Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau menambah penghasilan mungkin kamu ingin mencari pekerjaan sampingan. Agar lebih mudah dilakukan, kamu mungkin bisa memilih freelance yang dapat dilakukan dari rumah.

Tak perlu khawatir soal uang, jika kemampuan kamu memenuhi permintaan pasar, gaji yang cukup banyak bisa didapatkan. Berikut tiga pekerjaan freelance paling banyak dicari di 2024.

Video Editing

Dilansir Fiverr, salah satu pekerjaan freelance yang masih booming di 2024 adalah pembuat video. Belakangan semakin banyak brand atau organisasi membutuhkan kemampuan ini untuk menyajikan video-video menarik di media sosial. Tak hanya dari perusahaan, tak sedikit YouTuber dan selebgram yang juga butuh bantuan dalam mengedit video sehingga tayang lebih cepat.

Baca juga: Kisah Wanita Tinggal Bersama Suami Sekaligus Pacar Demi Bisa Beli Rumah
Kamu yang sudah punya ilmunya, coba perdalam kemampuan dalam membuat video singkat. “Meningkatnya popularitas konten singkat dalam bentuk Reels, Shorts, dan TikTok telah meningkatkan permintaan akan pekerja freelance yang dapat membuat konten yang cepat dan menarik untuk berbagai brand,” kata Yoav Hornung dari Fiverr dilansir CNBC.

Manajemen Media Sosial
Banyak pekerjaan di dunia media sosial yang bisa dilakukan dari rumah. Bayarannya juga tidak sedikit sebagai penghasilan tambahan. Manajer dan spesialis media sosial biasanya adalah orang yang mengembangkan, mengedit, dan mempromosikan konten di berbagai platform. Tak perlu ke kantor, banyak klien yang menjadikannya sebagai pekerjaan freelance.

Mengunggah konten di media sosial bisa saja mudah. Tapi menurut Yoav Hornung, seorang spesialis adalah mereka yang bisa menjadikan konten untuk setiap brand jadi autentik. “Kemampuan untuk membuat konten yang terasa ‘otentik dan tulus’ bagi klien karena semakin banyak konsumen yang menuntut keaslian dan transparansi dari brand yang mereka dukung,’ ujar Yoav.

Freelance dalam dunia digital lain yang patut dipertimbangkan adalah ‘mobile app development’. Biasanya pekerjaan itu dilakukan oleh para software engineer yang menciptakan aplikasi untuk ponsel, tablet, komputer, dan lain-lain.

Kebutuhan untuk aplikasi semakin meningkat karena hampir semua orang punya ponsel. Berdasarkan Fiverr, pencarian “app development” mengalami peningkatan sejak awal tahun 2023. Dikatakan semakin banyak brand ingin mengadopsi ‘mobile-first’ untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjangkau informasi dengan lebih cepat.

Modal untuk Cari Pekerjaan Freelance
Untuk mencari pekerjaan freelance, tentu kemampuan yang paling dibutuhkan. Yoav pun menyarankan agar kamu juga mengolah soft skill yang justru kadang lebih dilihat oleh pihak perusahaan. “Kepercayaan adalah segala. Berinvestigasilah dalam soft skill seperti komunikasi dan organisasi, dan bukti bagaimana kamu menggunakan keterampilan ini, dapat membantu dalam membangun kepercayaan antara profesional freelance dan kebutuhan klien mereka,” kata Yoav Hornung.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com