Menu sarapan punya peran penting untuk penuaan. Berikut beberapa menu sarapan di Zona Biru yang bisa bikin kamu panjang umur.

Setiap konsep diet selalu menekankan pada pentingnya sarapan. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 30 ribu orang dewasa Amerika Serikat (AS) menemukan, orang yang melewatkan sarapan cenderung kehilangan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C, serat, dan masih banyak lagi.

Membiasakan diri dengan sarapan secara konsisten juga diyakini dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Dan Buettner, pencetus istilah Zona Biru, meyakini ada banyak makanan pokok lain dari wilayah tersebut yang layak dicoba. Zona Biru sendiri merupakan sebutan untuk sejumlah wilayah yang dikenal dengan angka harapan hidupnya yang tinggi.

Berdasarkan penelitian Buettner, sarapan di Zona Biru biasanya terdiri dari protein, karbohidrat kompleks, dan lemak nabati. Ia juga mencatat, sebagian besar kalori harian dikonsumsi sebelum tengah hari di wilayah ini.

Melansir Well and Good, berikut beberapa menu sarapan di Zona Biru yang bisa bikin umur panjang.

1. Oatmeal
Orang-orang di Loma Linda, California, AS mengandalkan oatmeal sebagai pilihan sarapan.

Mengutip WebMD, oatmeal sendiri mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam setiap porsinya, oatmeal mengandung kalori (95), protein (5 gram), lemak (3 gram), karbohidrat (27 gram), dan serat (4 gram).

Jika ingin menghindari cita rasa manis, Anda bisa menjadikan oatmeal gurih sebagai pilihan. Campurkan oatmeal dengan irisan wortel dan alpukat.

2. Sup minestrone
Menu ini cocok bagi Anda yang lebih menyukai cita rasa gurih dibandingkan manis. Sup minestrone merupakan merupakan menu sarapan favorit orang-orang Sardinia, Italia.

Merangkum berbagai sumber, sup ini biasa disajikan secara kental. Umumnya, minestrone dibuat dari kuah tomat yang diberi isi berupa kacang polong, bawang, seledri, tomat cincang, wortel cincang, dan pasta seperti makaroni.

3. Sup miso
Anda tak akan menemukan wafel dan panekuk sebagai menu sarapan di Jepang. Sebagai gantinya, orang-orang Okinawa gemar memulai harinya dengan semangkuk sup miso.

Sup ini terbuat dari bahan fermentasi yang menyehatkan usus, jamur, dan tahu. Anda juga bisa memadukannya dengan ikan bakar.

4. Yogurt granola berry kering
Masyarakat Ikaria, Yunani gemar menjadi yogurt sebagai menu sarapan. Yogurt sendiri terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan usus.

Anda bisa memadukan yogurt dengan granola dan berry kering untuk menambahkan nutrisi dalam menu sarapan.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com