Interior rumah juga bisa memberikan pengaruh terhadap nyamuk. Ada warna-warna cat dinding yang sangat disukai nyamuk. Hindari penggunaan warna-warna ini ya!

Nyamuk merupakan serangga yang sering dijumpai di rumah. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya melalui interior rumah. Ada beberapa warna yang sangat disukai nyamuk, maka dari itu penggunaannya harus dihindari.

Salah satu warna cat dinding yang disukai nyamuk adalah hitam. Ketertarikan itu berasal dari kebutuhan nyamuk untuk menghindari sinar matahari langsung. Pasalnya, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian dini pada nyamuk. Hal inilah yang membuat nyamuk sering muncul pada senja atau fajar sebab mereka mencoba sembunyi dari paparan sinar matahari.

Warna merah merupakan warna yang paling dicari oleh nyamuk. Ahli entomologi di Mosquito Squad, Emma Grace Crumbley merujuk penelitian terkini yang menunjukkan bahwa paparan bau seperti karbon dioksida ‘memicu ketertarikan nyamuk’ pada warna seperti merah. Hal ini berarti mereka cenderung mengerumuni ruangan dengan warna merah untuk mencari mangsa.

Dinding yang berwarna jingga juga menarik perhatian nyamuk. “Mungkin ini lagi-lagi karena detail yang terbatas pada pandangan serangga, dan deteksi bentuk yang berbeda dari latar belakangnya memberi petunjuk kepada serangga bahwa inang potensial ada di dekatnya,” tutur Crumbley, dikutip dari Homes & Gardens. Meskipun punya warna yang lebih terang, nyamuk memiliki ketertarikan kepada warna ini.

Biru tua juga menarik perhatian nyamuk. Hal itu karena nyamuk mendeteksi panas yang diserap dan ditahan oleh warna yang lebih gelap. Warna-warna ini begitu kuat sehingga banyak ilmuwan dalam penelitian menggunakannya sebagai daya tarik ketika mengamati nyamuk dengan memasang perangkap nyamuk berwarna gelap.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com