurunkan berat badan?

Melansir dari Healthline, ternyata zumba dapat menurunkan berat badan, dengan sejumlah ketentuan.

Jika ingin menurunkan berat badan, maka kamu hendaknya melakukan zumba dengan intensitas tinggi. Sebab, untuk menurunkan berat badan, maka kamu perlu membuat defisit kalori.

Salah satunya dengan membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang dikonsumsi. Selain itu, kamu dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian, meningkatkan aktivitas fisik, atau kombinasi keduanya.

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu bisa melakukan zumba selama dua hingga tiga kali seminggu, dikombinasikan dengan latihan kekuatan fisik lain secara mingguan dan diet seimbang.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa menurunkan berat badan terlalu cepat bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi, jika kamu membakar kalori ekstra saat berolahraga, maka usahakan untuk mengonsumsi cukup kalori.

Misalnya, jika kamu berhasil membakar 300 kalori di kelas zumba, usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 1.500 kalori untuk perempuan dan 1.800 kalori bagi laki-laki.

Perhitungan kalori tersebut sesuai dengan kebutuhan kalori per hari, yakni minimal 1.200 kalori per hari untuk perempuan dan minimal 1.500 kalori per hari untuk laki-laki.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com