Menghentikan kebiasaan merokok akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Bahkan studi terbaru dari Kanada dan Norwegia menyatakan dampaknya pada angka harapan hidup.

“Berhenti merokok sangatlah efektif dalam mengurangi risiko kematian, dan orang-orang dapat memperoleh manfaatnya dengan sangat cepat,” kata ilmuwan kesehatan masyarakat Prabhat Jha dari Pusat Penelitian Kesehatan Global di Unity Health Toronto, dalam Science Alert.

Jika seorang perokok dapat menjauhi kebiasaan ini hingga satu dekade, Jha dan rekannya mengatakan bahwa mereka dapat hidup sepanjang hidup seseorang yang tidak pernah merokok seumur hidupnya.

Para penulis studi tersebut selanjutnya menjelaskan bahwa jika seseorang pada usia berapa pun berhenti merokok kurang dari 3 tahun, mereka berpotensi mencegah hilangnya nyawa selama 5 tahun. Jika seseorang dapat berhenti merokok selama satu dekade, maka mereka berpotensi mencegah hilangnya nyawa selama satu dekade.

Semakin muda seorang perokok memutuskan untuk melakukan perubahan tersebut, semakin baik pula peningkatan harapan hidup mereka secara keseluruhan.

Berhenti Merokok Bisa Mengurangi Risiko Kematian

Studi selama 15 tahun itu melacak kesehatan hampir 1,5 juta orang dewasa yang tinggal di negara-negara berpenghasilan tinggi. Para peneliti di Pusat Penelitian Kesehatan Global di Kanada dan UiT – Universitas Arktik Norwegia kini telah menganalisis data tersebut sehubungan dengan risiko merokok.

Perokok yang berusia 40-80 tahun rata-rata kehilangan sekitar 12 hingga 13 tahun hidup mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok. Namun, orang-orang yang berhasil berhenti merokok selama 10 tahun hampir menghilangkan semua penyebab risiko kematian yang terkait dengan kebiasaan lama mereka. Risiko kematian akibat penyakit yang berhubungan langsung dengan merokok, seperti stroke, serangan jantung, atau kanker, juga berkurang secara signifikan.

“Banyak orang mengira sudah terlambat untuk berhenti merokok, terutama di usia paruh baya,” kata Jha.

“Tetapi hasil ini bertentangan dengan pemikiran tersebut. Tidak ada kata terlambat, dampaknya cepat dan Anda dapat mengurangi risiko berbagai penyakit utama, sehingga kualitas hidup lebih lama dan lebih baik.”

Harapan Hidup Perokok

Temuan saat ini menunjukkan bahwa manfaat berhenti merokok dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup yang signifikan, bahkan terkadang bertambah hingga total 10 tahun .

Beberapa data menunjukkan bahwa setelah satu dekade tidak merokok, risiko terkena kanker paru-paru akan berkurang setengahnya dibandingkan mereka yang tidak merokok pada usia yang sama. Setelah dua dekade, risiko serangan jantung atau stroke bisa setara dengan orang yang tidak pernah merokok. Temuan saat ini menunjukkan bahwa manfaat tersebut dapat direalisasikan lebih cepat.

“Membantu perokok berhenti adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan secara signifikan,” kata Jha.

“Hal ini dapat dilakukan dengan kepedulian, dan tanpa penilaian atau stigma, karena menyadari bahwa rokok direkayasa untuk menimbulkan kecanduan yang tinggi,” pungkas Jha.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com