Setelah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan Tata Boga yang digelar di LPK Global Lentera Kasih Batam, Sirajudin Nur kembali membuka secara resmi Pelatihan Tata Boga Angkatan II Tahun 2023 pada Kamis (26/10/2023).

Puluhan Ibu Rumah Tangga di Batam antusias mengikuti pelatihan Tata Boga yang bersertifikasi BNSP ini yang rencananya dilaksanakan selama 9 hari.

Melalui kegiatan pelatihan berbasis keterampilan ini, Sirajudin Nur berharap dapat membuka peluang kewirausahaan mandiri ditengah masyarakat khususnya Ibu rumah tangga.

“Kami menyasar Ibu Rumah Tangga sebagai upaya untuk membangun ketahanan ekonomi keluarga. Dengan keterampilan yang di miliki, para ibu rumah tangga ini bisa produktif dengan membuka usaha usaha mikro berbasis rumah tangga atau kelompok,” terangnya.

Anggota Komisi IV DPRD kepri, Sirajudin Nur selama ini dikenal karena konsistensinya dalam mengembangkan SDM masyarakat.

Selama 7 tahun terakhir, aktif melatih anak anak muda, UMKM, Ibu Rumah tangga untuk memiliki keterampilan kerja berbasis kompetensi. Diantaranya pelatihan barista, menjahit, tata boga, multimedia, otomasi, kelistrikan dan welding.

“Salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan produktifitas masyarakat adalah melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Pelatihan SDM ini penting untuk menekan angka kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Kita ingin kualitas SDM masyarakat kita di kepri terus meningkat dan memiliki daya saing yang tinggi,” jelasnya.

Berdasarkan data BPS tahun 2022, jumlah pengangguran di Batam mencapai 9.56 persen. Salah satu faktor yang memicu tingginya pengangguran ini adalah rendagnya kompetensi SDM Masyarakat kita.

Editor: PARNA