Presiden Joko Widodo akan melantik menteri pertanian baru pengganti Syahrul Yasin Limpo (SYL) hari ini, Rabu (25/10/2023).

Pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta. Prosesi pengambilan sumpah jabatan akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

“Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Ari melalui pesan singkat, Rabu (25/10).

Ari berkata Jokowi juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pengganti Dudung Abdurachman. Pada waktu yang sama, Jokowi juga melantik duta besar Republik Indonesia untuk Argentina.

Dia enggan membeberkan nama mentan dan KSAD yang akan dilantik. Ari menyarankan untuk menunggu hingga pelantikan dilakukan.

“Tunggu jam 09.00 ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan melakukan reshuffle kabinet pekan ini. Dia memberi sinyal Partai Demokrat akan masuk ke kabinet.

Jokowi memang telah mengundang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ke istana pada Senin (23/10). AHY mengunggah foto panen buah apel Malang setelah pertemuan.

Meski begitu, ada nama lain yang beredar di bursa mentan pengganti SYL, yaitu pengusaha yang juga mantan mentan Amran Sulaiman. Amran pernah dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (15/9) untuk diskusi tentang perekonomian.

Sementara itu di bursa KSAD, ada nama Letjen Agus Subianto. Wakil KSAD itu telah menghadap Jokowi pada Senin (25/10). Telah beredar pula surat rapat koordinasi serah terima jabatan KSAD sejak kemarin.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com