Saat membuat desain dapur impian, benda utama yang harus ada di sana adalah kompor. Tanpa kompor, ruangan tersebut tidak bisa dikatakan sebagai dapur.

Peletakkan kompor sebenarnya bisa di mana saja sesuai selera dan luas dapur masing-masing. Asalkan saat memasak ruang gerak leluasa dan tidak banyak penghalang di tengahnya.

Jika kamu bingung lokasi peletakkan kompor yang bagus di dapur bisa berpatokan pada konsep feng shui. Melansir dari National Geographic, Feng Shui adalah seni Tiongkok kuno yang menjabarkan tata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan sehingga membawa kedamaian dan kemakmuran.

Ada beberapa aturan terkait desain dapur salah satunya adalah menghindari kompor terlalu dekat dengan wastafel. Mengapa?

Kompor adalah alat utama saat memasak. Lalu wastafel adalah tempat untuk mencuci bahan makanan, mencuci piring dan wadah kotor, hingga tempat mencuci tangan.

Menurut myforeverbuilders.com yang dikutip pada Rabu (14/2/2024), feng shui tidak menganjurkan elemen api dan air bertemu. Air yang tanpa sengaja masuk ke dalam minyak panas dapat menimbulkan cipratan yang perih apabila terkena kulit.

Selain itu, penempatan kompor berdekatan dengan wastafel dikatakan dapat membawa masalah kesehatan, membuat pertengkaran antar anggota keluarga, hingga menurunnya rasa sayang terhadap pasangan.

Dengan begitu, wastafel membutuhkan ruang yang besar di kanan dan kiri. Misalnya kanan untuk meletakkan piring bersih dan sebelah kiri untuk memotong bahan makanan. Begitu juga dengan kompor yang harus diletakkan di area yang memiliki ruang gerak yang luas.

Dalam feng shui Tata letak yang tidak dianjurkan adalah kompor dan wastafel berhadapan dan berada di sisi yang sama. Solusinya adalah memindahkan kompor dalam posisi yang bertolak belakang dengan kompor.

Bisa juga mencontoh penempatan wastafel, kulkas, dan kompor sesuai aturan triangle kitchen dengan kisaran jarak ketiganya 1,2 hingga 2,4 meter. Lalu untuk keliling segitiga tersebut sekitar 3,9 sampai 7,9 meter. Jarak dapur triangle ini juga tidak boleh dipotong dengan benda apa pun termasuk meja.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com