Tidak jarang kita temui dalam perjalanan ada penumpang kereta yang tertidur. Tapi, apa jadinya jika gara-gara ketiduran, stasiun tujuan penumpang tersebut jadi terlewat.

Peristiwa seperti itu terjadi Taiwan. Namun, yang parah dan benar-benar bikin kita heran adalah gara-gara stasiun tujuannya terlewat, penumpang ini malah menarik rem darurat.

Insiden ini terjadi pada kereta api di Taiwan pada Jumat (2/2). Pria yang disebut bernama Xie menarik rem darurat kereta setelah stasiun tujuannya terlewat gara-gara dia ketiduran.

Adalah rem darurat kereta EMU3000 yang ditarik Xie, sebelum akhirnya dia kemudian turun. Seperti dilansir Focus Taiwan, kereta api express Xinziqiang itu pun terpaksa berhenti di Stasiun Jinlun, Taitung.

Dalam rekaman video pengawas, Xie yang merupakan pelaku pun diketahui. Pelaku berusia 28 tahun, yang diamankan setelah insiden rem darurat itu terjadi.

Kepolisian setempat pun datang usai dihubungi terkait insiden rem darurat itu, sekaligus untuk menyelidiki motif Xie.

Menurut Polisi Kereta Api Cabang Hualien pada 2 Februari 2024), kereta ke-422 Taiwan Railway dihentikan sementara di Stasiun Jinlun, karena katup konduktor di gerbong diputar warga.

Akibat aksi seenaknya Xie, perjalanan kereta mesti tertunda selama beberapa menit karena pemberhentian yang tidak terjadwal. Selain, kejadian ini juga membuat sejumlah penumpang harus dipindahkan ke layanan lain.

Aturan mengenai menarik rem darurat ini sebenarnya telah diatur. Kementerian Transportasi dapat menjatuhkan denda dari 10 ribu Dollar Taiwan atau sekitar Rp 4,9 juta, hingga 1 juta Dollar Taiwan, atau sekitar Rp 499 juta.

Pihak kepolisian juga menyarankan warga yang apabila tengah dalam perjalanan di kereta, dan stasiun tujuannya terlewat,bisa meminta bantuan kondektur tanpa perlu menarik rem darurat.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com