Tangan kesemutan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Anda yang kerap mengalami kesemutan dapat melakukan perubahan kebiasaan, seperti mengompresnya dengan es dan melakukan perubahan kebiasaan.

Selain itu, Anda juga dapat memijatnya dengan lembut untuk mengurangi gejala kesemutan yang muncul dan menguatkan tangan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui obat alami untuk tangan yang sering kesemutan berikut ini.

Tangan yang sering kesemutan bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan tertentu sehingga cara mengatasinya akan tergantung dari penyebabnya.

Namun, tangan kesemutan umumnya dapat normal kembali dan membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan dan perawatan apapun.

Meskipun begitu, ada beberapa pengobatan alami untuk mengatasi tangan kesemutan agar terasa lebih nyaman dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Disarikan dari Healthline dan Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa obat alami untuk tangan yang sering kesemutan yang bisa dicoba.

  • Mengompres dengan es

Mengompres dengan es atau merendamnya dengan es selama 10 hingga 15 menit dapat mengurangi sensasi kesemutan dan sakit.

Meskipun hasilnya tidak permanen, Anda bisa melakukan cara ini setiap satu hingga dua kali dalam satu jam hingga tangan kesemutan berangsur membaik.

  • Menggunakan wrist splints

Kesemutan bisa jadi disebabkan oleh posisi tangan yang tidak baik atau terdapat tekanan dari benda lain, termasuk tubuh.

Menggunakan wrist splints, atau perban pergelangan tangan, dapat membuat tangan tetap lurus dan menurunkan risiko kesemutan

  • Menggoyangkan tangan

Kesemutan yang datang tiba-tiba dapat diatasi dengan menggoyangkan tangan dan pergelangan tangan dengan lembut.

Goyangan pada tangan akan mengurangi tekanan pada saraf sehingga sensasi kesemutan akan berangsur menghilang.

  • Melakukan perubahan kebiasaan

Kebiasaan yang dilakukan dapat memberikan tekanan berlebih pada saraf di tangan sehingga Anda akan lebih sering kesemutan.

Melakukan perubahan kebiasaan diperlukan agar frekuensi kesemutan berkurang atau tidak terjadi sama sekali, seperti menyesuaikan tinggi kursi dan meja saat bekerja.

Menggenggam dan membuka telapak tangan Tangan yang kesemutan dapat diatasi dengan melakukan gerakan menggenggam dan membukanya secara berulang.

Gerakan ini dapat melancarkan aliran darah di tangan dan mengurangi sensasi kesemutan yang muncul. Memijat tangan Memijat area tangan dapat mengurangi kekakuan otot dan melancarkan aliran darah.

Bahkan, beberapa orang yang melakukan pijatan di tangan jarang mengalami kesemutan atau mengalami penurunan frekuensi kesemutan. Melakukan yoga atau meditasi Deep breathing, atau pernapasan dalam, kerap dilakukan saat yoga dan meditasi sehingga Anda merasa lebih rileks dan teralihkan dari rasa nyeri karena kesemutan.

Selain itu, gerakan yoga juga dapat meningkatkan kelenturan dan mengurangi frekuensi kesemutan di tangan. Memahami obat alami untuk tangan yang sering kesemutan sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan yang diperlukan.

Meskipun begitu, sering kesemutan bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius sehingga Anda diimbau untuk segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Melakukan perubahan kebiasaan diperlukan agar frekuensi kesemutan berkurang atau tidak terjadi sama sekali, seperti menyesuaikan tinggi kursi dan meja saat bekerja.

  • Menggenggam dan membuka telapak tangan

Tangan yang kesemutan dapat diatasi dengan melakukan gerakan menggenggam dan membukanya secara berulang.

Gerakan ini dapat melancarkan aliran darah di tangan dan mengurangi sensasi kesemutan yang muncul.

  • Memijat tangan

Memijat area tangan dapat mengurangi kekakuan otot dan melancarkan aliran darah.

Bahkan, beberapa orang yang melakukan pijatan di tangan jarang mengalami kesemutan atau mengalami penurunan frekuensi kesemutan.

  • Melakukan yoga atau meditasi

Deep breathing, atau pernapasan dalam, kerap dilakukan saat yoga dan meditasi sehingga Anda merasa lebih rileks dan teralihkan dari rasa nyeri karena kesemutan.

Selain itu, gerakan yoga juga dapat meningkatkan kelenturan dan mengurangi frekuensi kesemutan di tangan.

Memahami obat alami untuk tangan yang sering kesemutan sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan yang diperlukan.

Meskipun begitu, sering kesemutan bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius sehingga Anda diimbau untuk segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Editor: PARNA

Sumber: kompascom