Overnight oat jadi salah satu menu sarapan yang kerap direkomendasikan. Apa sebenarnya manfaat sarapan overnight oat?

Oat atau gandum telah dikenal sebagai pilihan karbohidrat sehat yang patut dipertimbangkan. Ada banyak manfaat kesehatan dari kebiasaan mengonsumsi gandum.

Overnight oat sendiri pada dasarnya adalah oat yang disimpan dan direndam selama semalam di dalam kulkas. Oat biasanya direndam dalam cairan seperti susu atau yogurt.

Saat unsur cairan itu diserap, maka oat akan melunak dan menjadi sarapan yang lembut serta lezat untuk keesokan paginya.

Overnight oat biasa dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari. Ada banyak manfaat sarapan overnight oat. Apa saja?

1. Meringankan sembelit
Mengutip Food NDTV, oat mengandung serat baik yang membantu pergerakan usus. Hal ini membuat oat lebih mudah melewati usus besar karena sifatnya yang lembut. Dengan demikian, gejala sembelit pun hilang.

2. Menstabilkan kadar gula darah
Tingginya serat dan karbohidrat kompleks dalam oat membantu memperlambat konversi makanan menjadi gula sederhana.

Selain itu, beta-glukan dalam oat juga memperlambat kenaikan kadar gula darah setelah makan dan menunda penurunan kadar gula sebelum makan.

3. Lapar dalam waktu lama
Man having stomach pain or digestion problem. Couch potato, lazy or unemployed person taking nap. Feeling bad after eating too much fast junk food. Guy with unhealthy diet or hangover.Ilustrasi. Bikin kenyang lebih lama, salah satu manfaat sarapan overnight oat. (iStockphoto/Tero Vesalainen)
Oat dapat membantu menekan nafsu makan dengan cara meningkatkan rasa kenyang. Manfaat ini didapat dari sifat fitosikimia beta-glukan dan hidrasi oat.

4. Menjaga rambut sehat
Oat diperkaya akan saponin, beta-glukan, dan protein. Ketiganya merupakan kombinasi tak terkalahkan yang mendukung pertumbuhan rambut.

Saponin bertindak seperti bahan pembersih untuk kulit kepala. Sementara beta-glukan membantu mempertahankan kelembapan.

5. Menjaga keseimbangan hormon
Oat adalah biji-bijian bebas gluten yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kesemuanya terbukti mendukung sensitivitas insulin, yang merupakan faktor penting untuk keseimbangan hormon.

6. Menjaga kesehatan jantung
Oat dikenal dapat menyehatkan jantung. Khasiat ini didapat karena kemampuannya dalam membasmi kolesterol.

Mengutip Eat This Not That, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, beta-glukan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol 5-10 persen.

7. Menurunkan berat badan
Meski kandungan kalorinya tinggi, namun sajian overnight oat dapat membantu menurunkan berat badam. Kandungan asam lemak tak jenuh dan magnesium tinggi di dalamnya dapat mendorong pembakaran lemak.

Cara membuat overnight oat
Untuk membuat overnight oat, Anda hanya perlu mencampurkan oat dengan bahan-bahan lainnya dalam wadah. Overnight oat disarankan disimpan di dalam toples karena dapat ditutup.

Bahan-bahan yang digunakan umumnya adalah oat dan cairan seperti susu atau yogurt.

Masukkan semua bahan secara berlapis di dalam toples. Tutup toples dan dinginkan di dalam kulkas.

Demi mendapatkan manfaat sarapan overnight oat yang maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa topping yang lebih sehat keesokan paginya. Anda bisa menggunakan potongan buah segar, biji-bijian, kacang-kacangan, atau lainnya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com