Samsung memamerkan perangkat terbaru mereka, Galaxy Ring, di ajang World Mobile Congress (WMC) 2024 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Seperti apa kecanggihannya?

Galaxy Ring jadi salah satu primadona dalam gelaran MWC tahun ini. Sebelumnya, Samsung juga sempat memberikan bocoran soal cincin pintar ini pada peluncuran Galaxy S24 Series pertengahan bulan lalu.

Melansir Engadget, perangkat ini bakal berpusat pada aktivitas kesehatan dan kebugaran. Perangkat ini akan hadir dalam tiga warna, yakni perak platinum, emas, dan hitam keramik.

Belum banyak penjelasan mengenai cincin pintar keluaran Samsung ini. Namun, sejumlah pihak mengatakan Galaxy Ring akan menjadi perangkat wearable yang berorientasi pada kesehatan dan bakal diposisikan untuk menyaingi Oura dan memiliki serangkaian sensor.

Hon Pak, VP & Head Digital Health Team, MX Business, Samsung Electronic, mengatakan Galaxy Ring akan menawarkan cara baru untuk memudahkan aktivitas kesehatan sehari-hari, “memberdayakan mereka dengan wawasan yang lebih luas dan lebih banyak cara untuk memahami diri mereka sendiri, siang dan malam”.

“Dengan Galaxy Ring, pengguna dapat merasakan pengalaman yang tak tertandingi dalam setiap langkah perjalanan kesehatan mereka, yang semuanya sejalan dengan visi Samsung yang lebih luas untuk platform kesehatan digital yang lebih terhubung, terintegrasi, dan tanpa batas,” kata Pak, mengutip laman resmi Samsung.

Cincin ini juga akan melacak kualitas tidur berdasarkan detak jantung, gerakan, dan pernapasan, kemudian memberikan saran kepada pengguna berdasarkan hal tersebut. Perusahaan juga mengambil data dari mitra Natural Cycles, yang sudah melakukan pelacakan kesuburan pada Galaxy Watch, yang cocok dengan fitur utama Oura.

Galaxy Ring juga menawarkan fitur baru, My Vitality Score yang mengukur tingkat kewaspadaan sehingga pengguna dapat mengetahui apakah mereka dalam kondisi terbaiknya. Feed back akan tersedia melalui “Booster Cards” yang menawarkan tips berbasis sains dengan menggunakan data tidur dan data lainnya yang dikumpulkan oleh perangkat.

Galaxy Ring akan menjadi bagian dari ekosistem Samsung Health dan kompatibel dengan Galaxy Watch. Artinya, Anda akan dapat menggunakan kedua perangkat sekaligus untuk melacak kesehatan Anda dan mendapatkan data yang lebih berkualitas.

Meski sudah memperkenalkan Galaxy Ring lewat gelaran MWC, Samsung belum menjual perangkat ini ke publik. Namun begitu, Samsung dikabarkan bakal segera menjual Galaxy Ring pada tahun ini.

Melansir Sammobile, Samsung diduga bakal merilis Galaxy Ring pada smester kedua tahun ini berbarengan dengan acara Galaxy Unpacked untuk merilis Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com