Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dirinya mendapatkan beberapa arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (19/2/2024).

Salah satunya arahannya adalah membantu menavigasi situasi ekonomi sebagai persiapan transisi kepemimpinan mendatang.

“Mendapatkan arahan mengenai bagaimana untuk menavigasi situasi saat-saat ini ya. Terutama, pada kondisi transisi (pemerintahan) supaya bisa berjalan dengan baik,” kata Sri Mulyani di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Namun, saat ditanya lebih lanjut soal apakah dirinya akan langsung melakukan sinkronisasi dengan pemerintahan selanjutnya, dia menyatakan hal itu akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Sri Mulyani mengaku bahwa dirinya memilih untuk mengurus soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Nanti itu Bapak Presiden lah ya. Aku enggak lah, aku ngurusin APBN saja,” ujar Sri Mulyani.

“Tapi, ya memang nanti kan tidak terhindarkan itu harus ada pembahasan antara pemerintah sekarang dengan yang akan datang,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dia juga melaporkan persiapan pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada Presiden Jokowi.

Menurut Sri Mulyani, laporan disampaikan agar THR bisa langsung diproses pada 10 hari sebelum Idul Fitri 2024. Lebih lanjut, dia menyampaikan perkembangan APBN 2024 karena ada sejumlah perubahan yang terjadi untuk sejumlah pos belanja.

Selain itu, menurut Sri Mulyani, ada pula penyesuaian (adjustment) di sejumlah pos dalam APBN 2024.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com