Minum kopi dapat membuat tubuh terasa lebih segar sehingga terhindar dari rasa mengantuk.

Namun, apa efek minum kopi tanpa gula setiap hari? Ternyata, minum kopi tanpa gula setiap hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping tertentu untuk beberapa orang.

Namun, Anda yang lebih sensitif terhadap kafein bisa mengalami beberapa efek samping, seperti merasa cemas, sulit tidur, dan sakit perut. Untuk lebih jelasnya, ketahui efek minum kopi tanpa gula setiap hari dan batas konsumsi kafein per hari berikut ini. Baca juga: Apa Efek Minum Kopi Susu Setiap Hari? Berikut 10 Daftarnya… Apa efek minum kopi tanpa gula setiap hari?

Ternyata, minum kopi tanpa gula setiap hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping tertentu jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Dilansir dari Healthline, minum kopi tanpa gula setiap hari dalam batas wajar tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Meskipun begitu, orang-orang yang lebih sensitif terhadap kafein dapat mengalami efek samping yang menimbulkan rasa tidak nyaman meskipun hanya minum sedikit.

Beberapa efek minum kopi tanpa gula setiap hari secara berlebihan, atau pada orang-orang yang lebih sensitif terhadap kafein, yakni:

  • Memicu produksi hormon adrenalin secara berlebihan sehingga menyebabkan rasa cemas dan gugup
  • Meningkatkan risiko insomnia sehingga sulit untuk tidur dan tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari
  • Meningkatkan produksi hormon gastrin di dalam lambung sehingga memperburuk gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) dan menyebabkan diare
  • Meningkatkan risiko rhabdomiolisis di mana jaringan otot rusak, namun risiko ini tergolong langka untuk dialami
  • Meningkatkan risiko kecanduan, secara fisik dan mental, khususnya jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang lama
  • Meningkatkan tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung dan stroke juga akan meningkat
  • Mempercepat irama denyut jantung
  • Menurunkan energi secara signifikan ketika efek kafein sudah hilang dari tubuh
  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil dan inkontinensia urine, termasuk pada orang-orang dengan kandungan kemih yang sehat

Beberapa efek samping tersebut umumnya dapat terjadi ketika jumlah kopi yang diminum melebihi batas wajar, atau pada orang-orang yang lebih sensitif pada kafein.

Artinya, beberapa orang tidak akan mengalami efek samping yang serius meskipun minum kopi hitam tanpa gula setiap hari.

Batas konsumsi kafein per hari

Memperhatikan batas konsumsi kafein per hari sangatlah penting untuk menurunkan risiko efek samping yang akan terjadi.

Dilansir dari Mayo Clinic, batas konsumsi kafein per hari yang disarankan untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 400 miligram (mg).

Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi, 10 botol minuman bersoda, atau dua botol minuman penambah energi.

Namun, jumlah kafein pada masing-masing produk akan berbeda sehingga

Anda perlu memperhatikan kandungan bahan pada minuman atau makanan yang dibeli sehingga tidak melebihi batas aman yang disarankan.

Sedangkan untuk wanita hamil atau mencoba untuk hamil, disarankan untuk membatasi kafein dan tidak melebihi 200 mg per hari.

Memahami apa efek minum kopi tanpa gula setiap hari sangatlah penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Meskipun begitu, beberapa orang mungkin tidak akan mengalami efek samping tertentu sehingga Anda perlu memperhatikan respons tubuh setelah minum kopi.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com