Menu makanan yang dikonsumsi ketika sarapan dapat menjadi ‘rahasia’ panjang umur manusia. Rupanya terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi favorit dari warga blue zone.

Blue zone merupakan istilah yang diberikan pada wilayah yang warganya memiliki rata-rata usia lebih awet daripada wilayah lainnya. Bahkan beberapa wilayah blue zone memiliki jumlah orang dengan usia di atas 100 tahun yang tergolong tinggi.

Apa saja makanan sehat yang jadi rahasia warga blue zone. Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari Business Insider:

1. Sereal Jagung Utuh
Sereal jagung utuh tanpa gula rupanya memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Menu sarapan favorit blue zone Loma Linda, Amerika Serikat ini mudah dicerna dan dapat menjadi sajian lezat sebelum memulai hari.

Ahli gizi Stacey Simon menuturkan sereal jagung utuh tanpa tambahan gula merupakan salah satu pilihan baik di pagi hari. Ia mengatakan gizi tambahan seperti lemak atau protein sehat bisa menjadi melengkapi nutrisi yang dibutuhkan.

“Biji-bijian utuh mengandung serat, vitamin, dan mineral. Biji-bijian utuh terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker tertentu, hingga diabetes,” katanya.

2. Sup Miso
Sup miso menjadi hidangan favorit blue zone di Okinawa, Jepang. Menu sarapan ini biasanya dikonsumsi dengan sayuran akar dan tahu.

Simon menuturkan menu sarapan ala Jepang ini kaya akan vitamin dan mineral dari berbagai sayuran. Tahu yang ada di dalamnya juga mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan. Tak hanya itu, kelebihan menu ini adalah rendah lemak jenuh sehingga baik untuk kesehatan jenuh.

Coba konsumsi sup miso di pagi hari dan kombinasikan bersama teh hijau Jepang. Teh hijau terbukti memiliki manfaat seperti menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, dan menurunkan kadar gula darah.

3. Yogurt Susu Kambing
Warga blue zone di Ikaria, Yunani sangat suka mengonsumsi yogurt daging kambing untuk sarapan. Tak sendiri, yogurt yang dikonsumsi dikombinasikan dengan kacang-kacangan dan madu untuk menambah rasa dan nutrisi.

Susu kambing mengandung lebih banyak protein dibandingkan susu sapi dan dapat membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga bisa menjadi salah satu sumber lemak sehat.

4. Sup Minestrone
Warga blue zone Sardinia, Italia sebenarnya tidak terlalu mengutamakan sarapan. Namun ketika pagi, umumnya warga akan mengonsumsi sup minestrone.

Sup ini di dalamnya memiliki sayuran, pasta, kacang-kacangan, dan keju parmesan. Umumnya sup ini dikonsumsi dengan roti, keju susu domba, dan kopi hitam.

Sup minestrone memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal itu didapatkan dari kacang-kacangan dan sayur yang ada di dalamnya. Serat dapat membantu ‘memberi makan’ bakteri baik yang ada di usus, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

“Susu dari domba yang diberi makan rumput mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung,” kata Simon.

5. Tortilla Isi Kacang Hitam dan Alpukat
Makanan favorit blue zone terakhir dari Kosta Rika adalah tortilla isi kacang hitam dan alpukat. Biasanya makanan ini dimasak menggunakan bawang putih, bawang bombay, dan daun salam. Kulit tortilla yang digunakan juga menggunakan jagung utuh.

Terkadang nasi dan pepaya juga ditambahkan dalam menu makanan tersebut.

“Kacang hitam kaya akan serat, protein, folat, potasium, dan antioksidan. Meskipun termasuk karbohidrat, sebenarnya kacang hitam tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah seperti yang terjadi pada nasi atau tortilla saja,” kata Simon.

Alpukat yang ditambahkan juga tinggi akan lemak sehat. Buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi peradangan. Sedangkan pepaya merupakan sumber vitamin C yang baik dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Sumber: detik.com