Tanaman kelor adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh subur sampai ketinggian 700 mdpl.
Pohon kelor memiliki berbagai manfaat mulai dari biji, buah, bunga, kulit, batang, akar hingga daunnya. Pohon ini pun mendapat julukan The Miracle of Tree, Tree for Life dan Amazing Tree. Apa saja manfaat dari daun kelor?

Manfaat Daun Kelor
Daun kelor kaya akan manfaat kesehatan. Daun ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti jantung, kanker, hingga kolesterol.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Daun kelor memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Mengutip repository Poltekkes Denpasar, manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

2. Mengatasi Peradangan Kronis
Peradangan dapat menjadi penyebab utama dari masalah kesehatan. Menurut laman Pemprov Jambi, kandungan isotiosianat dari daun kelor bisa membantu mengatasi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan juga kanker. Sehingga, mengkonsumsi daun kelor secara rutin bisa menjadi langkah awal untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan terhindar dari masalah peradangan yang berlebihan.

3. Melindungi Fungsi Otak
Daun kelor mengandung antioksidan yang bisa memberi perlindungan tambahan pada kesehatan otak. Daun ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer, sehingga dapat membantu menjaga otak tetap berfungsi optimal.

4. Memiliki Sifat Anti Penuaan
Kelor kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan ini dapat membantu mencegah kerutan dini dan menjaga kulit tampak awet muda. Mengutip Forbes, daun kelor juga mengandung vitamin A dan C yang keduanya bermanfaat bagi kulit. Penelitian pun menunjukkan bahwa dua kandungan ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

5. Meningkatkan Produksi ASI
Kelor dapat sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam daun kelor bisa membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

6. Menjaga Kesehatan Hati
Daun kelor mengandung polifenol tinggi. Hal ini bisa membantu melindungi hati dari bahaya kerusakan oksidatif. Tentunya khasiat ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit hati.

7. Melancarkan Pencernaan
Sebuah studi di Food Research International melihat serat makanan yang ada dalam kelor berupa oligosakarida, sejenis karbohidrat. Menurut ahli gizi diet yang berbasis di Los Angeles, daun kelor mengandung sejumlah serat sehat dan terbukti mengurangi sembelit.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat daun kelor selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan flavonoid, betakaroten dan senyawa-senyawa berkhasiat tinggi lainnya.

9. Mengontrol Tekanan Darah
Daun kelor banyak mengandung antioksidan dan kalium. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ekstrak daun kelor diketahui bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman. Mulai dari Salmonella typhi yang menyebabkan tifus, Escherichia coli yang menjadi penyebab diare dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

11. Menambah Energi
Kamu bisa mengganti minuman berkafein yang memberi energi dengan daun kelor. Kandungan vitamin dan mineral daun kelor seperti zat besi, vitamin B, C, dan D dari daun kelor dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, tanpa menimbulkan efek samping yang ditimbulkan dari minuman berkafein.

12. Menurunkan Kolesterol
Mengutip PharmEasy, selain almond dan oat, daun kelor merupakan obat yang bisa diandalkan untuk melawan kolesterol tinggi. Kolesterol sendiri
menjadi penyebab utama dari penyakit jantung.

Wanita hamil biasanya mengalami kadar kolesterol yang lebih tinggi yang bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional selama kehamilan. Diabetes gestasional merupakan diabetes yang pertama kali terdeteksi pada wanita hamil yang tidak menderita diabetes sebelum hamil.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Daun kelor kaya akan sumber kalsium dan fosfor. Keduanya diperlukan untuk kesehatan tulang yang baik. Sifat anti-inflamasi dari daun kelor dapat membantu melawan radang sendi, bahkan menyembuhkan tulang yang rusak.

14. Baik untuk Sistem Saraf
Banyak gangguan saraf yang diketahui menunjukkan hasil positif karena penggunaan daun kelor. Konsentrasi tinggi vitamin E dan C dari daun ini memerangi degenerasi saraf. Orang-orang yang menderita migrain atau sakit kepala berulang bisa mengkonsumsi daun ini secara rutin.

15. Meningkatkan Pembakaran Lemak
Daun kelor dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh tanpa menghabiskan cadangan energi. Hal ini membuat orang yang mengkonsumsinya merasa ringan namun ternutrisi. Daun bisa ini mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Patut diketahui, manfaat daun kelor yang kaya akan nutrisi bersifat menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhan. Kosumsi daun kelor harus dibarengi pola hidup sehat setiap hari.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com