Rata-rata pekerja di dunia merasa tidak bahagia, stres, hingga depresi. Ternyata ada juga negara yang justru memiliki pekerja paling bahagia di dunia.

Kebahagiaan pekerja bisa jadi tergantung pada perspektif masing-masing. Hal ini juga terlihat dari sebuah studi yang dilakukan Randstad. Studi ini menemukan, sebanyak 56 persen pekerja memang merasa ambisius.

Tapi, walau banyak yang ambisius, masih banyak juga yang justru mengedepankan keseimbangan kerja. Mereka ingin menciptakan rasa memiliki dibandingkan menaiki tangga karier di tempat bekerja.

Intinya, agar pekerja merasa bahagia penguasa atau pemberi kerja juga harus memahami perasaan dan keinginan para pekerja ini. Sebab, baik pekerja maupun pemberi kerja sama-sama berkontribusi dalam kualitas kebahagiaan di dunia kerja mereka.

Anda mungkin bisa menilai dari 10 negara yang masuk dalam daftar pekerja paling bahagia di dunia. Berikut daftarnya:

1. Selandia baru
Skor tinggi diperoleh negara ini berkaitan dengan kualitas kebahagiaan para pekerjanya. Skor yang diraih sebanyak 79,35 untuk keseimbangan kerja.

Negara ini juga menerapkan cuti tahunan selama 32 hari. Sistem layanan kesehatan yang didanai pemerintah, hingga perekonomiannya yang kuat membuat para pekerjanya bahagia.

2. Norwegia
Untuk urusan keseimbangan kehidupan kerja atau work life balance, negara ini jawabannya. Bahkan dikatakan hanya ada sekitar satu persen saja karyawan yang bekerja sangat panjang, meskipun tetap dibayar.

3. Australia
Populasi di negara ini sekitar 26 juta orang. Angka harapan hidupnya juga cukup panjang, yakni hingga usia 81 dan 85 tahun.

Kualitas hidup yang baik ini berbanding lurus dengan kebahagiaan para pekerjanya.

4. Denmark
Kopenhagen di Denmark termasuk dalam kota dengan kualitas kehidupan pekerja paling bahagia di dunia. Selain gaji yang besar, kehidupan kerja mereka juga termasuk seimbang.

5. Kanada
Orang Kanada bisa mencapai kehidupan kerja yang baik sejak 2022 lalu. Hampir 2/3 pekerja di Kanada mengaku bahwa mereka telah mencapai keseimbangan hidup antara ranah personal dengan pekerjaan.

6. Belanda
Keseimbangan kerja di Belanda adalah yang terbaik. Selain sibuk bekerja, mereka tetap menyiapkan waktu untuk aktivitas pribadi dan rekreasi.

7. Swedia
Swedia adalah negara dengan keseimbangan kerja yang luar biasa. Lingkungan hidupnya pun sangat ramah. Mulai dari pendidikan, akses kesehatan, semua dijamin pemerintah.

8. Prancis
Keseimbangan kerja di Prancis, khususnya di Paris tergolong tinggi. Negara ini juga memiliki asuransi publik yang bagus, dan juga rata-rata jam kerja 25,6 jam seminggu. Antara kerja dan berleha-leha tentu sangat seimbang.

9. Finlandia
Waktu libur adalah wajib di negara ini. Cuti tahunan pun cukup banyak yakni sebanyak 30 hari dalam satu tahun.

Selain itu, tunjangan kerjanya juga terbilang tinggi.

10. Inggris
Negara ini mulai menerapkan teknologi AI ke dalam beberapa bidang pekerjaan. Kabarnya, penggunaan teknologi ini membuat para pekerja di negara itu memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai.

Itulah 10 negara dengan kualitas pekerja yang bahagia.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com