Kopi merupakan minuman populer yang kerap dikonsumsi saat pagi hari. Minuman ini menjadi salah satu favorit sebelum memulai hari untuk meningkatkan fokus dan energi.

Sebenarnya seberapa besar sih manfaat minum secangkir kopi di pagi hari? Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari Healthline:

Meningkatkan Energi
Kandungan kafein yang dimiliki kopi dapat menjadi stimulan sistem saraf pusat. Zat ini bermanfaat untuk melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Kafein memblok reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin dan ini dapat meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang mengatur tingkat energi termasuk dopamin.

Sebuah penelitian kecil mengungkapkan bahwa mengonsumsi kafein memperpanjang rentang durasi ke kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12 persen dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan pada peserta.

Menjaga Kesehatan Otak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit alzheimer dan parkinson.

Menurut sebuah ulasan dari 13 penelitian, orang yang rutin mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit parkinson. Tak hanya itu, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit parkinson dari waktu ke waktu.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penurunan kognitif.

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe Dua
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe dua dalam jangka panjang. Satu tinjauan terhadap 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang setiap hari dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe dua.

Hal ini diduga karena kemampuan kopi dalam menjaga fungsi sel beta di pankreas yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Membantu Penurunan Berat Badan
Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus yang keduanya bermanfaat untuk pengelolaan berat badan. Sebuah tinjauan terhadap 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan 17 persen lebih besar untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang disarankan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir setiap hari.

Tingkat aktivitas yang lebih tinggi sangat berkaitan dengan pengelolaan berat badan.

Menyehatkan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah ulasan menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 15 persen.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian terhadap lebih dari 21 ribu orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan.

Namun, perlu diingat bahwa kafein juga dapat memengaruhi tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, orang dengan tekanan darah yang tidak terkendali mungkin perlu membatasi atau mengurangi asupan kafeinnya.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com