Tanpa kafein makanan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan. Seperti pisang, telur, kacang almond yang dapat membangkitkan energi.

Menu sarapan populer banyak yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi. Namun, kamu juga bisa memilih asupan tanpa kafein untuk sarapan.

Dilansir dari Food NDTV (8/2), menu sarapan tanpa kafein itu juga menyehatkan dan bisa membangkitkan stamina untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti pisang hingga kacang almond

Berikut 5 makanan enak buat sarapan yang Bisa menambahkan energi dan stamina.
1. Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat. Kacang yang populer ini mengandung vitamin B tinggi. Kandungan ini dapat mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, kacang almond juga mengandung magnesium yang dapat membantu tubuh dalam melawan kelelahan otot. Kamu bisa menikmati segenggam almond untuk camilan saat sarapan.

Kacang almond ini juga bisa ditambahkan ke menu sarapan lainnya. Baik dijadikan campuran smoothies atau yogurt.

2. Pisang
Pisang merupakan buah yang mengandung nutrisi tinggi. Seperti vitamin B6, vitamin C, serat, potassium, dan mangan. Pisang bukanlah makanan yang mengandung kafein, melainkan serat.

Tak heran kalau pisang termasuk ke dalam ‘superfood’. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi ini membuat pisang banyak dikonsumsi saat sedang diet. Biasa disantap langsung maupun diolah menjadi smoothie, oatmeal, hingga roti panggang.

3. Telur
Telur juga termasuk makanan non-kafein yang baik dikonsumsi saat sarapan. Diketahui protein tinggi terdapat pada telur. Selain itu, ada juga kandungan lemak sehat.
Olahan telur untuk sarapan sangat beragam. Kamu bisa menikmatinya sebagai telur rebus, omelet, telur mata sapi, hingga isian sandwich yang mengenyangkan.

4. Kurma
Kalau suka makanan manis, kurma bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan. Karena, kurma bisa menjadi bahan bakar di pagi hari untuk meningkatkan energi.

Kurma merupakan sumber kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Kamu bisa menikmati kurma secara langsung atau menambahkannya ke dalam racikan salad dan smoothie.

5. Apel
Apel adalah salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Tak heran kalau apel biasa dikonsumsi sebagai camilan sehat para pelaku diet. Apel juga baik dikonsumsi saat sarapan.

Selain serat, apel juga mengandung vitamin C dan zat antioksidan. Ada juga flavonoid yang berfungsi sebagai zat antiviral dan antibakteri yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Apel bisa kamu konsumsi langsung atau dijadikan salad buah. Seratnya tak hanya membantu melancarkan pencernaan, tapi juga membuat kenyang lebih tahan lama.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com