Saking tidak sehatnya, sejumlah makanan ternyata bisa bikin usia Anda lebih pendek. Berikut daftar makanan pantangan agar panjang umur yang harus dicatat.

Usia yang panjang, tubuh yang sehat, kulit yang bersih, dan hidup yang bahagia menjadi impian banyak orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah konsumsi makanan yang lebih sehat.

Untuk itu, sangat penting menghindari berbagai jenis makanan yang bisa bikin umur lebih pendek.

Berikut daftar makanan yang bikin pendek umur, yang perlu dihindari.

1. Makanan cepat saji
Sudah bukan rahasia umum bahwa makanan cepat saji memang tidak sehat.

Meski rasanya enak, tapi coba-lah hindari makanan seperti burger, kentang goreng, piza, dan makanan cepat saji lainnya. Makanan-makanan ini masuk dalam daftar pantangan makanan agar panjang umur.

Mengutip The Healthy, mengurangi atau tidak makan sama sekali berbagai jenis makanan cepat saji yang tinggi lemak dan natrium bisa membantu mengurangi kalori dan lemak di tubuh.

Bahkan, dalam beberapa minggu setelah Anda berhenti mengonsumsi ini semua, kadar kolesterol dalam darah akan berangsur membaik.

2. Daging panggang
Reaksi kimia terjadi pada daging yang dipanggang di suhu yang sangat panas.

Reaksi kimia itu membentuk amina heteroiklik (HCAa) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Senyawa ini terbentuk dari lemak dan sari daging yang menetes ke api terbuka.

Paparan kedua zat kimia ini bisa menyebabkan kanker. Kurangi makan daging yang dipanggang atau dibakar agar terhindar dari risiko terkena penyakit kanker.

3. Daging olahan
Mengonsumsi daging olahan secara konsisten dari waktu ke waktu berkaitan dengan risiko terserang berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung hingga kanker yang masih jadi pembunuh terbesar di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen. Karsinogen sendiri merupakan senyawa yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kandungan natrium yang tinggi pada sebagian besar daging olahan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi secara akut dan dalam jangka panjang.

4. Makanan berpemanis
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa berbahaya untuk kesehatan. Mengutip Insider, penambahan berat badan, masalah suasana hati, kondisi kulit, risiko diabetes, penyakit hati, hingga jantung bisa muncul karena gula berlebih.

5. Makanan bertepung
Orang-orang yang terkenal memiliki panjang umur, seperti mereka yang tinggal di wilayah Blue Zone, memang gemar mengkonsumsi karbohidrat tinggi. Tapi, karbohidrat yang dikonsumsi berasal dari kacang dan biji-bijian. Mereka justru menghindari konsumsi nasi dan tepung.

Ingatlah, makanan seperti roti putih, pasta, adonan piza, dan kue kering memberikan kalori, namun sedikit manfaat nutrisi lainnya

Itulah daftar makanan pantangan agar panjang umur yang perlu diketahui. Hindari agar tubuh jadi lebih sehat.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com